Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh Musim

Arsenal berpotensi jadi juara Liga Inggris

Sebagai kompetisi sepak bola terbaik di dunia, English Premier League (EPL) selalu menyajikan persaingan ketat di tiap musimnya. Bahkan, tak jarang penentuan gelar juara harus diselesaikan hingga pekan terakhir.

Namun, beberapa tim mampu menunjukkan dominasi mereka dengan memuncaki klasemen hingga pertengahan musim. Berikut deretan tim English Premier League yang mampu meraih 50 poin pada paruh musim.

1. Manchester City (55 poin musim 2017/2018)

Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh MusimPep Guardiola (mancity.com)

Usai tak meraih gelar apapun pada musim pertamanya membesut Manchester City, Pep Guardiola melakukan hal yang sangat fenomenal pada musim 2017/2018. The Citizens dibawanya menjadi juara English Premier League dengan koleksi 100 poin yang merupakan rekor hingga saat ini.

Bahkan, di paruh musim mereka sudah mencetak 55 poin yang menjadi rekor poin terbanyak pada pertengahan musim EPL. Selain itu, tim ini juga mencetak berbagai rekor, seperti selisih poin terbanyak (19 poin), kemenangan terbanyak (32 kemenangan), dan total gol yang dicetak (106 gol).

2. Liverpool (55 poin musim 2019/2020)

Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh MusimJuergen Klopp (liverpoolfc.com)

Selain Manchester City, Liverpool juga pernah mencetak 55 poin hingga paruh musim pada 2019/2020. The Reds musim itu memang tampil begitu dominan sekaligus mengakhiri puasa gelar English Premier League mereka selama 30 tahun.

Bahkan, Liverpool sudah mengunci gelar mereka ketika musim masih menyisakan tujuh pertandingan. Klopp juga membawa Liverpool dalam rentetan 44 laga tak terkalahkan yang hanya kalah dari The Invincibles Arsenal.

Baca Juga: Klopp Tak Punya Niat Mundur dari Liverpool

3. Chelsea (52 poin musim 2005/2006)

Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh MusimChelsea (chelseafc.com)

Kedatangan Jose Mourinho membuat Chelsea menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di English Premier League. Pada musim pertamanya, Mourinho mampu mengantar The Blues meraih gelar Liga Inggris. Prestasi tersebut kembali diulangi Mourinho pada musim 2005/2006.

Chelsea mengawali musim dengan baik usai meraih sembilan kemenangan beruntun di awal musim. Chelsea musim itu juga menjadi tim pertama yang mampu memenangi semua 19 partai tandang dalam satu musim. Tak heran jika mereka menjadi juara dengan koleksi 91 poin di akhir musim.

4. Liverpool (51 poin musim 2018/2019)

Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh MusimMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Tak hanya sekali, Liverpool juga mampu menorehkan lebih dari 50 poin di paruh musim pada 2018/2019. Sayang, berbeda dengan musim 2019/2020, kali ini anak asuhan Juergen Klopp tak mampu mengangkat trofi Liga Inggris karena berselisih satu poin dari Manchester City.

Momen krusial terjadi pada laga melawan Manchester City ketika sapuan bola dari John Stones tepat di garis gawang membuat mereka kalah 1-2. Beruntung, Liverpool musim itu masih sanggup membawa pulang trofi Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur di final.

5. Arsenal (50 poin musim 2022/2023)

Daftar Tim English Premier League yang Koleksi 50 Poin di Paruh MusimMikel Arteta (arsenal.com)

Arsenal berada dalam momentum terbaik mereka untuk menjuarai English Premier League usai memecundangi Manchester United dengan skor 3-2, Minggu (22/1/2023). Kemenangan tersebut membuat The Gunners masih memuncaki tabel klasemen dengan keunggulan lima poin dari Manchester City.

Tak hanya menjadi pemuncak klasemen, tiga poin tersebut juga membuat pasukan Mikel Arteta mengoleksi 50 poin dari 19 pertandingan yang telah mereka lakoni. Jika mampu tampil konsisten hingga akhir musim, bukan hal mustahil bagi Arsenal untuk bisa kembali mereajai Liga Inggris.

 

Koleksi 50 poin yang diraih Arsenal tak boleh membuat mereka jemawa mengingat masih ada separuh musim yang harus mereka lakoni. Apakah mereka bisa menjadi juara atau nasib mereka akan seperti Liverpool di musim 2018/2019? Kita lihat saja.

Baca Juga: 4 Klub yang Bisa Mengalahkan Arsenal di Paruh Kedua EPL 2022/2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya