5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 Tahun

Pemain muda andalan The Gunners!

Arsenal mengawali musim ini dengan cukup buruk, yakni kalah tiga kali beruntun dan belum mencetak gol sama sekali. Padahal, pada bursa transfer musim panas kemarin mereka menjadi salah satu tim paling boros di Liga Inggris. Salah satu rekrutan yang mendapat sorotan adalah Ben White yang dibeli sangat mahal dari Brighton.

The Gunners dulunya merupakan langganan 4 besar dan mampu mengorbitkan banyak talenta muda. Meskipun mereka sekarang punya Bukayo Saka, pemain muda itu masih harus terus berbenah untuk menjadi andalan Arsenal. Berikut lima pemain dengan penampilan terbanyak sebelum berusia 20 tahun.

1. Bukayo Saka - 92 pertandingan

5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 TahunBukayo Saka (90min.com)

Bukayo Saka pertama kali mencicipi laga bersama tim senior Arsenal pada 2018. Kala itu ia diorbitkan oleh Unai Emery. Bakatnya yang cukup menonjol lantas membuat ia cukup dipercaya mengisi satu tempat di lini serang Arsenal.

Di usia muda, Saka menjadi bagian Timnas Inggris kala mereka mencapai final Piala Eropa 2020 meski akhirnya harus mengakui keunggulan Italia. Masih cukup muda dan penuh potensi, pemain kelahiran 5 Spetember 2001 ini masih punya banyak waktu untuk menunjukkan sinarnya.

2. Cliff Bastin - 109 pertandingan

5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 TahunCliff Bastin (arsenal.com)

Nama Cliff Bastin mungkin jarang didengar, bahkan untuk pendukung The Gunners. Ia merupakan pilar Arsenal pada medio 1929 hingga 1947. Dibeli dari Exeter City di usia cukup muda, ia bahkan telah bermain sebanyak 109 kali sebelum menginjak 20 tahun.

Sebagai penyerang ia begitu produktif dengan catatan 150 gol dalam 350 pertandingan bersama Arsenal. Dengan raihan tersebut ia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah klub di bawah Thierry Henry dan Ian Wright. Dalam 18 tahun di Highbury ia turut mempersembahkan 5 gelar First Division dan 2 Piala FA.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal di Skuad Arsenal Saat Ini, Kontribusinya Sepadan?

3. Stewart Robson - 118 pertandingan

5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 TahunStewart Robson (mirror.co.uk)

Sama seperti Saka, Robson juga merupakan produk dari akademi Arsenal. Ia memulai debutnya di tim senior pada tahun 1981. Kala itu Robson masih berusia 17 tahun. Meskipun masih muda, ia dipercaya mengisi satu tempat di lini tengah Arsenal.

Terbukti ia mampu memainkan 118 laga sebelum berusia 20 tahun. Pemain asal Inggris ini membela The Gunners hingga musim 1987 dan memainkan total 150 laga sebelum pindah ke sesama klub London, West Ham United. 

4. David O'Leary - 121 pertandingan

5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 TahunDavid O'Leary (justarsenal.com)

Bek legendaris Arsenal ini debut untuk tim senior pada tahun 1979 dan dengan cepat mengunci satu tempat di lini pertahanan. Ia total membela Arsenal sebanyak 558 laga yang 121 di antaranya dibuat sebelum ia memasuki usia 20 tahun.

Prestasi yang diberikan O'Leary sendiri pun cukup banyak, yakni 2 gelar First Division2 Piala FA, dan 2 Piala Liga. Usai pensiun, pemain asal Irlandia ini sempat melatih beberapa tim, seperti Leeds United, Aston Villa, dan Al Ahli.

5. Cesc Fabregas - 151 pertandingan

5 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak sebelum Berusia 20 TahunCesc Fabregas (eurosport.com)

Meskipun berasal dari La MasiaFabregas justru bersinar kala ia merapat ke Arsenal pada tahun 2003. Di bawah asuhan Arsene Wenger ia menjadi motor serangan timnya dan bahkan dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten. Total ia telah memainkan 151 laga pada usia remaja.

Fabregas kemudian pindah ke Barcelona pada tahun 2011 sebelum membuat keputusan kontroversial dengan bergabung ke Chelsea pada musim 2014. Kini pemilik 110 caps bersama Timnas Spanyol itu bermain untuk AS Monaco sejak tahun 2019.

 

Kelima pemain itu tak hanya bersinar di usia muda, namun juga menjadi legenda Arsenal dengan mempersembahkan berbagai trofi. Akankah Saka yang kini masih berseragam Arsenal mampu mengikuti jejak para seniornya tersebut?

Baca Juga: Fabregas Peringatkan Messi soal Ketatnya Ligue 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya