6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier League

Leicester City jadi tim yang meraih kemenangan terbesar

Akhir pekan kemarin, Premier League baru saja menuntaskan pertandingan ke-16 di musim 2021/2022 ini. Satu laga antara Tottenham Hotspur kontra Brighton & Hove Albion memang harus terpaksa ditunda karena merebaknya kasus Covid-19 di kubu tuan rumah. Namun, seluruh tim kembali bertanding demi memperebutkan tiga poin.

Satu catatan menarik yang bisa didapat adalah bahwa dari 18 tim yang berlaga, enam di antaranya berhasil meraih clean sheet. Ada lima tim yang keluar sebagai pemenang dan hanya satu pertandingan saja yang berakhir imbang. Lalu, siapa saja keenam tim tersebut? Berikut daftarnya.

1. Manchester City

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueRaheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Di matchweek ke-16 ini, skuad asuhan Pep Guardiola bertanding melawan Wolverhampton Wanderers. Mereka berhasil menang dengan skor tipis 1-0 dan gol semata wayang dicetak oleh bintang tim nasional Inggris, Raheem Sterling, di menit 66. Sebagai catatan, gol tersebut juga merupakan gol ke-100 pemain berusia 27 tahun tersebut selama berkarier di Premier League.

Ini merupakan torehan nirbobol ke-10 Manchester City di musim ini, bersama Liverpool jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara yang lain. Namun, The Cityzens jadi tim dengan rekor pertahanan terbaik dengan hanya baru kebobolan 9 gol. Di klasemen, mereka kini memimpin dengan 38 poin, unggul satu angka dari The Reds di posisi kedua.

2. Liverpool

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/LFC)

Ada banyak kesamaan yang dicatatkan oleh Liverpool dan Manchester City di pekan ke-16 ini. Pertama, The Reds yang bertanding melawan Aston Villa juga menang dengan skor 1-0. Kedua, gol tunggal mereka yang dicetak oleh Mohamed Salah juga dilesatkan dari titik 12 pas. Terakhir, waktu terjadinya gol juga tercipta dalam waktu yang hampir bersamaan, Manchester City di menit 66, sedangkan Liverpool di menit 67.

Jika Manchester City menjadi tim dengan rekor pertahanan terbaik, Liverpool sebaliknya. Tim Merseyside merah adalah klub paling produktif dengan 45 gol, unggul jauh dari Chelsea yang berada di bawahnya dengan 38 gol. Manchester City, Liverpool, dan Chelsea memang jadi tiga pesaing utama untuk gelar di musim ini.

3. Arsenal

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueAaron Ramsdale (twitter.com/Arsenal)

Setelah kalah dalam dua pertandingan terakhir, Arsenal akhirnya kembali ke jalur kemenangan di pekan ke-16. Mereka sukses mengandaskan perlawanan Southampton dengan skor 3-0. Gol dicetak oleh Alexandre Lacazette, Martin Odegaard, dan Gabriel Magalhaes.

Meski positif, hasil tersebut belum membuat mereka beranjak dari posisi keenam dengan 26 poin. Sementara dari catatan clean sheet, ini merupakan raihan yang ke-7 The Gunners di musim ini. Arsenal menjadi salah satu tim papan atas yang memiliki selisih gol kurang bagus, yaitu -1 yang merupakan hasil dari mencetak 21 gol dan kebobolan 22 gol.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bermain di LaLiga, Masih Ingat?

4. Manchester United

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueCristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Manchester United jadi satu tim terakhir yang berhasil menang dengan skor 1-0 di pekan ke-16 ini di mana golnya juga dicetak lewat titik penalti. Tendangan 12 pas tersebut diambil oleh Cristiano Ronaldo pada menit 75 ke gawang Norwich City yang dijaga oleh Tim Krul. Hasil ini pun membawa Setan Merah merengsek ke posisi lima dengan 27 poin.

Ini merupakan kemenangan kedua MU sejak diambil alih oleh pelatih interim baru, Ralf Rangnick. Di pekan sebelumnya ketika berhadapan dengan Crystal Palace, mereka juga berhasil menang dengan skor yang sama. Secara total, mereka hanya baru meraih tiga kali nirbobol di musim ini.

5. Leicester City

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueYouri Tielemans (twitter.com/LCFC)

Leicester City menjadi tim yang mendulang kemenangan paling besar di pekan ke-16 ini. The Foxes melibas tamunya, Newcastle United, dengan skor 4-0. Gelontoran gol dicetak oleh Youri Tielmans (38' [p] dan 81'), Patson Daka (57'), dan James Maddison (85'). Mereka pun merengsek ke posisi 8 dengan 22 poin.

Ini merupakan raihan cleansheet kedua mereka di musim ini setelah terakhir kali mencatatkannya di partai pembuka melawan Wolverhampton pada Agustus lalu. Performa Leicester di musim ini memang terbilang angin-anginan. Salah satu faktornya adalah kerap cederanya beberapa pemain kunci.

6. West Ham United

6 Tim yang Meraih Clean Sheet di Pekan Ke-16 Premier LeagueMichail Antonio (twitter.com/WestHam)

Satu tim terakhir yang berhasil mencatatkan clean sheet di pekan ke-16 ini adalah West Ham. Sayangnya, mereka gagal meraih tiga poin karena hanya bermain imbang melawan Burnley. Padahal, di pekan lalu, mereka berhasil meraih kemenangan mengejutkan atas Chelsea dengan skor 3-2.

Kini, The Hammers memang masih berada di posisi keempat dengan 28 poin. Namun, hasil imbang tersebut jelas disesali skuad asuhan David Moyes karena membuat mereka gagal memperlebar jarak dengan tim lain demi memperebutkan posisi lolos ke Liga Champions. Sementara dari catatan cleansheet, ini merupakan raihan keempat mereka sepanjang musim.

 

Penggemar Liga Inggris tidak perlu menunggu terlalu lama untuk kembali menyaksikan tim favoritnya bertanding. Jika tidak ada halangan, matchweek ke-17 akan digelar pada tengah pekan ini. Mari berharap semoga semua berjalan lancar mengingat kasus Covid-19 yang kembali meningkat di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Baca Juga: Eksis, 5 Klub Premier League dengan Followers Terbanyak di Instagram

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya