7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga Champions

Ada klub jagoanmu?

Empat klub semifinalis Liga Champions 2021/2022 telah didapatkan. Mereka adalah Real Madrid, Villarreal, Manchester City, dan Liverpool. Setiap tim telah menyingkirkan lawannya masing-masing pada babak perempat final sehingga berhak melangkah ke empat besar.

Meski belum jadi juara, keberhasilan mencapai semifinal Liga Champions tentunya adalah pencapaian yang membanggakan. Real Madrid dan Liverpool bahkan termasuk klub yang paling sering berlaga di semifinal Liga Champions. Siapa lagi selain mereka? Ini dia ulasannya.

1. Real Madrid (31 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga ChampionsReal Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions 2021/2022 setelah menyingkirkan Chelsea. (skysports.com)

Sebagai klub tersukses sepanjang sejarah Liga Champions, tak heran jika Real Madrid juga merupakan tim yang paling sering mencapai semifinal ajang ini. Sepanjang sejarah, Los Blancos pernah 31 kali melangkah ke babak semifinal. I

tu termasuk kelolosan mereka ke semifinal musim 2021/2022 ini. Dari 30 penampilan mereka di semifinal sebelum musim ini, Real Madrid sukses melangkah ke final 16 kali.

Sebanyak 13 final berhasil mereka menangi, dan hanya 3 final yang berujung kegagalan jadi juara. Artinya, statistik menunjukkan bahwa Real Madrid punya kans besar jadi juara jika bisa lolos ke final.

2. Bayern Munchen (20 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga Championspotret para pemain Bayern Munchen (skysports.com)

Urutan kedua ternyata ditempati Bayern Munchen. Sang raksasa Bundesliga Jerman pernah 20 kali berlaga di semifinal Liga Champions. Mereka sebenarnya dijagokan untuk mencapai semifinal lagi pada musim ini.

Namun, Die Roten secara mengejutkan tergusur oleh Villarreal yang tidak diunggulkan. Kegagalan Bayern musim ini pun mengulang hasil musim 2020/2021 lalu, di mana mereka juga tersingkir di perempat final.

Itu merupakan kali pertama Bayern gagal mencapai semifinal Liga Champions dalam dua musim beruntun sejak 2009. Namun, Bayern masih tetap merupakan salah satu klub tersukses di ajang ini dengan enam trofi.

Baca Juga: Inggris dan Spanyol Kuasai Semifinal Liga Champions 2021/22

3. Barcelona (17 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga ChampionsTerakhir kali Barcelona tampil di semifinal Liga Champions adalah musim 2018/2019. (skysports.com)

Berikutnya ada Barcelona, rival abadi Real Madrid yang pernah 17 kali berlaga di semifinal Liga Champions. Barcelona pernah dominan di ajang ini ketika dilatih Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Namun, prestasi Barca belakangan menurun dan hanya sekali menembus semifinal Liga Champions dalam tujuh musim terakhir. Musim 2021/2022 ini bahkan Barcelona harus rela turun kasta ke Europa League karena tidak mampu melewati fase grup Liga Champions.

Beruntung, Barca kini mulai menunjukkan indikasi kebangkitan bersama pelatih Xavi Hernandez. Bisakah mereka unjuk gigi di Liga Champions musim depan?

4. AC Milan (13 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga ChampionsAC Milan menjuarai Liga Champions 2006/2007. (acmilan.com)

AC Milan adalah klub tersukses kedua sepanjang sejarah Liga Champions dengan 7 trofi. Uniknya, Milan hanya pernah 13 kali tampil di semifinal Liga Champions. Artinya, tingkat keberhasilan mereka jadi juara setelah mencapai babak empat besar adalah lebih dari 50 persen.

Sayangnya, Milan sudah sangat lama mengalami penurunan performa di Eropa. Terakhir kali Rossoneri merebut trofi Liga Champions adalah musim 2006/2007 alias 15 tahun lalu. Sejak itu, Milan beberapa kali tampil di Liga Champions, tetapi pencapaian terbaik mereka hanya sampai perempat final musim 2011/2012.

5. Liverpool (12 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga ChampionsLiverpool mencapai semifinal Liga Champions 2021/2022 setelah menyingkirkan Benfica. (skysports.com)

Sementara Liverpool pernah 12 kali mencapai semifinal Liga Champions sepanjang sejarah mereka. Itu termasuk keberhasilan pada musim 2021/2022. Dalam 11 penampilan di semifinal sebelumnya, The Reds hanya pernah dua kali gagal mencapai final, yaitu pada musim 1964/1965 dan 2007/2008.

Artinya, statistik menunjukkan bahwa Liverpool punya peluang besar melaju ke final setelah mencapai semifinal. Musim ini pun kemungkinan besar mereka bisa melakukannya lagi.

Apalagi, Liverpool "hanya" akan berhadapan dengan Villarreal di semifinal. Asal tak meremehkan lawan, harusnya The Reds bisa lolos dan berlaga di partai puncak nanti.

6. Juventus (12 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga Championspartai Juventus melawan AS Monaco di semifinal Liga Champions 2016/2017 (skysports.com)

Selain Liverpool, ada dua klub lain yang pernah 12 kali mencapai semifinal Liga Champions. Juventus adalah salah satunya. Si Nyonya Tua juga punya rekor apik dalam 12 laga semifinal tersebut, karena berhasil memenangi 9 di antaranya.

Sayangnya, Juve justru punya rekor buruk setelah mencapai final Liga Champions. Hanya 2 final yang pernah mereka menangi, sedangkan 7 sisanya berakhir dengan status runner-up. Keberhasilan terakhir Juve jadi juara pun sudah sangat lama, yaitu pada musim 1995/1996 alias 26 tahun lalu.

7. Manchester United (12 kali)

7 Klub yang Paling Sering Mencapai Semifinal Liga ChampionsTerakhir kali Manchester United tampil di semifinal Liga Champions adalah musim 2010/2011. (skysports.com)

Satu klub lagi yang pernah 12 kali berlaga di semifinal Liga Champions adalah Manchester United. Setan Merah punya rekor sama dengan Liverpool yang merupakan rival abadi mereka. Namun, soal trofi, United masih tertinggal karena baru punya setengah raihan Liverpool.

Manchester United juga sudah cukup lama tak bisa unjuk gigi di Liga Champions. Mereka sudah tak pernah lagi mencapai babak empat besar sejak ditinggal pelatih Sir Alex Ferguson.

Musim 2022/2023 mendatang, United dipastikan akan kembali ditangani pelatih baru. Bisakah sang pelatih anyar membuat United bertaji lagi di Eropa?

 

Manchester City dan Villarreal tak termasuk dalam daftar di atas, karena kedua klub tersebut memang masih minim penampilan di semifinal Liga Champions. Namun, keduanya tentu punya peluang untuk mengejutkan Real Madrid serta Liverpool yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: 5 Penampilan Villarreal di Semifinal Kompetisi Eropa, Pernah ke Final!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya