5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa League

Sporting Lisbon buat Emirates Stadium tertunduk

Arsenal harus mengubur mimpi mengangkat trofi UEFA Europa League 2022/2023 setelah takluk dari Sporting Lisbon lewat drama adu penalti di babak 16 besar. Kegagalan ini membuat The Gunners menyisakan English Premier League sebagai satu-satunya trofi yang bisa mereka rengkuh musim ini.

Arsenal memang dikenal tak terlalu perkasa ketika tampil di kancah Eropa, baik di ajang Europa League maupun Liga Champions. Berikut lima tim terakhir yang kandaskan ambisi Arsenal menjuarai Europa League.

1. Atletico Madrid (2017/2018)

5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa LeagueArsenal kalah dari Atletico Madrid pada babak semifinal Europa League 2017/2018. (uefa.com)

Setelah 17 musim secara beruntun selalu tampil di Liga Champions, Arsenal akhirnya turun kasta ke Europa League musim 2017/2018. Langkah mereka sebenarnya cukup bagus hingga berhasil lolos ke babak semifinal.

Namun, Atletico Madrid sepertinya masih terlalu tangguh bagi pasukan Arsene Wenger. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Emirates Stadium. Pada leg kedua, gol tunggal Diego Costa sudah cukup untuk menggagalkan asa Arsenal lolos ke partai puncak.

2. Chelsea (2018/2019)

5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa LeagueArsenal dikalahkan Chelsea pada final Europa League 2018/2019. (uefa.com)

Arsenal akhirnya berhasil tampil ke final Europa League 2018/2019 untuk menciptakan final derbi London melawan Chelsea. Duel yang cukup menarik di atas kertas tersebut nyatanya justru berat sebelah ketika The Blues tekuk The Gunners dengan skor 4-1.

Gol-gol Chelsea dicetak Olivier Giroud, Pedro, serta tambahan dua gol dari Eden Hazard. Arsenal asuhan Unai Emery itu hanya sanggup mencetak satu gol melalui sontekan Alex Iwobi. Ini merupakan kali kedua mereka kalah di final setelah pada musim 1999/2000 mereka ditaklukkan Galatasaray.

Baca Juga: Ada Berkah di Balik Kekalahan Arsenal di Liga Europa, Apa Itu?

3. Olympiacos (2019/2020)

5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa LeagueArsenal kalah dari Olympiacos pada babak 32 besar Europa League 2019/2020. (uefa.com)

Arsenal tampil solid di fase grup Europa League 2019/2020 dengan memuncaki Grup F. Pada babak 32 besar, mereka sudah ditunggu raksasa Yunani, Olympiacos, yang sebelumnya turun kasta dari Liga Champions.

Pada leg pertama yang dihelat di markas Olympiacos, Arsenal mampu mencuri kemenangan lewat gol tunggal Alexandre Lacazette. Namun, Olympiacos sukses membuat seisi Emirates Stadium menangis ketika mereka berhasil menang dengan skor 2-1 untuk lolos ke babak selanjutnya lewat keunggulan gol tandang.

4. Villarreal (2020/2021)

5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa LeagueArsenal kalah dari Villarreal pada babak semifinal Europa League 2020/2021. (uefa.com)

Villarreal menjadi batu sandungan Arsenal dalam kiprah mereka di Europa League 2020/2021. Wakil Spanyol tersebut punya modal bagus setelah berhasil menang dengan skor 2-1 di leg pertama laga semifinal yang dihelat di Estadio de la Ceramica.

Arsenal yang butuh kemenangan terus mencecar pertahanan The Yellow Submarine pada leg kedua. Namun, tak satu pun gol tercipta hingga pertandingan berakhir sehingga Arsenal gagal bertemu Manchester United di partai puncak.

5. Sporting Lisbon (2022/2023)

5 Tim Terakhir yang Singkirkan Arsenal dari Pentas Europa LeagueArsenal kalah dari Sporting Lisbon pada babak 16 besar Europa League 2022/2023. (uefa.com)

Arsenal yang tengah memuncaki English Premier League menurunkan sebagian pemain lapis kedua menghadapi Sporting Lisbon di leg kedua babak 16 besar Europa League 2022/2023. Bukayo Saka, Martin Odegaard, hingga Thomas Partey tak dimainkan oleh Mikel Arteta.

Keputusan tersebut berbuah petaka karena Sporting mampu menahan imbang Arsenal 1-1 hingga 120 menit laga berjalan. Pada babak adu penalti, kegagalan Gabriel Martinelli dan eksekusi Nuno Santos yang menjebol gawang Aaron Ramsdale membuat The Gunners tersingkir dari Europa League.

Arsenal kembali gagal meraih gelar juara Europa League setelah langkah mereka dikandaskan Sporting Lisbon. Kini, titel English Premier League menjadi satu-satunya harapan gelar mereka musim kompetisi 2022/2023 ini.

Baca Juga: 3 Catatan Unik Gugurnya Arsenal dari Europa League 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya