6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga Champions

Bayern Munchen berhasil mendominasi

Bundesliga yang menjadi liga kasta tertinggi di Jerman merupakan salah satu kompetisi terbaik di Eropa. Bayern Munchen mungkin dikenal sebagai wakil terbaik karena torehan prestasinya di Liga Champions. Namun, sejatinya, mereka bukan satu-satunya tim Jerman yang pernah masuk ke final dan menjuarai kompetisi ini.

Setidaknya, ada lima tim lain yang pernah menginjakkan kaki di partai puncak. Beberapa sukses mengakhirinya dengan gelar juara, beberapa lain tidak. Siapa saja mereka?

1. Eintracht Frankfurt

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsEintracht Frankfurt vs Real Madrid (twitter.com/Eintracht)

Eintracht Frankfurt menjadi tim Bundesliga pertama yang berhasil menginjakkan kaki di partai final Liga Champions. Itu terjadi pada musim 1959/1960 yang merupakan edisi kelima penyelenggaraan. Sayang, Frankfurt harus takluk dari Real Madrid dengan skor 7-3.

Frankfurt sebetulnya sempat unggul 1-0 terlebih dahulu. Namun, Madrid bisa balik memimpin dengan 6-1 sebelum akhirnya menang dengan skor telak tersebut. Pertandingan sendiri digelar di Hampden Park, Skotlandia, dengan jumlah penonton mencapai 127.621 orang.

2. Bayern Munchen

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsBayern Munchen (twitter.com/ChampionsLeague)

Bayern Munchen total berhasil mengoleksi enam gelar Liga Champions. Itu mereka raih pada 1974, 1975, 1976, 2001, 2013, dan 2020. Gelar pada 2013 terbilang cukup spesial karena berhasil mereka raih dengan mengalahkan sesama tim Bundesliga, yaitu Borussia Dortmund.

Ada lima penampilan lain di partai final yang mereka catatkan. Sayangnya, itu berakhir dengan kekalahan. Itu terjadi pada 1982 (Aston Villa 1-0), 1987 (FC Porto 2-1), 1999 (Manchester United 2-1), 2010 (Inter Milan 2-0), dan 2012 (Chelsea 4-3, adu penalti).

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

3. Borussia Monchengladbach

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsBorussia Monchengladbach vs Liverpool (twitter.com/borussia)

Borussia Monchengladbach pernah satu kali bermain di partai final, yaitu pada 1977. Namun, mereka harus menerima kekalahan dari Liverpool dengan skor 3-1. Pertandingan sendiri saat itu berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Italia dengan disaksikan oleh sekitar 52.078 orang penonton.

Terry Mcdermott membawa Liverpool unggul pada menit 28. Allan Simonsen sempat menyamakan kedudukan pada menit 51. Namun, Tommy Smith (65') dan Phil Neal (83') akhirnya membawa Liverpool meraih gelar Liga Champions pertama mereka sepanjang sejarah.

4. Hamburger SV

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsHamburger SV (twitter.com/HSV_English)

Hamburger SV, tim yang kini bermain di Bundesliga 2, pernah dua kali merasakan partai final Liga Champions. Pertama terjadi pada 1980. Sayang, mereka harus kalah dari Nottingham Forest dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Spanyol.

Kemudian pada 1983, mereka kembali berhasil mencapai partai puncak. Kali ini, kesempatan tidak disia-siakan karena berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 1-0. Pertandingan sendiri berlangsung di Olympic Athletic Center of Athens "Spyros Louis", Yunani.

5. Borussia Dortmund

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsBorussia Dortmund (twitter.com/ChampionsLeague)

Nasib Borussia Dortmund sama seperti Hamburger SV. Mereka berhasil dua kali bermain di partai final dan hanya berhasil menang satu di antaranya. Itu terjadi pada 1997 kala mereka mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Olympiastadion, Jerman.

Seperti sempat disinggung di atas, kekalahan mereka terima dari rival di Bundesliga, Bayern Munchen, pada final edisi 2013. Dortmund takluk dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, Inggris.

6. Bayer Leverkusen

6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga ChampionsBayer Leverkusen (twitter.com/ChampionsLeague)

Bayer Leverkusen menjadi satu tim Bundesliga terakhir yang pernah bermain di partai final Liga Champions. Itu terjadi pada 2001. Namun sayang, mereka harus menerima kekalahan dari Real Madrid dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Hampden Park, Skotlandia.

Raul Gonzalez membuka keunggulan Madrid pada menit 8. Lucio sempat bisa menyamakannya untuk Leverkusen pada menit 13. Namun, tendangan voli indah Zinedine Zidane pada menit 45 akhirnya mengubur mimpi Leverkusen.

 

Liga Champions musim ini telah mencapai babak semifinal. Bayern Munchen yang menjadi langganan secara mengejutkan disingkirkan oleh Villarreal.

Prestasi justru dicatatkan oleh Eintracht Frankfurt yang berhasil menembus semifinal Liga Eropa dengan mengalahkan Barcelona. Menarik untuk melihat bagaimana kiprah tim Bundesliga pada musim depan.

Baca Juga: 7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga Champions

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya