5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

Dua di antaranya masih aktif bermain

Sering kita lihat bagaimana sebuah tim sepak bola mengadakan sesi latihan khusus untuk situasi tendangan penalti. Hal tersebut menandakan bahwa penalti memang bukan sekadar tebak-tebakan. Dan latihan tersebut jelas bukan hanya untuk penendang, melainkan juga refleks para kiper.

Premier League sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia, menjadi saksi bagi para penjaga gawang yang lihai dalam situasi ini. Sejak musim pertama pada 1992/1993 hingga kini, ada lima kiper yang memiliki catatan jumlah penyelamatan penalti terbanyak. Siapa saja?

1. Heurelho Gomes (11 kali)

5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier LeagueHeurelho Gomes (twitter.com/premierleague)

Pemain asal Brasil ini menjadi kiper paling jago penalti di Premier League dengan catatan 11 kali penyelamatan. Itu dibuatnya untuk dua klub, yaitu Tottenham Hotspur sebanyak 6 kali dan Watford sebanyak 5 kali. Total, Gomes yang kini bermain bersama Democrata, sebuah klub di negaranya, menghadapi 35 tendangan penalti selama karirnya di Premier League.

Kiper setinggi 1,9 meter ini sendiri bermain sebanyak 195 kali di Premier League. Ia bergabung dengan Spurs dari PSV Eindhoven pada musim 2008/2009. Pada musim 2013/2014, Gomes dipinjamkan ke Hoffenheim sebelum kemudian dilepas gratis ke Watford semusim berikutnya dan menetap di sana hingga akhir musim 2019/2020 lalu.

2. Simon Mignolet (10 kali)

5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier LeagueSimon Mignolet (twitter.com/premierleague)

Simon Mignolet menyelamatkan 10 dari 28 penalti yang ia hadapi selama berkarir di Premier League. Secara persentase (35,7%), ini merupakan yang tertinggi di antara nama lainnya. Jumlah itu ia buat tiga untuk Sunderland dan tujuh bagi Liverpool.

Bersama Sunderland di Premier League, kiper asal Belgia ini bermain sebanyak 90 kali sejak 2010 hingga 2013. Setelah itu, ia bermain untuk Liverpool hingga 2019 dan menorehkan 155 penampilan tambahan. Kini, kiper dengan tinggi 1,93 meter ini bermain di negaranya bersama Club Brugge.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Barcelona dari Liga Inggris sebelum Ferran Torres

3. Lukasz Fabianski (10 kali)

5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier LeagueLukasz Fabianski (twitter.com/premierleague)

Fabianski yang kini telah berusia 36 tahun menjadi salah satu kiper veteran yang masih aktif bermain dan menjadi pilihan utama di Premier League. Kiper asal Polandia ini kini membela West Ham setelah sebelumnya merumput bersama Swansea City dan Arsenal. Datang ke Inggris sejak 2007, Fabianski kini telah mengoleksi 298 penampilan di Premier League.

Dari segi adu 12 pas, dari 37 yang dihadapi, ia keluar sebagai pemenang sebanyak 10 kali. Masing-masing dibuat sebanyak lima kali untuk West Ham dan Swansea. Dalam semusim, ia pernah tiga kali menyelamakan penalti, yaitu di 2017/2018.

4. Ben Foster (10 kali)

5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier LeagueBen Foster (twitter.com/BenFoster)

Ben Foster menjadi satu nama lain yang kini masih aktif bermain di Premier League dan jauh lebih veteran dibanding Fabianski. Sejak 2006 hingga kini, kiper asal Inggris ini telah mencatatkan 372 penampilan untuk empat klub, Watford, Birmingham City, Manchester United, dan West Bromwich Albion.

Kiper yang kini berusia 38 tahun tersebut juga telah menyelamatkan 10 tendangan penalti dari 53 kesempatan. Salah satunya dibuat di musim ini kala berhadapan dengan Arsenal pada 7 November 2021 lalu. Dalam salah satu unggahannya di instagram, Foster mengatakan bahwa ia bahkan mempelajari 37 penalti terakhir Aubameyang yang menjadi eksekutor kala itu.

5. Shay Given (10 kali)

5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier LeagueShay Given (twitter.com/premierleague)

Nama terakhir diisi oleh salah satu kiper legendaris yang pernah ada di Premier League, Shay Given, juga dengan 10 kali penyelamatan. Persentase penyelamatannya merupakan yang terendah (15,6%) karena dibuat dari 64 tendangan yang dihadapi. Namun, hal tersebut wajar karena ia menjadi yang mencatatkan penampilan terbanyak dibanding yang lainnya, yakni dengan 451 pertandingan.

Jumlah 10 penyelamatan tersebut dibuat untuk Newcastle United, Manchester City, Aston Villa, dan Stoke City. Mantan kiper asal Republik Irlandia ini sendiri berkiprah di Liga Inggris sejak 1994 hingga 2017. Blackburn Rovers menjadi satu klub lain yang pernah ia bela.

Itu tadi lima kiper dengan jumlah penyelamatan penalti terbanyak di Premier League. Dengan status yang masih aktif bermain, menarik untuk menunggu apakah Foster dan Fabianski mampu mengambil alih posisi Gomes.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya