6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier League

Mereka membela dua tim terbaik Premier League

Arsenal dan Liverpool merupakan dua klub besar di Premier League. Tidak heran jika banyak pemain bintang yang bersedia membela dua klub ini. Menariknya, beberapa pemain bahkan pernah membela kedua klub yang notabene terbilang rival ini.

Di era Premier League sejak 1992, terdapat enam pemain yang pernah membela Arsenal dan Liverpool. Siapa saja? Berikut nama-namanya.

1. Alex Oxlade-Chamberlain

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguethisisanfield.com

Chamberlain bergabung dengan Arsenal dari Southampton saat masih berusia 17 tahun pada Agustus 2011. Bersama The Gunners, winger ekplosif ini bermain selama enam musim dengan catatan 198 penampilan, 20 gol, dan 32 assist. Ia juga berhasil meraih 3 Piala FA dan 3 piala Community Shield.

Pada awal musim 2017/2018, Chambo memutuskan hengkang ke Liverpool. Torehan gelarnya semakin bertambah dengan 1 piala Premier League dan 1 Liga Champions. Hingga kini Ia telah bermain sebanyak 104 pertandingan dan mencetak 14 gol serta 11 assist bagi The Reds.

2. Kolo Toure

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguescotsman.com

Pemain asal Pantai Gading ini bergabung dengan Arsenal dari klub asal tanah kelahirannya, ASEC Mimosas, pada Februari 2002. Bersama Arsenal, Toure bermain hingga tahun 2009 sebelum kemudian pindah ke Manchester City. Selama itu, Ia mencatatkan 327 penampilan dan mengoleksi 1 gelar Premier League, 2 Piala FA, dan 2 piala Community Shield.

Pada Juli 2013, saat telah berusia 32 tahun, Toure bergabung dengan Liverpool. Di sana Ia hanya tampil dalam 71 pertandingan selama 3 musim sebelum kemudian pindah ke Glasgow Celtic dan memutuskan pensiun pada Agustus 2017.

3. Nicolas Anelka

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguebleacherreport.com

Kalau kalian lupa bahwa Anelka pernah bermain untuk Liverpool, hal tersebut wajar karena Ia hanya membela The Reds dalam tempo yang singkat yaitu setengah musim. Anelka dipinjam Liverpool dari Paris Saint-Germain pada paruh kedua musim 2001/2002. Ia pun hanya mencatatkan 22 penampilan dan mencetak 5 gol serta 2 assist.

Sementara untuk Arsenal, striker Prancis ini bermain sejak 1997 hingga 1999. Ia mengoleksi 26 gol dan 11 assist dari total 82 pertandingan. Anelka merupakan pemain penting Arsenal ketika berhasil meraih double winners pada musim 1998/1999.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Liverpool yang Masih Bermain di Premier League

4. Yossi Benayoun

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguegoal.com

Ada yang masih ingat dengan pemain ini? Pemain asal Israel ini memang terbilang cukup malang melintang di Premier League dengan membela West Ham, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Untuk Liverpool sendiri, Benayoun bermain selama tiga musim sejak 2007 hingga 2010 dengan koleksi 134 penampilan, 29 gol, dan 19 assist.

Sementara itu, bersama Arsenal ia bergabung sebagai pemain pinjaman dari Chelsea pada 2011. Di Emirates, pemain tengah ini mencatatkan 25 penampilan dengan koleksi 6 gol serta 3 assist.

5. Jermaine Pennant

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguemirror.co.uk

Pennant telah bergabung dengan Arsenal saat masih berusia 15 tahun pada 1999. Ia bertahan di London hingga tahun 2005, namun waktunya banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman. Akibatnya, Pennant hanya mencatatkan 26 penampilan dan mencetak 3 gol serta 3 assist.

Pada awal musim 2006, Liverpool membeli Penannt dari Birmingham. Ia sempat bermain selama dua setengah musim dengan catatan 81 penampilan dan 3 gol serta 18 assist. Pada Januari 2009, Ia dipinjamkan ke Portsmouth dan ketika kembali di akhir musim, kemudian dijual secara gratis ke Real Zaragoza.

6. Alex Manninger

6 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Liverpool Era Premier Leaguethesun.co.uk

Kiper asal Australia ini bergabung dengan Arsenal pada tahun 1997 saat masih berusia 20 tahun. Selama 4 musim, Manninger hanya bermain sebanyak 56 pertandingan. Namun, di musim terakhirnya, Ia menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Fiorentina. 

Manninger baru bergabung dengan Liverpool pada tahun 2016 ketika Ia sudah berusia 39 tahun. Saat itu ia direkrut sebagai kiper keempat. Di musim berikutnya, kiper ini memutuskan pensiun tanpa mencatatkan satu penampilan pun bagi Liverpool.

 

Itu tadi enam pemain yang pernah membela Arsenal dan Liverpool di era Premier League. Akankah ada pemain yang menambah daftar ini selanjutnya? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Pernah Membela Arsenal dalam Sedekade Terakhir

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya