Comscore Tracker

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti Penampilannya

Menjadi andalan walaupun masih muda

Posisi penjaga gawang dalam dunia sepak bola didominasi pemain yang sedang dalam usia emasnya atau yang telah berpengalaman. Walaupun begitu, tak sedikit penjaga gawang berusia muda yang tampil baik dan menjadi pilihan utama. Sebut saja Gianlugi Donnarumma, 22 tahun, yang saat ini bermain untuk klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Donnarumma juga menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang tim nasional Italia.

Selain Donnarumma, ada beberapa nama penjaga gawang yang penuh talenta dan sudah menjadi andalan bagi klub maupun tim nasional negaranya. Beberapa nama tersebut juga layak untuk bermain di klub top Eropa.

1. Gavin Bazunu

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti PenampilannyaGavin Bazunu, pemain muda Manchester City (instagram.com/faireland)

Pemain berusia 19 tahun ini merupakan pemain milik klub raksasa Inggris, Manchester City. Ia bergabung pada Februari 2019 dari klub Republik Irlandia, Shamrock Rovers. Akan tetapi, hingga saat ini, Bazunu belum pernah tampil di skuad utama The Citizens. Ia lebih banyak bermain untuk skuad U-18 dan dipinjamkan kepada klub-klub di kasta lebih rendah.

Musim ini, Bazunu dipinjamkan ke kontestan League One, Portsmouth, setelah musim lalu dipinjamkan ke Rochdale yang juga bermain di League One. Bersama Porstmouth, Bazunu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Ia telah tampil dalam 15 pertandingan dan mencatatkan 5 clean sheet.

Penampilan bagusnya membuat Bazunu dipercaya sebagai penjaga gawang utama negara asalnya, Republik Irlandia. Sejak debutnya pada Maret 2021, pemain bernama lengkap Gavin Okeroghene Bazunu ini telah mengantongi 10 caps. Ia tampil mengesankan selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A dengan bermain dalam 6 pertandingan.

2. Maarten Vandevoordt

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti PenampilannyaMaarten Vandevoordt, Courtois selanjutnya (instagram.com/maarten_vandevoordt)

Pemain yang dijuluki Thibaut Courtois selanjutnya ini merupakan penjaga gawang utama klub Belgia, KRC Genk. Vandevoordt telah tampil dalam 21 pertandingan musim ini, termasuk empat pertandingan di Liga Europa. Penampilannya tersebut dibarengi dengan empat penampilan tanpa kebobolan.

Di level internasional, Vandevoordt merupakan penggawa tim muda U-21 Belgia. Sejak debutnya pada Juni 2021, ia telah tampil dalam empat pertandingan.

Baca Juga: 5 Alasan Aaron Ramsdale Layak Menjadi Kiper Utama Arsenal

3. Diogo Costa

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti PenampilannyaDiogo Costa, kiper Porto (instagram.com/fcporto)

Walaupun masih berumur 22 tahun, Costa telah menjadi pilihan utama FC Porto musim ini. Ia berhasil menggantikan peran Agustin Marchesin yang lebih sering dibekap cedera sejak awal musim. Costa telah memainkan 15 pertandingan sejauh ini, termasuk saat kekalahan telak 1-5 dari Liverpool di Liga Champions.

Pemain binaan Porto ini merupakan bagian dari skuad muda Portugal yang memenangi kompetisi Piala Eropa U-17 2016 dan Piala Eropa U-19 2018. Ia juga menjadi bagian dari skuad U-21 yang takluk satu gol tanpa balas dari Jerman di Piala Eropa U-21 2021.

Penampilan apiknya bersama timnas muda dan di level klub membuat Costa dipanggil ke skuad senior Portugal pada Agustus 2021. Ia mendapat debutnya pada 9 Oktober 2021 melawan Qatar pada ajang persahabatan. Sejauh ini, Costa termasuk ke dalam skuad yang dibawa ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa walaupun belum pernah dimainkan.

4. Anatoliy Trubin

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti PenampilannyaAnatoliy Trubin, penjaga gawang andalan Shakhtar Donetsk (instagram.com/fcshakhtar)

Shakhtar Donetsk terkenal dengan reputasinya dalam menghasilkan pemain-pemain muda berbakat. Salah satunya Anatoliy Trubin. Trubin bergabung ke akademi Shakhtar pada 2014 dari Azovstal-2 Mariupol.

Pemain berusia 20 tahun ini mendapat debut seniornya pada Mei 2019 saat Shakhtar menang empat gol tanpa balas atas Mariupol. Sejak 2020/2021, Trubin mendapat menit bermain yang cukup banyak. Musim ini, ia telah tampil dalam 13 pertandingan di semua kompetisi.

Performa gemilangnya di bawang mistar gawang Shakhtar Donetsk membuat dirinya berkesempatan membela tim senior Ukraina. Trubin akhirnya mendapatkan caps pertamanya pada Maret 2021 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Kazakhstan. Salah satu pencapaian terbaiknya ialah masuk ke dalam skuad yang dibawa Andriy Shevchenko ke Euro 2021.

5. Ersin Destanoglu

5 Kiper Muda yang Layak Dinanti PenampilannyaErsin Destnoglu, talenta muda dari liga Turki (instagram.com/besiktas)

Liga Turki memang bukan liga yang sering diperhatikan penggemar sepak bola. Walaupun begitu, keberadaan pemain-pemain muda penuh talenta di liga Turki patut untuk diamati. Salah satu namanya ialah Ersin Destanoglu. Destanoglu saat ini bermain untuk klub raksasa Turki, Besiktas.

Pemain berusia 20 tahun ini memulai debut seniornya pada Juni 2020 saat melawan Antalyaspor. Sejak musim lalu, ia menjadi pilihan utama bagi skuad Black Eagles. Musim ini, Destanoglu telah membukukan 13 penampilan, termasuk empat penampilan di Liga Champions.

Pemain-pemain tersebut dapat membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya meski masih muda. Beberapa pemain dirasa layak untuk berlabuh ke klub-klub top Eropa. Menurutmu, siapa lagi penjaga gawang muda yang penuh talenta?

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Gilang Rama W. Photo Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepakbola, hiburan, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya