5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis Diaz

Luis Diaz siap kembali ke performa terbaiknya

Musim 2022/2023 bukanlah musim yang bagus bagi winger Liverpool, Luis Diaz. Pemain asal Kolombia tersebut dihantam cedera yang membuatnya absen dalam beberapa laga. Tanpa adanya Diaz, Liverpool terseok-seok sepanjang musim.

Sejak dibeli dari Porto, Diaz menjadi salah satu sosok kunci di lini serang Liverpool. Tak heran jika mereka memercayakan nomor punggung 7 kepadanya mulai musim 2023/2024. Sebelum Luiz Diaz, berikut lima pengguna nomor punggung 7 di Liverpool.

1. James Milner

5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis DiazJames Milner (twitter.com/LFC)

Kepergian James Milner ke Brighton & Hove Albion membuatnya harus menanggalkan nomor punggung 7 di Liverpool yang sudah ia pakai sejak 2015/2016. Delapan musim bermain di Anfield, Milner menjadi salah satu gelandang andalan Juergen Klopp. Ia tak kenal lelah dalam mengawal lini tengah Liverpool.

Milner juga menjadi sosok senior di tim untuk membimbing para pemain muda. Pemilik 61 caps bersama Timnas Inggris tersebut juga telah meraih semua trofi yang bisa ia dapat bersama Liverpool. Sayang, Milner yang sudah termakan usia kini akan melanjutkan kariernya bersama Brighton & Hove Albion.

Baca Juga: 5 Bek yang Bisa Direkrut Liverpool pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

2. Luis Suarez

5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis DiazLuis Suarez (twitter.com/LFC)

Kedatangan Luis Suarez ke Anfield pada 2011 membuat semua pendukung Liverpool melupakan kepergian Fernando Torres. Suarez menjadi sosok predator haus gol di depan gawang lawan. Ia bahkan menyabet gelar top skor English Premier League 2013/2014.

Pada musim yang sama, Suarez juga hampir membawa Liverpool menjuarai English Premier League. Total, Suarez telah mencetak 82 gol dari 132 penampilannya bersama Liverpool. Setelah meninggalkan Anfield, top skor sepanjang masa Timnas Uruguay tersebut sempat membela Barcelona, Atletico Madrid, dan Nacional, sebelum kini bermain untuk Gremio.

3. Robbie Keane

5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis DiazRobbie Keane (liverpoolfc.com)

Penampilan impresif Robbie Keane bersama Tottenham Hotspur membuat Liverpool tak ragu untuk memboyongnya pada 2008. Ketika masih berkostum The Lily White, Keane selalu mencetak dua digit gol setiap musimnya. Sayang, hal tersebut tak mampu ia lanjutkan bersama Liverpool.

Pemain asal Irlandia tersebut hanya bertahan selama semusim dengan catatan tujuh gol di semua kompetisi. Liverpool yang tak puas akan performanya pun menjualnya kembali ke Tottenham Hotspur. Kini, Keane menjadi pelatih bagi tim asal Israel, Maccabi Tel Aviv.

4. Harry Kewell

5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis DiazHarry Kewell (liverpoolfc.com)

Didatangkan Liverpool pada 2003 dari Leeds United, Harry Kewell langsung dipercaya mengenakan nomor punggung 7. Selama membela Liverpool, Kewell mencatatkan 139 pertandingan dengan sumbangan 16 gol. Sayang, kariernya juga diwarnai dengan serangkaian cedera.

Kejadian yang paling diingat tentu saja ketika ia ditarik keluar pada babak pertama final Liga Champions 2005 melawan AC Milan. Kisah Kewell bersama The Reds berakhir pada 2008 ketika ia bergabung Galatasaray. Saat ini, Kewell berperan sebagai asisten pelatih bagi Brendan Rodgers di Glasgow Celtic.

5. Vladimir Smicer

5 Pemain Pemilik Nomor 7 Liverpool sebelum Luis DiazVladimir Smicer (twitter.com/LFC)

Vladimir Smicer merupakan pemain yang menggantikan Harry Kewell pada babak pertama final Liga Champions 2005. Ia bahkan mencetak gol kedua Liverpool yang menjadi momentum untuk menyamakan kedudukan setelah sempat tertinggal 0-3. Namun, musim itu juga merupakan musim terakhir bagi pemain asal Republik Ceko tersebut di Anfield.

Smicer bergabung dengan Liverpool dari Lens pada 1999 dan langsung mengenakan nomor punggung 7. Namun, kedatangan Harry Kewell pada 2003 membuatnya harus menyerahkan nomor tersebut. Alhasil, ia kemudian menggunakan nomor 19 pada sisa kariernya di Liverpool.

Kelima pemain tersebut merupakan pemain yang punya kontribusi besar bagi Liverpool. Mengemban nomor punggung baru, Luis Diaz harus bisa membawa Liverpool ke jalur juara setelah menjalani musim lalu yang terbilang berat.

Baca Juga: 5 Kiper Potensial Gantikan Edouard Mendy di Chelsea

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya