5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen Klopp

Dari Dominic Solanke hingga Ciro Immobile

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Ia berhasil membuktikan kehebatannya setelah menuai berbagai gelar, baik ketika membesut Borussia Dortmund maupun Liverpool. Dengan kegeniusannya, ia mampu membawa keduanya menjadi pesaing juara di liga masing-masing.

Namun, Klopp juga hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Ia juga pernah membeli beberapa pemain yang nyatanya tak memberikan kontribusi berarti bagi timnya. Berikut lima pembelian pemain terburuk yang pernah didatangkan Jurgen Klopp.

1. Dominic Solanke 

5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen KloppDominic Solanke (thisisanfield.com)

Dominic Solanke merupakan salah satu bakat muda terbaik ketika Klopp mendatangkannya dari Chelsea pada tahun 2017. Ia merupakan bagian dari Timnas Inggris yang menjuarai Piala Eropa U-17 dan Piala Dunia U-20. Ia bahkan meraih golden ball pada Piala Dunia U-20.

Namun, ketika datang ke Anfield, ia justru tak mampu menunjukkan kualitasnya. Sebagai seorang striker, ia hanya mampu menyarangkan satu gol dari 27 penampilannya di semua kompetisi. Hal ini membuatnya dilego ke Bournemouth pada 2019. Ia pun kini harus bermain di Divisi Championship setelah timnya terdegradasi pada musim 2019/2020.

2. Marko Grujic

5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen KloppMarko Grujic (thisisanfield.com)

Marko Grujic merupakan pesepak bola asal Serbia yang didatangkan Klopp pada musim panas 2016 dari Red Star Belgrade. Ia digadang-gadang mampu menjadi salah satu gelandang muda terbaik saat itu mengingat ia sudah menjadi pemain inti Red Star di usia yang begitu muda.

Sayangnya, ia gagal menembus skuad utama The Reds dan harus rela dipinjamkan setiap musimnya. Setelah tak mampu memikat hati Liverpool selama masa peminjamannya, ia pun kini resmi dilepas ke Porto.

Baca Juga: Liverpool Punya Kesempatan Rekrut Wonderkid

3. Adrian Ramos

5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen KloppAdrian Ramos (bundesliga.com)

Adrian Ramos tampil gemilang dengan mencetak 16 gol pada musim terakhirnya bersama Hertha Berlin. Berkat performa impresifnya tersebut, Klopp pun tak ragu mendatangkannya ke Borussia Dortmund dan diharapkan menjadi pengganti ideal setelah kepergian Robert Lewandowski.

Namun, selama bermain di Signal Iduna Park, ketajamannya justru jauh menurun. Ia hanya mencetak 2 gol di Bundesliga pada musim perdananya. Setelah rentetan performa buruk tersebut, Dortmund pun kemudian melepasnya pada 2017. Kini ia membela klub Kolombia, America de Cali.

4. Loris Karius

5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen KloppLoris Karius (liverpoolecho.co.uk)

Para pendukung Liverpool pasti tak ada yang bisa melupakan kesalahan Loris Karius pada laga final Liga Champions tahun 2018. Kala itu, dua blunder yang ia lakukan membuat The Reds gagal mengangkat trofi si Kuping Besar.

Sebelumnya, Kiper asal Belgia ini juga beberapa kali membuat kesalahan. Hal itu membuatnya dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas, pada musim berikutnya. Kini, ia kembali dipinjamkan ke Union Berlin oleh Liverpool. Sepertinya akan sangat sulit baginya untuk kembali menjadi kiper utama The Reds.

5. Ciro Immobile

5 Rekrutan Terburuk yang Pernah Didatangkan oleh Jurgen KloppCiro Immobile (goal.com)

Ciro Immobile bisa dibilang menjadi salah satu pembelian terburuk Jurgen Klopp selama karier kepelatihannya. Didatangkan dari Torino pada 2014, Immobile diharapkan mampu tampil tajam mengingat di musim sebelumnya ia sukses menyabet gelar top skor Serie A dengan 22 gol.

Namun, ketajamannya seperti menghilang begitu saja ketika tiba di Signal Iduna Park. Penyerang asal Italia ini hanya mampu mencetak 10 gol dari 33 penampilannya. Kini, Immobile kembali tampil tajam setelah dirinya menerima pinangan Lazio dengan catatan 133 gol dari 188 laga di Serie A. Ia juga jadi sosok penting kala Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

 

Meskipun dikenal sebagai pelatih genius yang bisa membuat timnya menjadi pesaing kuat juara tiap musimnya, nyatanya Klopp juga pernah membuat kesalahan dengan mendatangkan pemain yang akhirnya justru tampil mengecewakan.

Baca Juga: Guru Juergen Klopp Bisa Jadi Solusi MU Ganti Solskjaer

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya