Comscore Tracker

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala Dunia

Tak hanya pemainnya, Italia juga punya pelatih yang jago!

Piala Dunia 2022 Qatar terasa kurang lengkap karena Italia yang merupakan pemilik empat gelar Piala Dunia tak ikut serta. Padahal, Italia dikenal tak pernah kehabisan pemain-pemain bintang yang siap membela Gli Azzurri.

Tak hanya dikenal sebagai gudangnya pemain berbakat, Italia juga kerap menghasilkan deretan pelatih sepak bola jempolan. Berikut deretan pelatih yang mampu membawa Italia menjadi kampiun Piala Dunia.

1. Vittorio Pozzo bawa Italia rengkuh dua gelar Piala Dunia

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaVittorio Pozzo membawa Italia dua kali menjadi juara Piala Dunia (twitter.com/FIFAWorldCup)

Vittorio Pozzo merupakan satu-satunya pelatih yang punya dua gelar Piala Dunia. Kedua trofi tersebut ia raih ketika membesut Timnas Italia pada Piala Dunia 1934 dan 1938. Italia juga merupakan tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Piala Dunia.

Pada 1934, Gli Azzurri sukses membungkam Cekoslovakia dengan skor 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu. Empat tahun berselang, Pozzo membawa Italia menundukkan Hungaria dengan skor 4-2.

2. Tangan dingin Enzo Bearzot mampu hasilkan trofi Piala Dunia 1982

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaEnzo Bearzot membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 (figc.it)

Dunia sepak bola Italia sempat diguncang skandal totonero yang melibatkan beberapa klub besar Serie A pada awal 80-an. Skuad Italia di tahun tersebut juga terkesan diremehkan, Dino Zoff dianggap terlalu tua dan Paolo Rossi baru selesai menjalani hukuman larangan bermain selama dua tahun.

Di tengah semua kesulitan tersebut, Italia mengejukan dunia dengan menjadi kampiun Piala Dunia 1982 usai mengalahkan Jerman Barat 3-1. Paolo Rossi tampil gemilang dengan menyabet gelar top skor, sementara Dino Zoff menjadi tembok tangguh di bawah mistar gawang.

Baca Juga: 5 Negara Ini Sumbang Banyak Pelatih ke Piala Dunia 2022

3. Strategi jenius Marcello Lippi membuahkan gelar juara dunia bagi Italia pada edisi 2006

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaMarcello Lippi membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 (uefa.com)

Sama seperti tahun 1982, Italia kembali diguncang skandal pengaturan skor, calciopoli, yang bahkan membuat Juventus terdegradasi ke Serie B. Namun, hal itu tak membuat performa mereka menurun di Piala Dunia 2006.

Bermodalkan banyak pemain bintang, seperti Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Andrea Pirlo, hingga Francesco Toti, ditambah mereka punya pelatih jenius dalam diri Marcello Lippi. Italia memastikan gelar juara dunia keempat mereka usai menekuk Prancis lewat babak adu penalti.

4. Pelatih Italia lainnya yang bawa ke partai final

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaArrigo Sacchi menjadi pelatih Italia pada Piala Dunia 1994 (acmilan.com)

Tak hanya ketiga pelatih tersebut yang punya prestasi membanggakan bersama Timnas Italia. Tercatat ada dua nama pelatih lainnya yang mampu membawa Italia ke final Piala Dunia meski belum berhasil menjadi juara.

Pertama ada Ferruccio Valcareggi yang membawa Italia masuk final Piala Dunia 1970. Sayang, ketika itu mereka dikalahkan Brasil dengan skor telak 1-4. Kemudian ada Arrigo Sacchi yang harus puas menjadi runner up pada edisi 1994, lagi-lagi mereka kalah dari Brasil.

5. Italia gagal lolos dua kali beruntun ke Piala Dunia

Deretan Pelatih Italia yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaItalia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Makedonia Utara (fifa.com)

Menjadi juara Piala Dunia sebanyak empat kali tentu saja menjadi prestasi tersendiri bagi Italia. Bahkan, hanya Brasil yang mempunyai gelar juara dunia lebih banyak dari Gli Azzurri. Namun sayangnya, kita tak akan menyaksikan kiprah mereka di Piala Dunia 2022.

Italia gagal lolos usai ditekuk Makedonia Utara di babak playoff zona Eropa. Hasil ini menjadi kali kedua secara beruntun Italia tak mampu tampil di Piala Dunia. Sebelumnya Italia juga kandas di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dari Swedia.

Semenjak menjadi juara di tahun 2006, prestasi Italia bisa dibilang menurun drastis. Bahkan, dalam dua putaran final Piala Dunia berikutnya mereka tak mampu keluar dari fase grup.

 

Italia punya sejarah sepak bola yang luar biasa dengan koleksi empat gelar juara dunia. Sosok pelatih yang tepat berhasil membuat para pemain mampu mengeluarkan potensi terbaik mereka hingga akhirnya bisa meraih titel juara dunia.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Paling Sering Bermain di Piala Dunia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya