5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu Penalti

Termasuk dua kali kalahkan Inggris!

Sebetulnya Italia tak memiliki rekor yang sangat bagus dalam babak adu penalti. Mereka cuma menang lima kali dan kalah sebanyak enam kali. Termasuk kekalahan terakhir adalah waktu babak perempat final Piala Eropa 2016 melawan Jerman. Jangan lupa juga saat mereka takluk di final Piala Dunia 1994 dari Brazil.

Namun, Italia pun juga punya momen indah kala melakoni babak adu penalti di turnamen besar. Mereka punya banyak penendang sarat pengalaman seperti Andrea Pirlo, Fransesco Totti, hingga Jorginho. Berikut lima momen kemenangan Italia pada turnamen besar lewat babak adu penalti.

1. Italia vs Belanda (semi final Piala Eropa 2000)

5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu PenaltiItalia vs Belanda pada Piala Eropa 2000 (planetfootball.com)

Italia datang ke Piala Eropa 2000 dengan kekuatan terbaiknya, sebut saja Fransesco Toldo, Paolo Maldini, hingga Fransesco Totti menghiasi skuat Gli Azzurri. Terbukti pada babak grup mereka sukses menjadi pemuncak dengan menyapu tiga kemenangan.

Pada babak perempat final mereka sukses memulangkan Romania dua gol tanpa balas. Di babak semi final mereka sudah ditunggu tuan rumah, Belanda. Kedua tim bermain sama kuat hingga 120 menit pertandingan berlangsung.

Adu penalti pun akhirnya dijadikan penentu siapa yang masuk ke final. Dari sisi Italia hanya Maldini yang gagal mengeksekusi menjadi gol. Sementara tiga penendang Belanda gagal menjalankan tugasnya. Italia pun lolos ke final meskipun harus kalah dari Prancis.

2. Italia vs Prancis (final Piala Dunia 2006)

5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu PenaltiItalia vs Prancis Piala Dunia 2006 (cultofcalcio.com)

Sebelum Piala Dunia 2006 Serie A sempat diguncang skandal pengaturan skor hingga membuat Juvetus diturunkan ke Serie B. Namun, itu semua tak membuat Timnas Italia mengalami penurunan performa. Terbukti mereka mampu masuk ke final Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman di babak semi final.

Pada laga final sebetulnya Italia tertinggal lebih dulu lewat penalti Zinedine Zidane sebelum Marco Materazzi menyamakan kedudukan bagi Italia. Setelah waktu normal dan ditambah perpanjangan waktu tak ada gol tambahan.

Pada babak adu penalti kali ini para penendang Italia tampil sangat gemilang. Terbukti kelima algojo Italia sukses menjebol gawang Fabien Barthez. Sementara kegagalan David Trezeguet membuat Italia mengangkat trofi Piala Dunia keempatnya.

Baca Juga: 10 Sejarah Baru di Piala Eropa 2020, Paling Banyak Gol Bunuh Diri!

3. Italia vs Inggris (perempat final Piala Eropa 2012)

5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu PenaltiItalia vs Inggris Piala Eropa 2012 (bleacherreport.com)

Pada babak adu penalti ini pasti semua teringat akan tendangan panenka yang dilakukan Andrea Pirlo untuk mengelabuhi Joe Hart. Padahal sebelumnya Ricardo Montolivo gagal menyarangkan bola ke gawang. Beruntung Ashley Young dan Ashley Cole gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Sebelumnya Italia memang lebih menguasai bola pada waktu normal, sayang mereka tak mampu menjebol gawang The Three Lions. Hingga 120 menit laga berjalan skor sama kuat masih menghiasi papan skor. Beruntung Italia tampil tenang waktu babak adu penalti, mereka pun akhirnya sampai final walau harus takluk dari Spanyol.

4. Italia vs Spanyol (semi final Piala Eropa 2020)

5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu PenaltiItalia vs Spanyol Piala Eropa 2020 (theguardian.com)

Pada Piala Eropa 2020 Italia harus melakoni dua laga pada fase gugur lewat adu penalti. Yang pertama adalah pada babak semi final waktu menghadapi Spanyol. Pada waktu normal gol Federico Chiesa mampu disamakan oleh Alvaro Morata. Setelah itu tak ada lagi gol yang diciptakan oleh kedua tim.

Pada babak adu penalti penendang pertama Italia, Manuel Locatelli gagal menyarangkan bola ke gawang Unai Simon. Beruntung itu menjadi satu-satunya penendang yang gagal bagi Italia. Sementara untuk Spanyol, tendangan Olmo melambung dan Morata ditepis oleh Donnaruma. Italia pun lolo ke final untuk Menantang Inggris.

5. Italia vs Inggris (final Piala Eropa 2020)

5 Momen Kemenangan Italia di Turnamen Besar Lewat Adu PenaltiItalia vs Inggris Piala Eropa 2020 (skysports.com)

Pada laga final Piala Eropa 2020 melawan Inggris, Italia harus tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Luke Shaw. Beruntung pada babak kedua Leonardo Bonucci berhasil menyamakan kedudukan bagi Italia yang bertahan hingga 90 menit waktu normal. Pada babak extra time tak ada gol lagi, sehingga adu penalti pun menjadi penentu siapa yang juara.

Gianluigi Donnarumma tampil gemilang pada babak adu penalti kali ini. Ia membuat tiga penendang Inggris gagal menjebol gawangnya. Sementara dari sisi Italia hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang tendangannya ditepis Pickford. Italia pun kembali mengangkat trofi Piala Eropa setelah terakhir kali pada tahun 1968.

Babak adu penalti menjadi puncak ketegangan bagi tim mana pun, sebab apapun bisa saja terjadi. Namun, Italia membuktikan bahwa mereka mampu tampil tenang pada babak ini untuk meraih kemenangan bahkan juara.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Bersinar di Ajang Piala Eropa 2020, Bintang Turnamen!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya