6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum Lewandowski

Robert Lewandowski cetak hattrick di laga debut

Robert Lewandowski membuktikan ketajamannya sebagai salah satu penyerang berbahaya. Ia mencetak hattrick pada laga debutnya di UEFA Champions League (UCL) bersama Barcelona. Mereka pun menang 5-1 melawan Viktoria Plzen di Camp Nou, Kamis (8/9/2022).

Lewandowski sendiri menjadi pemain ketujuh yang pernah mencetak tiga gol di UCL untuk Barcelona. Berikut pemain Barcelona yang cetak hattrick di UCL sebelum Lewandowski.

1. Rivaldo

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiRivaldo (fcbarcelona.com)

Rivaldo menjadi pemain Barcelona pertama yang mencetak hattrick pada era UCL. Tepatnya ketika Barcelona menahan imbang AC Milan di San Siro pada laga Grup H musim 2000/2001.

Tiga gol yang dicetak Rivaldo terbilang ikonik. Pada menit ke-19, ia membuka keran gol Barcelona melalui tendangan bebas. Selanjutnya, tendangan dari luar kotak penalti menembus jala Christian Abbiati.

Rivaldo menutup rangkaian golnya dengan tendangan bycicle kick yang tak mampu diantisipasi pemain Milan. Sayang, dua gol dari Demetrio Albertini dan Jose Mari membuat laga berakhir tanpa pemenang.

2. Ronaldinho

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiRonaldinho (fcbarcelona.com)

Barcelona menjamu Udinese pada laga Grup C UCL 2005/2006. Pada laga tersebut, Ronaldinho tampil sebagai bintang utama ketika Barcelona membuat wakil Italia tersebut pulang dengan tangan hampa.

Dua gol ia cetak pada babak pertama dan satu gol lainnya ia buat melalui titik putih jelang laga berakhir. Satu gol tambahan dari Deco membuat Barcelona menang dengan skor 4-1. Sementara, satu-satunya gol dari Udinese dicetak oleh Felipe.

3. Samuel Eto'o

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Masih pada musim dan grup yang sama, Samuel Eto'o mencetak hattrick bagi Barcelona ketika menjamu raksasa Yunani, Panathinaikos. Penyerang asal Kamerun tersebut pertama kali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-14.

Eto'o kemudian menambah dua gol lagi, masing-masing pada menit ke-40 dan 65. Dua gol tambahan yang dicetak Mark van Bommel dan Lionel Messi melengkapi kemenangan Barcelona lima gol tanpa balas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela Barcelona

4. Lionel Messi

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiLionel Messi (fcbarcelona.com)

Tak mengherankan melihat nama Lionel Messi dalam daftar ini, sebab penyerang asal Argentina tersebut merupakan pemegang rekor hattrick terbanyak di UCL. Ia mengoleksi delapan hattrick. 

Tiga gol pertama ia ciptakan ketika melawan Arsenal pada perempat final 2009/2010. Setelah itu, Messi kembali menuai hattrick ketika melawan Viktoria Plzen, Bayer Leverkusen, Ajax Amsterdam, APOEL, Glasgow Celtic, Manchester City, dan PSV Eindhoven. Sayang, Messi telah meninggalkan Camp Nou untuk membela Paris Saint-Germain.

5. Neymar

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiNeymar (uefa.com)

Performa brilian ditunjukkan Neymar ketika Barcelona berhadapan dengan Glasgow Celtic pada laga Grup H musim 2013/2014. Pemain asal Brasil tersebut mampu mencetak hattrick pertamanya di Liga Champions.

Gol dari Georgios Samaras jelang laga berakhir tak cukup bagi Celtic. Sebab, Barcelona menambah tiga gol lagi yang masing-masing dicetak Gerard Pique, Pedro, dan Cristian Tello. Barcelona pun sukses menggulung Celtic dengan skor 6-1 di Camp Nou.

6. Arda Turan

6 Pemain Barcelona yang Cetak Hattrick di UCL Sebelum LewandowskiArda Turan (fcbarcelona.com)

Penampilan Arda Turan bersama Barcelona memang tak terlalu menjanjikan. Pemain asal Turki tersebut gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya, seperti yang pernah ia buat bersama Atletico Madrid.

Meski begitu, ada satu momen yang tak bisa dilupakan. Turan mencetak hattrick ketika Barcelona berjumpa Borussia Moenchengladbach di Grup C musim 2016/2017. Tambahan satu gol dari Lionel Messi membuat Barcelona menang dengan skor 4-0.

Robert Lewandowski makin menemukan sentuhannya sejak bergabung dengan Barcelona. Lantas, berapa banyak hattrick yang akan ia buat bersama Barcelona?

Baca Juga: 5 Kenangan Robert Lewandowski bersama Bayern Munich, Tak Terlupakan!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya