5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan Liverpool

Ada Jari Litmanen hingga Luis Suarez

Liverpool dan Ajax Amsterdam merupakan dua klub besar di Eropa. Tak hanya merajai masing-masing liga domestik, kedua tim tersebut juga punya prestasi mentereng di kancah Eropa.

Liverpool merupakan peraih enam gelar Liga Champions, sementara Ajax punya empat trofi di lemari mereka. Menariknya, Ajax dan Liverpool beberapa kali bertukar pemain. Berikut lima pemain terbaik yang pernah berseragam Ajax dan Liverpool.

1. Jan Molby

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan LiverpoolJan Molby (liverpoolfc.com)

Jan Molby menjadi pilihan Liverpool ketika mereka ditinggal Graeme Souness yang hengkang ke Sampdoria. Molby sendiri bersama para nama besar, seperti Johan Cruyff dan Marco van Basten, berhasil membawa Ajax juara Eredivisie 1982/1983.

Pemain asal Denmark tersebut mampu membuktikan kualitasnya dengan selalu menjadi andalan di lini tengah. Molby menghabiskan waktunya di Anfield selama 12 musim dengan mempersembahkan 3 gelar Liga Inggris dan 2 Piala FA.

2. Jari Litmanen

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan LiverpoolJari Litmanen (liverpoolfc.com)

Jari Litmanen menjadi pengganti sepadan ketika Ajax ditinggal Dennis Bergkamp. Pemain asal Finlandia tersebut punya peran penting ketika Ajax meraih 6 gelar Eredivisie, 3 Piala KNVB, dan 1 trofi Liga Champions.

Sempat merapat ke Barcelona, Litmanen akhirnya hijrah ke Liverpool pada 2001. Sayang, cedera membuat permainannya tak berkembang di English Premier League. Dua musim berselang, Litmanen kembali ke pangkuan Ajax.

Baca Juga: Newcastle Berani Banget, Rekrut Karius Si Kiper Gagal Liverpool

3. Ryan Babel

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan LiverpoolRyan Babel (liverpoolfc.com)

Ajax merupakan salah satu tim Eropa yang tak pernah kehabisan para pemain muda berbakat, salah satunya adalah Ryan Babel. Meskipun masih sangat muda, Babel sukses menjadi salah satu andalan di tim senior Ajax.

Melihat hal tersebut, Liverpool yang kepincut akhirnya merekrutnya pada 2007. Namun, Babel gagal memenuhi potensi dan ekspektasi besar dari para pendukung The Reds. Ia lebih sering bermain dari bangku cadangan. Setelah pergi dari Anfield, karier Babel semakin tak menentu dan kerap gonta-ganti tim.

4. Christian Poulsen

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan LiverpoolChristian Poulsen (kiri) (uefa.com)

Bermain cukup bagus bersama Schalke, Sevilla, dan Juventus, Liverpool memboyong Christian Poulsen ke Anfield pada 2010. Sayang, ia tak mampu beradaptasi dan hanya memainkan 12 laga sebelum hengkang di musim berikutnya.

Sempat bermain untuk tim asal Prancis, Evian, Poulsen akhirnya bergabung dengan Ajax. Meskipun hanya bertahan selama dua musim, pemain asal Denmark tersebut turut membantu Ajax meraih titel Eredivisie secara back to back.

5. Luis Suarez

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan LiverpoolLuis Suarez (liverpoolfc.com)

Luis Suarez mungkin menjadi pemain paling terkenal yang pernah membela Ajax dan Liverpool. Pemain asal Uruguay tersebut bisa dikatakan sama-sama sukses, baik bersama Ajax maupun Liverpool.

Bersama Ajax, Suarez memberikan masing-masing satu trofi Eredivisie dan Piala KNVB. Suarez juga menjadi top skor Eredivisie pada musim 2009/2010 lewat torehan 35 gol. Ketajaman Suarez terbukti tak menghilang ketika menerima pinangan Liverpool saat ia meraih sepatu emas pada 2012/2013 dengan sumbangan 31 gol.

 

Kelima pemain tersebut cukup beruntung karena pernah membela dua tim sarat sejarah di kancah Eropa. Bahkan, beberapa di antaranya mampu membawa pulang banyak trofi untuk kedua klub tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Liverpool Bareng Luis Suarez, Bagaimana Kabarnya?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya