8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023

Erling Haaland memimpin

Kalender 2023 resmi memasuki Maret. Kompetisi-kompetisi sepak bola di Eropa telah berjalan selama 6 bulan. Mayoritas memang dimulai pada Agustus tahun lalu. Itu pun sempat terjeda akibat Piala Dunia 2022 Qatar.

Setengah tahun bergulir, terdapat delapan pemain yang berhasil masuk ke dalam daftar elite. Pasalnya, hanya mereka yang sejauh ini bisa mengemas minimal 20 gol. Sebagai catatan, torehan tersebut dibuat bukan hanya di liga domestik, tetapi di seluruh kompetisi yang diikuti.

1. Erling Haaland (33)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Erling Haaland (twitter.com/erlinghaaland)

Penggawa anyar Manchester City, Erling Haaland, menjadi pemain paling produktif dengan catatan 33 gol. Rinciannya, bomber asal Norwegia berusia 22 tahun tersebut sudah mengemas 27 gol di English Premier League (EPL), 5 di Liga Champions Eropa, dan 1 di Piala Carabao.

Khusus di Premier League, jumlah di atas membuat Haaland menjadi pencetak gol Manchester City terbanyak dalam semusim. Ia melewati Sergio Aguero yang mengoleksi 26 gol pada 2014/2015.

Pemain yang dibeli dari Borussia Dortmund itu juga hanya terpaut lima gol untuk memecahkan rekor Mohamed Salah. Pemain Liverpool itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim di Premier League (2017/2018).

2. Kylian Mbappe (29)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Kylian Mbappe (twitter.com/psg_inside)

Di bawah Haaland, ada Kylian Mbappe yang sudah mengoleksi 29 gol. Pemain berusia 24 tahun itu mencetak 17 gol di Ligue 1 Prancis yang sekaligus membuatnya bertengger sebagai top skor sementara, 7 di Liga Champions, dan 5 di Coupe de France.

Jumlah di atas membuat Mbappe sahih sebagai sumber gol utama Paris Saint-Germain musim ini, unggul jauh dari Neymar (18) dan Lionel Messi (17). Selain itu, tambahan satu gol akan membuatnya sukses melanjutkan rekor mencetak minimal 30 gol yang sudah dilakukan dalam 4 musim terakhir.

3. Robert Lewandowski (25)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Robert Lewandowski (twitter.com/fcbarcelona)

Selain Haaland, Robert Lewandowski menjadi satu pemain lain dalam daftar ini yang baru bergabung dengan klub baru. Sejauh ini, penyerang asal Polandia tersebut sudah mencetak 25 gol untuk Barcelona.

Pemain berusia 34 tahun tersebut selalu sukses mencetak gol di tiap kompetisi yang diikutinya. Ia mencetak 15 gol di LaLiga Spanyol, 5 di Liga Champions, 1 di Liga Europa, 2 di Copa del Rey, dan 2 di Piala Super Spanyol.

4. Marcus Rashford (25)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Marcus Rashford (twitter.com/marcusrashford)

Seperti Lewandowski, Marcus Rashford juga telah mencetak 25 gol musim ini. Rinciannya, 14 gol di Premier League, 4 di Liga Europa, 1 di Piala FA, dan 6 di Piala Carabao. Bagi pemain berusia 25 tahun tersebut, ini adalah musim paling produktif sepanjang kariernya.

Seperti diketahui, di Piala Carabao, Manchester United keluar sebagai juara setelah mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0. Rashford ikut mencetak satu gol di laga final setelah sempat dinyatakan sebagai bunuh diri Sven Bootman.

Baca Juga: Erling Haaland Buat Rekor Lagi, Kayak Robot

5. Victor Osimhen (21)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Victor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Victor Osimhen merupakan top skor sementara Serie A Italia dengan 19 gol. Catatan tersebut menjadi salah satu kunci Napoli kokoh sebagai pemuncak klasemen dengan 65 poin, unggul hingga 18 angka dari dua tim yang ada di bawahnya, Inter Milan dan AC Milan.

Penyerang asal Nigeria berusia 24 tahun tersebut juga memiliki tambahan dua gol di Liga Champions. Di kompetisi ini, Napoli pun masih aktif tampil setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-0 pada leg pertama babak 16 besar.

6. Mehdi Taremi (21)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Mehdi Taremi (twitter.com/fcporto)

Dari sepak bola Portugal, terdapat nama Mehdi Taremi yang sudah mencetak 21 gol untuk FC Porto. Pemain asal Iran berusia 30 tahun itu membuat 12 gol di Liga Portugal, 5 di Liga Champions, 2 di Piala Liga, dan 2 di Piala Super Portugal.

Taremi datang ke Portugal pada 2019 dari klub Qatar, Al Gharafa. Ia bergabung terlebih dahulu dengan Rio Ave. Semusim kemudian, barulah dirinya bermain untuk Porto.

Sebagai catatan, sejak kedatangannya di Portugal tersebut, Taremi tidak pernah mencetak gol kurang dari 20. Rekor terbaiknya ditorehkan pada musim lalu ketika mencapai 26 gol. Jumlah tersebut jelas berpeluang terlampaui mengingat musim ini yang masih cukup panjang.

7. Harry Kane (20)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Harry Kane (twitter.com/spursofficial)

Harry Kane genap mengemas 20 gol setelah membobol gawang Chelsea pada akhir pekan lalu, yang membuat Tottenham Hotspur menang dengan skor 2-0. Kapten Timnas Inggris tersebut mencetak 18 gol di Premier League serta masing-masing 1 di Liga Champions dan Piala FA.

Konsisten menjadi kata yang paling tepat untuk menggambarkan pemain yang kini berusia 29 tahun ini. Pasalnya, lulusan akademi Spurs ini selalu berhasil mencetak minimal 20 gol dalam 9 musim terakhir.

8. Wissam Ben Yedder (20)

8 Pemain Liga Top Eropa yang Capai 20 Gol hingga Februari 2023Wissam Ben Yedder (twitter.com/wissbenyedder)

Wissam Ben Yedder menjadi nama terakhir yang masuk ke dalam daftar ini dengan jumlah yang sama seperti Kane. Kapten AS Monaco itu mencetak 14 gol di Ligue 1, 4 di Liga Europa, 1 di Coupe de France, dan 1 di Kualifikasi Liga Champions.

Jumlah di atas membuat Ben Yedder yang kini berusia 32 tahun menjadi lumbung gol tersubur AS Monaco musim ini. Ia unggul dari penyerang yang lebih muda, Breel Embolo (26 tahun), yang mengemas 14 gol.

Dengan kualitas sepak bola Eropa yang begitu tinggi, capaian 20 gol jelas bukanlah hal yang mudah. Menarik melihat berapa koleksi total kedelapan pemain tersebut pada akhir musim nanti.

Baca Juga: Sindiran Tersirat Mbappe ke Neymar Jadi Buah Bibir

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya