5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela Barcelona

Robert Lewandowski selanjutnya?

Robert Lewandowski adalah pemain tertajam di Eropa dalam dua musim terakhir. Striker asal Polandia itu meraih sepatu emas Eropa 2020/2021 dan 2021/2022 bersama Bayern Munich. Kini, Lewandowski sudah pindah ke Barcelona sehingga ada kemungkinan jumlah golnya musim ini bakal menurun.

Meski demikian, Lewandowski diprediksi bisa tetap membuat banyak gol bersama Barca. Bahkan, ia mungkin bisa mengalahkan sederet nama pemain yang cetak banyak gol pada musim debut membela Barcelona berikut ini. 

1. Samuel Eto'o (29 gol)

5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela BarcelonaSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Samuel Eto'o memimpin daftar ini dengan torehan 29 gol pada musim debutnya bersama Barcelona, yaitu musim 2004/2005. Ketajaman Eto'o turut membuat Barcelona memenangi LaLiga Spanyol musim tersebut. Itu adalah trofi liga pertama bagi Barca sejak 1999.

Eto'o terus membela Barcelona hingga 2009. Selama itu pula ketajamannya tak pernah luntur. Secara total, striker asal Kamerun ini membuat 130 gol dalam 199 penampilan bersama Barca. Ia pun menjadi salah satu dari sepuluh pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah Barcelona.

2. Luis Suarez (25 gol)

5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela BarcelonaLuis Suarez (fcbarcelona.com)

Luis Suarez adalah striker tertajam ketiga dalam sejarah Barcelona. Ia mengoleksi total 198 gol di semua ajang selama berkostum Barca medio 2014–2020. Pada musim debutnya saja Suarez langsung membuat 25 gol dan 23 assists dalam 43 penampilan di semua ajang.

Ketajaman Suarez pada musim tersebut bahkan berbuah treble winners bagi Barcelona. Suarez sendiri memang sudah berkali-kali menunjukkan kemampuan cepat beradaptasi. Ia juga langsung membuat lebih dari dua puluh gol pada musim debutnya membela Ajax Amsterdam dan Atletico Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Tertajam dalam Sejarah Bayern Munich Selain Lewandowski

3. David Villa (23 gol)

5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela BarcelonaDavid Villa (fcbarcelona.com)

Berikutnya ada David Villa, striker tertajam sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Villa bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2010. Saat itu, Villa sudah menunjukkan ketajamannya di LaLiga bersama Real Zaragoza dan Valencia.

Bersama Barcelona pun ketajaman Villa tetap bertahan. Ia membuat 23 gol pada musim 2010/2011, bahkan turut membawa Barca meraih treble winners. Namun, Villa tak terlalu lama berkostum Barcelona karena hanya bertahan tiga musim dengan torehan 48 gol di semua ajang.

4. Ronaldinho (22 gol)

5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela BarcelonaRonaldinho (fcbarcelona.com)

Ronaldinho yang bukan merupakan striker pun tak kalah tajam pada musim debutnya bersama Barcelona. Ronaldinho bergabung dengan Barca pada 2003 setelah diboyong dari Paris Saint-Germain. Meski bermain sebagai playmaker, Ronaldinho sukses membuat 22 gol di semua ajang sepanjang 2003/2004.

Secara total, Ronaldinho membuat 94 gol selama lima musim berseragam Barca. Ia juga sukses memenangi lima trofi plus meraih Ballon d'Or 2005 bersama Barcelona.

5. Zlatan Ibrahimovic (21 gol)

5 Pemain yang Cetak Banyak Gol pada Musim Debut Membela BarcelonaZlatan Ibrahimovic (fcbarcelona.com)

Terakhir, ada Zlatan Ibrahimovic, striker Swedia yang dibeli Barcelona pada musim panas 2009. Saat itu, Zlatan sudah membuktikan ketajamannya di Belanda dan Italia. Musim pertama bermain di Spanyol, Zlatan langsung menciptakan 21 gol di semua ajang plus meraih lima trofi.

Sayangnya, Zlatan akhirnya hanya bertahan di Barcelona semusim saja. Ia dipinjamkan ke AC Milan pada 2010/2011 karena berselisih dengan pelatih Barca saat itu, Pep Guardiola.

Mencetak banyak gol bukan hal sulit bagi Robert Lewandowski kala masih membela Bayern Munich. Mampukah Lewandowski membuat banyak gol pada musim debut bersama Barca seperti kelima pemain di atas?

Baca Juga: Lewandowski Moncer, Xavi: Dia Berkah bagi Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya