5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol Romeu

Dua tim LaLiga Spanyol dari Catalunya

Barcelona baru saja mendatangkan Oriol Romeu dari Girona pada bursa transfer musim panas 2023. Barcelona dan Girona merupakan dua tim LaLiga Spanyol yang berasal dari Catalunya. Kesamaan inilah yang membuat mereka tak jarang bertukar pemain. 

Selain Romeu, ada beberapa pemain yang pernah berseragam Barcelona dan Girona,. Nama mereka sebenarnya kurang terdengar di kancah internasional, tetapi coba kita lihat seperti apa karier mereka bersama dua klub itu.

1. Arnau Martinez

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol RomeuArnau Martinez (laliga.com)

Arnau Martinez merupakan salah satu bek andalan Girona sejak kedatangannya pada 2020. Pemain berusia 20 tahun tersebut juga turut mengantar tim promosi ke LaLiga pada 2021/2022. Ia juga berhasil membawa Girona bertengger di peringkat kesepuluh klasemen LaLiga 2022/2023.

Menariknya, Martinez sempat menimba ilmu di akademi sepak bola milik Barcelona, La Masia. Namun, ia hengkang ke CE L'Hospitalet pada 2016 sebelum pindah ke Girona pada 2020. Dengan usia yang masih muda, Martinez masih punya banyak potensi untuk dikembangkan. Jika bisa berkembang, maka bukan tidak mungkin ia kembali ke pangkuan Barcelona yang notabene tim lebih besar dibandingkan Girona.

2. Marc Muniesa

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol RomeuMarc Muniesa (twitter.com/muniesa92)

Setelah menimba ilmu di La Masia, Marc Muniesa dipromosikan ke tim senior Barcelona pada 2009 oleh Pep Guardiola. Sayang, performanya saat itu tak tak mampu membuat sang pelatih terkesan. Ia hanya tampil sebanyak dua kali di LaLiga sebelum hengkang pada 2013.

Setelah itu, Muniesa sempat mengembara ke Liga Inggris dengan membela Stoke City. Pada 2017, ia kembali ke Spanyol karena Girona meminjamnya. Tim Catalunya itu lalu memermanenkannya pada akhir musim. Bersama Girona hingga 2019, pemain berusia 31 tahun tersebut kini bermain di Liga Qatar dengan berseragam Al Arabi.

Baca Juga: 7 Pemain Barcelona yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023

3. Brian Olivan

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol RomeuBrian Olivan (twitter.com/GironaFC)

Masuk ke La Masia tak selalu menjamin pemain bisa tampil untuk Barcelona. Hal itulah yang dialami Brian Olivan. Berada di La Masia pada 2002 hingga kepergiannya pada 2013, Olivan tak sekali pun dipanggil ke tim senior. Ia justru memilih untuk tampil bersama klub asal Portugal, SC Braga.

Sayangnya, performanya yang tak kunjung membaik membuatnya hanya bertahan semusim. Olivan kemudian lebih sering menghabiskan kariernya di Segunda Division bersama Real Valladolid dan Cadiz. Ia juga sempat bermain bersama Girona dengan status pinjaman dari Cadiz pada 2019/2020.

4. Santiago Bueno

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol RomeuSantiago Bueno (fcbarcelona.es)

Santiago Bueno merupakan hasil didikan akademi Penarol. Ia hijrah dari Uruguay ke Spanyol untuk bermain bersama Barcelona pada 2017. Sayang, ia gagal membuktikan potensinya dan hanya sempat tampil bersama Barcelona B. Bahkan, Bueno harus rela dipinjamkan ke Peralada sebelum benar-benar hengkang ke Girona pada 2019.

Keputusan tersebut ternyata berbuah manis bagi Bueno. Ia mulai mendapat tempat di skuad utama. Pemain berposisi bek tengah tersebut turut membantu timnya promosi ke LaLiga. Ia juga sempat diseleksi Timnas Uruguay menjelang Piala Dunia 2022 Qatar meski akhirnya tak dibawa ke sana.

5. Oriol Romeu

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Girona, Ada Oriol RomeuOriol Romeu (uefa.com)

Kedatangannya ke Barcelona membuatnya kembali ke tim di mana ia memulai kariernya sebagai pesepak bola. Oriol Romeu memang hasil binaan La Masia. Ia bahkan sempat sekali tampil bagi tim senior. Namun, Romeu tak mampu bersaing dengan deretan bintang yang menghiasi lini tengah Blaugrana saat itu.

Setelah meninggalkan Camp Nou, Romeu sempat membela Chelsea sebelum menjadi andalan Southampton. Pada 2022, ia hengkang ke Girona setelah 8 musim berseragam The Saints. Bersama Blanquivermells, Romeu tampil apik dengan mencatatkan 33 pertandingan di LaLiga. Inilah yang membuatnya dipinang Barcelona.

Girona seakan menjadi penyelamat karier bagi para lulusan La Masia yang gagal menembus tim senior Barcelona. Mampukah Oriol Romeu membuktikan kualitasnya pada kali kedua kedatangannya ke Camp Nou? Kita lihat saja musim depan!

Baca Juga: Barcelona Kepincut Bernardo Silva, Siap Korbankan Frenkie De Jong

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya