Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di Final

Prancis gagal back-to-back juara dunia

Untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia, laga final Piala Dunia 2022 harus dilangsungkan hingga babak adu penalti. Sebelumnya, adu tos-tosan juga jadi penentu siapa yang menjadi juara pada edisi 1994 dan 2006.

Kali ini yang menjadi pihak yang mengalami kekalahan adalah Prancis yang sekaligus gagal menjadi juara dunia secara back-to-back. Sebenarnya ini merupakan kali kedua Prancis takluk lewat adu penalti di partai final. Mari kita simak rekor adu penalti Prancis di babak final Piala Dunia.

1. Prancis dikalahkan Jerman Barat pada semifinal Piala Dunia 1982

Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di FinalPrancis melawan Jerman Barat pada semifinal Piala Dunia 1982. (fifa.com)

Laga semifinal Piala Dunia 1982 antara Prancis kontra Jerman Barat merupakan pertandingan Piala Dunia pertama yang diselesaikan lewat babak adu penalti. Sebelumnya, laga berjalan ketat dengan skor imbang 3-3.

Dari lima penendang pertama kedua tim, Ulrich Stielike dan Didier Six tak mampu membobol gawang lawannya. Kegagalan dari Maxime Bossis akhirnya memupus harapan Prancis untuk melaju ke partai final.

2. Kalahkan Brasil di perempat final Piala Dunia 1986

Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di FinalJoel Bats jadi pahlawan Prancis di babak adu penalti melawan Brasil pada perempat final Piala Dunia 1986. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Prancis yang dua tahun sebelumnya menjadi juara Piala Eropa 1984 harus bertemu Brasil yang bertabur bintang pada perempat final Piala Dunia 1986. Pada waktu normal, gol dari Careca berhasil disamakan oleh Michel Platini sehingga laga berlanjut ke adu penalti.

Kali ini penjaga gawang Prancis, Joel Bats, tampil sebagai pahlawan dengan menepis tendangan Socrates, sementara sepakan Julio Baptista menghantam tiang gawang. Prancis memastikan langkah mereka ke semifinal setelah Luis Fernandez menjebol jala Carlos.

Baca Juga: Enzo Fernandez, Lembaran Baru Buat Argentina

3. Pulangkan Italia pada perempat final Piala Dunia 1998

Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di FinalPrancis kalahkan Italia lewat adu penalti pada perempat final Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Prancis sebagai tuan rumah berambisi menjadi juara dunia untuk pertama kalinya pada edisi 1998. Namun, kali ini mereka harus bertemu Italia yang merupakan finalis pada edisi sebelumnya di babak perempat final.

Sepanjang 120 menit waktu berjalan, tak satu pun pemain kedua tim mampu memecah kebuntuan. Pada babak adu penalti, Demetrio Albertini dan Luigi Di Biagio gagal menjalankan tugasnya. Di sisi Prancis, hanya Bixente Lizarazu yang tak mampu menjebol gawang Gianluca Pagliuca.

4. Kalah di final dari Italia pada edisi 2006

Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di FinalFabio Grosso pastikan kemenangan Italia atas Prancis di final Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Italia dan Prancis kembali bertemu di babak adu penalti, kali ini terjadi pada laga final Piala Dunia 2006. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang setelah gol dari Zinedine Zidane berhasil dibalas oleh Marco Materazzi.

Berbeda dengan edisi 1998, kali ini kelima eksekutor Italia mampu menjebol jala yang dijaga Fabien Barthez. Sementara itu, kegagalan David Trezeguet membuat Prancis hanya bisa menyaksikan Italia mengangkat trofi Piala Dunia.

5. Kembali takluk di final dari Argentina pada Piala Dunia 2022

Rekor Prancis di Babak Adu Penalti Piala Dunia, Kalah di FinalEmiliano Martinez tepis tendangan penalti Kingsley Coman pada final Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Aksi saling berbalas gol terjadi di partai final Piala Dunia 2022 antara Argentina kontra Prancis. Argentina yang sempat memimpin terlebih dahulu berhasil disamakan oleh Kylian Mbappe yang mencetak hattrick, skor pun menjadi imbang 3-3.

Argentina yang di babak perempat final juga bermain hingga babak adu penalti tampil lebih percaya diri. Di sisi lain, Prancis kembali kalah di final lewat adu penalti setelah Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni gagal memasukkan bola ke gawang Emiliano Martinez.

 

Dari lima kali adu penalti yang dijalani Prancis di Piala Dunia, mereka tercatat hanya dua kali menjadi pemenang. Terlebih dua kegagalan mereka terjadi di partai paling penting, yakni final Piala Dunia.

Baca Juga: Kylian Mbappe Akhirnya Nongol Usai Prancis Keok dari Argentina

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya