Comscore Tracker

Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak Sejarah

Swedia belum pernah kalah selama Olimpiade #Tokyo2020

Jakarta, IDN Times - Kanada dipastikan bakal berhadapan dengan Swedia dalam final cabang olahraga sepak bola wanita Olimpiade Tokyo 2020. Kedua tim bakal memperebutkan medali emas dalam duel yang digelar di Olympic Stadium, Jumat 6 Agustus 2021.

Hasil ini begitu mengejutkan, karena Amerika merupakan tim unggulan yang diprediksi mendapat medali di ajang ini. Hasil ini juga membuat Amerika Serikat dua kali berturut-turut gagal melangkah ke final. Padahal, sejak sepak bola wanita dimainkan di Olimpiade 1996 hingga edisi 2012 mereka tak pernah absen.

1. Kanada buat sejarah di cabang olahraga sepak bola wanita

Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak SejarahKanada membuat sejarah dengan lolos ke final cabang sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020. (sportingnews.com).

Kanada membuat sejarah baru dengan berhasil menyingkirkan Amerika Serikat di babak semifinal. Gol Jessie Fleming melalui titik putih mampu membuat negaranya berhasil meraih kemenangan pertama dalam 20 tahun pertemuan kedua tim ini. 

Ini juga jadi final pertama Kanada di ajang Olimpiade sejak sepak bola wanita digelar. Langkah terjauh Kanada di semifinal ajang serupa edisi 2012 dan 2016. 

Dua perunggu pun berhasil digondol mereka usai meraih kemenangan dalam perebutan juara ketiga.

Baca Juga: Greysia/Apriyani Antar Indonesia Penuhi Target Olimpiade Tokyo

2. Swedia jadi kekuatan menakutkan di Olimpiade Tokyo 2020

Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak SejarahTimnas Wanita Swedia melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020. (washingtonpost.com).

Lawan Kanada di final ini adalah Swedia. Mereka berhasil melaju ke final usai meraih kemenangan tipis atas Australia 1-0. Fridolina Rolfo menjadi satu-satunya pencetak gol dalam duel ini, sekaligus memupus mimpi Australia mencetak sejarah masuk final.

Swedia tampil sangat istimewa di Olimpiade kali ini. Usai membantai Amerika Serikat (3-0), mereka berhasil menyapu bersih dua laga sisanya, yakni melawan Australia (4-2) dan Selandia Baru (2-0). 

Usai itu giliran tuan rumah Jepang yang harus didepak dari ajang ini. Mereka berhasil dikalahkan dengan skor 3-1.

3. Kanada tampil kurang meyakinkan sejak awal turnamen

Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak SejarahKanada membuat sejarah dengan lolos ke final cabang sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020. (theglobeandmail.com).

Kanada tentu wajib waspada terhadap dua pemain Swedia yang tampil menonjol dan begitu produktif dalam ajang ini. Mereka adalah Emma Stina Blackstenius (4 gol) dan Fridolina Rolfo (3 gol). Kedua pemain ini bahkan berkontribusi dalam 54 persen gol yang diciptakan Swedia.

Menilik performanya, Kanada jelas tak terlalu mentereng dalam turnamen ini. Mereka tampil kurang meyakinkan dengan meraih sekali menang, dua imbang di babak penyisihan. Menang adu penalti melawan Brasil di babak perempat final, dan mengalahkan Amerika Serikat dengan skor tipis 1-0 di semifinal.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya