Comscore Tracker

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa Dipinjamkan

Daripada hanya menjadi penghangat bangku cadangan

Bursa transfer musim panas masih dibuka dan beberapa bintang muda Liga Inggris ini masih berpeluang pindah ke tim lain. Mengingat sulitnya menembus tim utama yang dihuni banyak pemain senior, opsi peminjaman ke klub lain bisa menjadi solusi untuk menambah jam terbang mereka.

Meskipun hanya bermain untuk tim-tim yang lebih kecil, setidaknya itu lebih baik daripada hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Apalagi, jika penampilan mereka cukup meyakinkan selama masa peminjaman, bukan tak mungkin mereka akan diberi kesempatan main lebih sering. Berikut lima pemain muda Liga Inggris yang sebaiknya dipinjamkan untuk menambah pengalaman.

1. Anthony Elanga

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa DipinjamkanAnthony Elanga (manutd.com)

Beberapa musim terakhir Manchester United kerap kali memercayakan para pemain muda untuk tampil, seperti Mason Greenwood dan Brandon Williams. Meskpiun tak selalu jadi starter hal ini menunjukkan bagaimana mereka bisa bermain bagus saat diturunkan.

Anthony Elangan sendiri mengawali debutnya bersama The Red Devils pada musim lalu. Meskipun hanya turun dua laga, penyerang muda asal Swedia ini sukses mencetak gol perdananya pada laga melawan Wolves.

Namun, ada baiknya United meminjamkan pemain berusia 19 tahun ini. Lini depan mereka sudah penuh sesak. Apalagi, Manchester Merah baru saja mendatangkan Jadon Sancho. Jika dipinjamkan di klub lain, menit bermain Elanga akan jauh lebih banyak.

2. Rhys Williams

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa DipinjamkanRhys Williams (tbrfootball.com)

Musim lalu, Rhys Williams cukup sering diturunkan oleh Jurgen Klopp mengingat mereka tengah mengalami krisis pemain di lini belakang. Meski tak setangguh van Dijk, setidaknya ia mampu memenuhi harapan Klopp dengan 19 kali main dalam semua kompetisi.

Kini dengan kembalinya Virgin van Dijk, Joe Gomez, hingga Joel Matip, agaknya ia akan jarang dimainkan. Apalagi, The Reds baru saja mendatangkan Ibrahima Konate dari RB Leipzig. Sebaiknya, Liverpool meminjamkan Williams lebih dulu agar mendapat banyak menit bermain dan bisa menjadi bek masa depan tim asal Merseyside ini.

Baca Juga: Ini 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Liverpool, Ada Arsenal!

3. Liam Delap

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa DipinjamkanLiam Delap (teamtalk.com)

Liam Delap bermain cukup baik pada kompetisi Premier League 2, yakni kompetisi untuk pemain di bawah usia 23 tahun. Hanya dalam 20 penampilan, ia sukses mencetak 24 gol bagi tim muda Manchester City. Tak heran jika The Citizens sempat memanggil namanya untuk tim senior.

Namun, mengingat usia yang masih 18 tahun ditambah lini depan City yang sudah dipenuhi pemain bintang. Tampaknya Guardiola tak akan sering menurunkannya, atau mungkin hanya di pertandingan yang tidak penting saja. Opsi peminjaman ke klub lain bisa menjadi hal bagus baginya sebab ia akan lebih sering tampil. Klub seperti Preston, Birmingham, dan West Brom dikabarkan tertarik memakai jasanya.

4. Sam Greenwood

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa DipinjamkanSam Greenwood (teamtalk.com)

Pada usia muda, Sam Greenwood telah beberapa kali berpindah tim. Ia pergi dari Sunderland ke Arsenal pada tahun 2018. Kala itu usianya baru menginjak 16 tahun. Terakhir, musim lalu ia pindah ke Leeds United. Namanya pun cukup melejit kala ia menjadi salah satu kandidat Player of The Season pada kompetisi Premier League 2 divisi 2.

Ia sukses mencetak 12 gol dari 18 penampilannya untuk tim muda Leeds. Debutnya di tim senior sendiri berlangsung pada laga Piala FA saat Leeds kalah tiga gol tanpa balas melawan Crawley. Kala itu Greenwood turun sebagai pemain pengganti. Kendati demikian, dengan usia yang sangat muda ia masih bisa lebih berkembang lagi.

5. Folarin Balogun

Butuh Pengalaman, 5 Pemain Muda Liga Inggris Ini Bisa DipinjamkanFolarin Bolagun (africatopsports.com)

Setelah perdebatan yang cukup rumit, akhirnya Arsenal memberi kontrak jangka panjang bagi Folarin Balogun pada April lalu. Sebelumnya, pemain berusia 20 tahun ini sempat dikaitkan dengan beberapa klub di Bundesliga dan Serie A sebelum memutuskan bertahan di Arsenal.

Balogun musim lalu memainkan enam laga bersama The Gunners dengan mencetak dua gol. Keduanya diciptakan kala mereka melawan Molde dan Dundalk pada kompetisi Liga Eropa. Dengan masih adanya Alexandre Lacazette dan Eddie Nketiah, tampaknya cukup sulit baginya bisa masuk skuad utama. Karena itulah Balogun bisa dipinjamkan ke klub lain untuk menambah waktu bermainnya.

 

Masih muda dan punya segudang potensi, tampaknya itu akan sia-sia jika hanya duduk di bangku cadangan. Karena itulah lebih baik mendapat banyak waktu bermain meski hanya dipinjamkan ke tim yang lebih kecil.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Kalah Lawan Arsenal di Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya