Comscore Tracker

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions League

Para ratu sepak bola Eropa!

Seperti namanya, UEFA Women's Champions League merupakan kompetisi Liga Champions di sektor wanita. Kejuaraan ini mulai terselenggara sejak musim 2001/2002. Ketika itu kompetisi ini masih bernama UEFA Women's Cup.

Baru sejak musim 2009/2010, kompetisi ini berganti nama menjadi seperti yang sekarang. Sepanjang 20 musim berjalan, terdapat delapan tim yang telah berhasil menjadi juara. Siapa saja? Berikut daftarnya.

1. FFC Frankfurt (4 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leagueberlin.de

Tim yang bernama lengkap 1. Frauen Fussball Club Frankfurt ini berhasil meraih gelar sebanyak empat kali, yaitu pada 2002, 2006, 2008, dan 2015. Tim ini sendiri berdiri pada 1998. Pada 2020 lalu, FFC Frankfurt resmi merger dengan salah satu tim Bundesliga yang berasal dari kota yang sama, yaitu Eintracht Franfurt.

2. Umeå IK (2 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leaguethesefootballtimes.co

Tim sepak bola wanita asal Swedia yang terbentuk pada 1984 ini berhasil meraih gelar UEFA Women's Champions League sebanyak dua kali, yaitu pada 2003 dan 2004. Ketika itu, mereka diperkuat pemain bintang asal Brasil, Marta. Sayangnya, kini tim ini bermain di Elitettan yang merupakan kasta kedua di liga sepak bola wanita Swedia.

3. FFC Turbine Postdam (2 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leaguesportbuzzer.de

Tim yang terbentuk pada 1971 ini berhasil menjadi juara sebanyak dua kali, yaitu pada 2005 dan 2010. Seperti halnya FFC Frankfurt, tim Turbine Postdam juga memiliki nama lengkap yang disertai dengan angka 1 di depannya. Hal tersebut menandakan bahwa klub ini merupakan yang pertama di kota tersebut, dalam hal ini Postdam.

4. Arsenal (1 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leaguegivemesport.com

Arsenal menjadi satu-satunya tim asal Inggris di sektor wanita yang berhasil menjuarai Liga Champions hingga kini. Mereka meraih kesuksesan tersebut pada 2007. Di musim tersebut, Arsenal memang perkasa karena sukses meraih quadruple alias empat gelar, yaitu Liga Champions, liga domestik, piala liga, dan Piala FA.

Baca Juga: Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak Sejarah

5. FCR 2001 Duisburg (1 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leagueuefa.com

Fussballclub Rumeln 2001 Duisburg atau disingkat FCR 2001 Duisburg sebetulnya terbentuk pada 1977. Awalnya, tim ini merupakan bagian dari klub FC Rumeln-Kaldenhausen. Namun, pada 2001 mereka memutuskan untuk memisahkan diri dan berjalan secara independen.

Tim ini berhasil meraih gelar UEFA Women's Champions League sebanyak satu kali, yaitu pada 2009. Sayangnya, pada 2013, tim ini mengalami masalah finansial. Oleh karena itu, sejak 1 Januari 2014, tim ini pun secara resmi diakuisisi oleh MSV Duisburg.

6. Olympique Lyonnais (7 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leaguetrtworld.com

Tim wanita asal Prancis ini mengukuhkan diri sebagai yang tersukses di kompetisi klub Eropa dengan total tujuh gelar. Terlebih, mereka selalu meraihnya secara berturut-turut dalam dua kali kesempatan. Pencapaian ini memang menjadi bukti Lyon sebagai salah satu tim yang paling serius dalam mengelola tim wanita.

7. Wolfsburg (2 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leagueuefa.com

Wolfsburg menambah daftar tim wanita asal Jerman yang berhasil menjadi juara UEFA Women's Champions League. Mereka mengoleksi gelar ini sebanyak dua kali, yaitu pada 2013 dan 2014. Catatan tersebut sekaligus juga menjadikan mereka sebagai tim asal Jerman terakhir yang menjuarai kompetisi ini hingga kini. 

8. Barcelona (1 gelar)

8 Tim yang Pernah Menjuarai UEFA Women's Champions Leagueuefa.com

Barcelona menjadi tim terbaru yang menjadi juara dari kompetisi UEFA Women's Champions League ini. Di final musim lalu, mereka berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor telak 4-0. Selain menjadi gelar pertamanya di kompetisi ini, Barca sekaligus mencatatkan diri sebagai tim asal Spanyol pertama yang merebut trofi UEFA Women's Champions League.

 

Itu tadi delapan tim yang pernah menjuarai UEFA Women's Champions League. Apakah akan ada juara baru di musim ini atau kembali diraih oleh salah satu tim di atas? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: Ada yang ke Real Madrid, Inilah 10 Penjualan Pemain Termahal Barcelona

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya