8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara Gratis

Apakah Ronaldo jadi yang berikutnya?

Cristiano Ronaldo terancam dilepas secara gratis oleh Manchester United pada bursa transfer musim dingin. Hal itu terjadi lantaran ia mengatakan kritik yang cukup pedas terhadap tim yang telah membesarkan namanya tersebut.

Jika akhirnya Ronaldo pergi dari Old Trafford, ini bukanlah kali pertama The Red Devils melepas bintangnya secara cuma-cuma. Berikut delapan pemain hebat Manchester United yang dilepas secara gratis.

1. Zlatan Ibrahimovic

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisZlatan Ibrahimovic (manutd.com)

Datang dari Paris Saint-Germain di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Zlatan Ibrahimovic nyatanya masih tampil bagus. Penyerang yang kini membela AC Milan tersebut mampu mencetak 17 gol dari 28 laga di English Premier League.

Sayang, cedera membuatnya semakin terpinggirkan dari skuad utama Manchester United. Ibrahimovic akhirnya dilepas secara cuma-cuma oleh The Red Devils menuju Los Angeles Galaxy pada 2018.

2. Wayne Rooney

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisWayne Rooney (manutd.com)

Meskipun menjadi salah satu legenda dan top skor sepanjang masa Manchester United, ternyata Wayne Rooney tak pensiun di klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Bahkan, Rooney pergi ke tim masa kecilnya, Everton, tanpa biaya sepeserpun pada 2017. Setelah itu, Rooney kemudian sempat bermain bagi DC United sebelum pensiun bersama Derby County.

3. Paul Pogba

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisPaul Pogba (manutd.com)

Manchester United harus rela memecahkan rekor transfer mereka untuk merekrut Paul Pogba dari Juventus. Penampilannya yang solid memang berhasil membuat lini tengah The Red Devils semakin kokoh.

Namun, raihan gelar Piala Liga dan Europa League bukanlah sesuatu yang kalian harapkan dari pemain dengan bayaran selangit. Manchester United pun akhirnya dibuat rugi besar ketika Pogba kembali ke Juventus secara cuma-cuma.

4. Nemanja Vidic

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisNemanja Vidic (manutd.com)

Nemanja Vidic merupakan salah satu bek paling tangguh yang pernah dimiliki Manchester United. Pemain asal Serbia tersebut juga selalu menjadi pilihan utama di lini belakang bersama Rio Ferdinand.

Meski punya peran yang begitu penting, Vidic ternyata tak mengakhiri kariernya di Old Trafford. Ia justru hengkang ke Inter Milan pada 2014 secara gratis hingga memutuskan pensiun dua musim berselang.

Baca Juga: Manchester United Copot Poster Ronaldo di Old Trafford, Kenapa?

5. Rio Ferdinand

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisRio Ferdinand (manutd.com)

Sama seperti Vidic, Rio Ferdinand juga ternyata tak pensiun bersama Manchester United. Bek tangguh asal Inggris tersebut juga sama-sama meninggalkan Old Trafford pada 2014 ke Queens Park Rangers.

Di usianya yang ketika itu sudah menginjak 35 tahun, performa Ferdinand memang sudah menurun. Ia bahkan hanya memainkan sebelas laga bagi QPR sebelum memutuskan pensiun di akhir musim.

6. Antonio Valencia

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisAntonio Valencia (manutd.com)

Antonio Valencia merupakan pemain yang cukup fleksibel karena bisa bermain sebagai winger ataupun full back. Tak heran ia sering jadi pilihan utama dan pernah dipercaya untuk memakai nomor tujuh yang terbilang keramat.

Namun, seiring dengan usianya yang sudah mulai menua, Valencia pun mulai terpinggirkan. Valencia akhirnya pergi tanpa biaya sepeser pun menuju LDU Quito yang bermain di Liga Ekuador.

7. Darren Fletcher

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisDarren Fletcher (manutd.com)

Darren Fletcher merupakan produk asli akademi Manchester United yang melakoni debut untuk tim senior pada 2003. Hingga kepergiannya pada 2015, pemain asal Skotlandia tersebut telah memainkan lebih dari 300 laga bagi The Red Devils.

Ia kemudian memutuskan untuk hengkang ke West Bromwich Albion secara gratis. Setelah pensiun bersama Stoke City pada 2019, Fletcher saat ini menjabat sebagai Technical Director Manchester United.

8. Roy Keane

8 Pemain Bintang Manchester United yang Dilepas secara GratisRoy Keane (manutd.com)

Roy Keane merupakan salah satu kapten yang paling dihormati oleh para pemain dan pendukung Manchester United. Sosoknya yang dikenal tegas dan keras di lapangan berhasil menyuntikkan semangat kepada rekan-rekannya.

Namun, menjelang akhir kariernya, pemain asal Irlandia tersebut sempat berseteru dengan Sir Alex Ferguson. Hal itulah yang kemudian membuatnya memilih bergabung ke Glasgow Celtic, sedangkan Manchester United tak mendapat apa pun dari penjualannya.

 

Kedelapan pemain tersebut merupakan pemain bintang yang punya kontribusi besar atas kesuksesan Manchester United. Meski begitu, ternyata mereka tak pensiun di Old Trafford dan justru dilepas secara gratis. Lantas, akankah Cristiano Ronaldo akan mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Main Bareng Ronaldo di Manchester United

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya