5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPL

Kian tajam bersama Manchester City

Erling Haaland semakin tajam bersama Manchester City dengan mencetak sembilan gol dari lima pertandingan pertamanya di English Premier League. Bahkan, Haaland sudah membukukan dua hattrick.

Jika bisa mempertahankan ketajamannya tersebut hingga akhir musim. Penyerang asal Norwegia tersebut berpotensi memecahkan beberapa rekor impresif di EPL. Berikut deretan rekor yang bisa saja dipecahkan Haaland.

1. Pemain Norwegia dengan gol terbanyak dalam satu musim EPL

5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPLOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Sebelum Haaland, Norwegia telah beberapa kali mengirim bakat terbaiknya untuk bermain di EPL. Salah satunya adalah mantan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Solskjaer total mengemas 91 gol selama bermain di EPL.

Bahkan, pada musim terbaiknya ketika Manchester United menjuarai Liga Inggris 1995/1996, Solsksjaer mampu mencetak 18 gol, sekaligus membuatnya menjadi pemain asal Norwegia dengan gol terbanyak dalam satu musim. 

2. Pemain Manchester City dengan gol terbanyak dalam satu musim EPL

5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPLSergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Manchester City. Ia berhasil membuat setidaknya 20 gol dalam 6 musim berbeda di English Premier League. 

Catatan tertinggi penyerang asal Argentina tersebut terjadi pada musim 2014/2015 ketika Aguero mencetak 26 gol dalam satu musim. Torehan tersebut juga membuatnya meraih gelar top skor musim itu.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Termahal Klub EPL pada Musim Panas 2022

3. Hattrick terbanyak dalam satu musim EPL

5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPLAlan Shearer (premierleague.com)

Alan Shearer tampil tak terhentikan pada musim 1995/1996 bersama Blackburn Rovers. Meski Blackburn hanya menghuni posisi ketujuh di akhir musim, ia mampu mengemas 31 gol untuk menjadi top skor.

Lebih hebatnya lagi, Shearer musim itu mampu menorehkan lima hattrick yang masih menjadi rekor hingga saat ini. Dengan koleksi dua hattrick sejauh ini, mampukah Haaland melewati rekor milik Shearer tersebut?

4. Pemain asing dengan gol terbanyak dalam musim pertamanya di EPL

5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPLFernando Torres (liverpoolfc.com)

Tak ada penyerang asing dengan debut lebih baik di EPL selain Fernando Torres. Datang dari Atletico Madrid pada 2007, Torres langsung beradaptasi dengan pola permainan Liverpool. Ia mampu mengemas 24 gol pada musim debutnya.

Catatan golnya tersebut hanya kalah dari Cristiano Ronaldo yang meraih gelar top skor dengan 31 gol. Raihan Torres juga lebih baik dari Ruud van Nistelrooy yang menjadi top skor di musim debutnya dengan 23 gol pada 2001/2002.

5. Gol terbanyak dalam satu musim EPL

5 Rekor Impresif yang Berpotensi Dipecahkan Erling Haaland di EPLAndy Cole (nufc.co.uk)

Terdapat dua nama yang hingga kini belum tergeser sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim English Premier League. Andy Cole pada 1992/1993 dan Alan Shearer pada 1994/1995 masing-masing mencetak 34 gol. Namun, keduanya meraihnya ketika EPL masih memainkan 42 laga.

Jika mengacu pada format sekarang yang masing-masing tim bermain dalam 38 pertandingan. Maka, nama teratas menjadi milik Mohamed Salah yang mencetak 32 gol pada musim 2017/2018.

Deretan rekor tersebut memang terlihat sulit untuk dipecahkan penyerang manapun. Namun, dengan ketajaman yang diperlihatkan di awal musim ini. Rekor manakah yang akan dipecahkan Haaland nantinya?

Baca Juga: 5 Pelatih Klub Premier League 2022/2023 yang Paling Lama Menjabat

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya