Comscore Tracker

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Ini

Mungkinkah sejalan dengan prestasi mereka? #IDNTimesSport

Bursa transfer musim panas 2021/2022 di liga-liga sepak bola top Eropa telah resmi ditutup. Satu hal yang menarik untuk disoroti adalah efek pandemi yang tampaknya tidak lagi memaksa klub untuk berhemat. Pasalnya, beberapa tim nyatanya tetap mampu mengucurkan dana besar untuk mendatangkan para punggawa baru.

Dihimpun dari transfermarkt, terdapat enam klub yang tercatat sebagai klub paling boros di bursa transfer musim panas kali ini. Beberapa nama klub bahkan cukup mengejutkan karena termasuk dalam daftar ini.

Klub apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

1. Arsenal

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Inipotret Ben White (arsenal.com)

Dengan total pengeluaran sekitar Rp2,8 triliun, Arsenal resmi menjadi klub terboros di bursa transfer kali ini. The Gunners yang biasanya terkenal hemat, kini melangkahi klub-klub kaya raya semacam Paris Saint-Germain atau Real Madrid.

Jumlah dana tersebut dihabiskan Arsenal untuk mendatangkan enam pemain baru. Mereka adalah Ben White (Rp1,1 triliun), Martin Odegaard (Rp608 miliar), Aaron Ramsdale (Rp486 miliar), Takehiro Tomiyasu (Rp323 miliar), Albert Sambi Lokonga (Rp304 miliar), dan Nuno Tavares (Rp139 miliar).

Di bawah pelatih Mikel Arteta, Arsenal kini memang tengah memulai proyek jangka panjang. Hal tersebut terbukti dari pemain tertua yang mereka beli barulah berusia 23 tahun, yaitu Ben White.

2. Manchester United

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Inipotret Jadon Sancho (theathletic.com)

MU menjadi tim terboros selanjutnya setelah Arsenal. Total pengeluaran mereka adalah sebesar Rp2,4 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mendatangkan tiga pemain.

Rekrutan yang pertama,adalah target utama mereka sejak musim lalu, Jadon Sancho yang dibeli Rp1,48 triliun. Kedua adalah Raphael Varane sebesar Rp695 miliar. Dan terakhir, bintang lama mereka, Cristiano Ronaldo sebesar Rp260 miliar.

Sebetulnya, terdapat satu pembelian lain, yaitu Tom Heaton. Namun kiper tersebut digaet secara gratis. Pergerakan bisnis ini membuat MU dianggap sebagai salah satu kandidat juara terkuat, baik di Liga Inggris maupun Liga Champions.

3. Manchester City

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Inipotret Jack Grealish (supersport.com)

Hadirnya Manchester City dalam daftar ini bukanlah sebuah hal yang aneh. Seperti kita tahu, setiap musimnya City memang rutin jor-joran mengeluarkan uang demi mendatangkan pemain. Di bursa transfer kali ini, mereka total mengeluarkan dana sebesar Rp2,2 triliun.

Uang tersebut digunakan untuk membeli dua pemain saja. Pembelian pertama adalah Jack Grealish sebesar Rp2,1 triliun. Sedangkan pembelian kedua adalah Kayky, wonderkid asal Brasil berusia 18 tahun yang dibeli dari Fluminise sebesar Rp173 miliar.

City mungkin bisa saja menjadi klub terboros andai mereka berhasil mendatangkan Harry Kane yang kabarnya dipatok dengan mahar mencapai Rp2,85 triliun. Namun, kapten tim nasional Inggris tersebut pada akhirnya memilih untuk bertahan di Tottenham Hotspurs.

Baca Juga: 5 Pembelian Panik pada Deadline Transfer Terburuk dalam Sejarah

4. Chelsea

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Inipotret Romelu Lukaku (standard.co.uk)

Seperti halnya City, keberadaan Chelsea dalam daftar ini juga bukanlah suatu hal yang mengejutkan. Hal tersebut tidak terlepas dari royalnya pemilik mereka, Roman Abramovich. Di bursa transfer ini sendiri, The Blues total mengeluarkan dana sebesar Rp2,85 triliun.

Menariknya, hampir seluruh uang tersebut dihabiskan untuk mendatangkan satu pemain saja, yaitu Romelu Lukaku yang dibeli dari Inter dengan harga Rp2 triliun. Sisanya, yaitu Rp850 miliar, mereka gunakan untuk meminjam Saul Niguez dari Atletico Madrid.

5. RB Leipzig

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas IniPotret Andre Silva (sportslumo.com)

Di bursa transfer kali ini, Leipzig mendapat pemasukan sebesar Rp1,94 triliun dari hasil penjualan lima pemain plus satu pinjaman. Secara cerdik, manajemen klub ini kemudian menggunakan dana tersebut untuk membeli tujuh pemain baru dengan total dana Rp1,87 triliun.

Para rekrutan anyar ini antara lain adalah Andre Silva (Rp399 miliar), Josko Gvardiol (Rp326 miliar), Angelino (Rp312 miliar), Ilaix Moriba (Rp278 miliar), Mohamed Simakan (Rp260 miliar), Benjamin Henrichs (Rp260 miliar), dan Caden Clark (Rp31 miliar).

Dari nama-nama di atas, bisa dibilang hanya Andre Silva dan Angelino yang merupakan pemain terkenal. Sisanya merupakan pemain-pemain muda bertalenta. Leipzig memang terkenal sebagai klub yang hebat yang rutin mengorbitkan pemain bintang.

6. Aston Villa

6 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas Inipotret Emiliano Buendia (avfc.co.uk)

Klub terakhir dalam daftar ini mungkin sedikit mengejutkan. Ya, siapa sangka, Aston Villa yang notabene merupakan klub semenjana di Liga Inggris bisa menjadi salah satu tim terboros di bursa transfer kali ini. Total mereka menghabiskan dana mencapai Rp1,83 triliun.

Jumlah tersebut digunakan Villa untuk membeli tiga pemain. Mereka adalah Emiliano Buendia (Rp667 miliar), Danny Ings (Rp611 miliar), dan Leon Bailey (Rp556 miliar).

Anggaran besar yang dimiliki Aston Villa tidak terlepas dari keputusan mereka untuk menjual kapten sekaligus pemain bintangnya, Jack Grealish, ke Manchester City senilai Rp2,1 triliun. Tiga pemain yang dibeli pun diharapkan bisa menambal kekosongan yang ditinggalkan Grealish.

Itu tadi enam klub paling boros di bursa transfer musim panas kali ini. Lima dari keenam klub terboros ini berasal dari Premier League. Bahkan, tim sekelas Arsenal dan Aston Villa mampu menjadi tim terboros di bursa transfer meskipun kadang tak berbanding lurus dengan prestasi mereka. Apakah Liga Inggris sudah menjelma menjadi Super League itu sendiiri?

Baca Juga: 5 Klien Jorge Mendes Bernilai Transfer Tertinggi Saat Ini, Siapa Saja?

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya