Comscore Tracker

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester United

Ada Rio Ferdinand hingga Nemanja Vidic

Penampilan Manchester United memang jauh dari kata konsisten musim ini. Salah satu sektor yang kerap menuai sorotan adalah lini pertahanan. Para bek Setan Merah dianggap tak mampu memberikan ketenangan di barisan belakang.

Hal itu seperti yang terjadi lanjutan Premier League pekan ke-28 ketika Manchester United ditundukkan Manchester City dengan skor telak 1-4. Padahal, dulunya MU tak pernah kehabisan stok bek berkualitas. Berikut lima bek terbaik yang pernah dimiliki Manchester United.

1. Rio Ferdinand

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester UnitedRio Ferdinand (skysports.com)

Nama Rio Ferdinand mulai melejit ketika ia masih membela Leeds United. Performanya yang tangguh di lini belakang membuat Sir Alex Ferguson mengangkutnya ke Old Trafford pada 2002. Sejak saat itulah Ferdinand tak tergantikan di lini pertahanan MU.

Ferdinand dikenal kuat dalam duel udara dan andal ketika menjaga para penyerang lawan. Duetnya dengan Nemanja Vidic juga merupakan salah satu duet paling tangguh dalam sejarah Premier League. Total Ferdinand bermain sebanyak 455 pertandingan untuk The Red Devils.

2. Gary Pallister

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester UnitedGary Pallister (skysports.com)

Gary Pallister pertama kali membela Manchester United pada 1989 usai dibeli dari Middlesbrough. Bek asal Inggris ini juga merupakan salah satu alasan dominasi Manchester United di era awal Premier League.

Namanya bahkan pernah dianugerahi gelar PFA Player of The Year pada 1992. Pallister terkenal punya fisik yang kuat dan sangat atletis. Ia turut membantu Setan Merah meraih 4 gelar Premier League, 3 Piala FA, dan 1 Piala UEFA.

Baca Juga: Harry Maguire Jadi 'Biang Kerok' Lahirnya Tiga Gol ManCity

3. Nemanja Vidic

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester UnitedNemanja Vidic (skysports.com)

Datang pada musim musim dingin 2006, Nemanja Vidic sukses menjadi rekan duet sempurna bagi Rio Ferdinand. Keduanya bahu-membahu menjaga lini pertahanan Manchester United dari serangan lawan.

Vidic punya segalanya untuk menjadi bek yang tangguh: tubuhnya tinggi besar, kemampuan membaca bolanya sangat baik, dan ia juga tangguh dalam duel bola atas. Bek asal Serbia ini juga sempat dipercaya sebagai kapten pada musim 2010/2011.

4. Denis Irwin

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester UnitedDenis Irwin (premierleague.com)

Denis Irwin merupakan bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Pemain asal Irlandia tersebut mengabdi selama 12 musim di Old Trafford dan sukses mempersembahkan berbagai gelar, termasuk treble winner pada musim 1998/1999.

Performanya yang selalu stabil menjaga sektor kiri pertahanan MU membuatnya dijuluki Mr Consistency. Tak hanya bertahan, Irwin juga kerap kali membantu penyerangan. Ia total telah membuat 33 gol dan 23 assist untuk The Red Devils.

5. Steve Bruce

5 Bek Terbaik yang Pernah Dimiliki Manchester UnitedSteve Bruce (skysports.com)

Steve Bruce pertama kali menginjakkan kaki di Old Trafford pada 1987 usai dibeli dari Norwich City. Sejak saat itulah ia menjadi salah satu benteng tangguh di sektor pertahanan MU. Bahkan, Bruce juga dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim.

Duetnya dengan Gary Pallister membuat gawang MU sangat sulit ditembus para penyerang lawan. Bruce juga mampu mempersembahkan 3 gelar Premier League, 3 Piala FA, dan 1 Piala Winners. Meski tampil begitu baik, Bruce ternyata tak pernah sekali pun dipanggil Timnas Inggris.

 

Kelima pemain tersebut merupakan alasan mengapa Manchester United bergelimang prestasi di era Premier League. Mereka menjadi tembok yang sangat sulit dijebol para striker lawan.

Baca Juga: 6 Catatan Menarik Kemenangan Manchester City Atas Manchester United

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya