Comscore Tracker

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!

Mereka semua adalah peraih gelar juara!

Saat ini Spanyol tengah menunjukkan dominasi mereka di ajang MotoGP. Dari 9 musim terakhir, semua juara dunia berasal dari Spanyol. Yakni Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan yang terbaru ada Joan Mir.

Namun, pembalap hebat asal Spanyol tak hanya mereka. Masih ada beberapa nama yang pernah meraih gelar juara dunia. Mereka juga selalu meramaikan persaingan di papan atas. Berikut lima pembalap terhebat asal Spanyol.

1. Angel Nieto

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!Angel Nieto (motogp.com)

Angel Nieto merupakan salah satu pembalap tersukses sepanjang sejarah MotoGP. Kariernya berlangsung dari tahun 1964 hingga pensiun di musim 1986. Dalam rentang waktu tersebut ia banyak menghabiskan kariernya pada kelas motor kecil, seperti 50cc, 80cc, dan 125cc.

Total ia meraih 7 gelar juara dunia pada kelas 125cc dan 6 titel di kelas 50cc, total 13 gelarnya merupakan yang terbanyak kedua dibawah legenda Italia, Giacomo Agostini. Selama membalap ia tercatat telah memenangkan 90 balapan di tiga kelas tersebut.

2. Dani Pedrosa

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!Dani Pedrosa (boxrepsol.com)

Pedrosa pernah memenangkan gelar juara dunia di kelas 125cc pada tahun 2003 dan dua kali di kelas 250cc tahun 2004 dan 2005. Setahun berselang ia pun memulai kiprahnya di kelas teratas, MotoGP.

The Little Spaniard memang tak pernah menjadi juara dunia di kelas MotoGP. Namun, kemampuannya dalam mengendarai kuda besi tak perlu diragukan lagi. Membela Honda sejak 2006 hingga 2018 ia telah menorehkan 31 kemenangan dan 112 kali naik podium.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para Juara

3. Alex Criville

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!Alex Criville (motogp.com)

Criville merupakan pembalap Spanyol pertama yang meraih gelar juara dunia di kelas teratas. Tepatnya pada kelas 500cc di tahun 1999. Kala itu ia yang membela Repsol Honda mampu tampil dominan dengan memenangkan lima seri balapan.

Karier Criville dimulai tahun 1987 kala ia menjalani debut di kelas 80cc. Sukses menjadi runner up di musim keduanya, ia pun naik ke kelas 125cc dan sukses menyabet gelar juara dunia. Ia pun pindah kelas 250cc sebelum naik ke kelas 500cc di musim 1992. 

4. Jorge Lorenzo

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!Jorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo merupakan dua kali juara dunia 250cc sebelum pindah ke  kelas MotoGP di tahun 2008. Hanya butuh dua tahun baginya untuk meraih gelar juara dunia, tepatnya di tahun 2010 bersama Yamaha.

Kesuksesannya bersama Yamaha berlanjut ketika ia meraih dua gelar lagi di tahun 2012 dan 2015. Lorenzo pun sempat berpindah ke Ducati di musim 2017. Dua musim bersama pabrikan asal Italia, Lorenzo kemudian pindah ke Honda di musim 2019 yang juga merupakan musim terakhirnya di MotoGP.

5. Marc Marquez

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Spanyol, Semuanya Sukses!Marc Marquez (boxrepsol.com)

Marc Marquez sudah menarik perhatian pecinta MotoGP sejak menjadi juara dunia di kelas 125cc pada tahun 2010. Dua musim berselang ia mengulang kesuksesannya menjadi juara dunia, kali ini diraihnya di kelas Moto2.

Kesuksesannya tersebut membuat Honda menunjuknya sebagai pembalap mereka untuk menggantikan Casey stoner. Kepercayaan itu dibuktikan Marquez dengan meraih gelar juara dunia di musim perdananya. Tak berhenti disitu, The Baby Alien sukses menambah lima gelar lagi bersama pabrikan asal Jepang tersebut.

Kesuksesan mereka membuat Spanyol menjadi salah satu kekuatan besar di MotoGP. Apalagi dalam beberapa musim terakhir pembalap asal Negeri Matador itu sangat mendominasi ajang balap motor terpopuler di dunia tersebut. Akankah mereka masih sanggup mempertahankan dominasi mereka musim ini?

Baca Juga: MotoGP Prancis: Jack Miller Juara, Marc Marquez 2 Kali Jatuh

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya