6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022

Penampilan mengesankan di level klub serta timnas

Timnas Serbia berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar berkat hasil positif melawan Portugal di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Gol telat Aleksandar Mitrovic pada menit 90 memastikan kemenangan 2-1 atas Portugal. Kemenangan tersebut membuat Serbia menempati puncak klasemen Grup A dengan unggul tiga poin atas Portugal.

Performa gemilang tim berjuluk The Eagles ini tak lepas dari penampilan pemain-pemain andalannya. Beberapa pemain yang mengisi skuad inti Serbia juga tampil mengesankan bersama klub-klub top Eropa musim ini.

1. Dusan Tadic (Ajax Amsterdam)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Dusan Tadic, kapten dari timnas Serbia dan juga Ajax Amsterdam , saat beraksi di lapangan. (instagram.com/dusantadic)

Kapten timnas Serbia dan Ajax Amsterdam ini tampil mengesankan bersama klub maupun tim nasional. Di level klub, Tadic merupakan pemain andalan di sektor serang Ajax. Ia telah tampil dalam 19 pertandingan dan mencetak 6 gol serta 12 assist di semua ajang musim ini.

Di level internasional, Tadic telah mengantongi 82 caps dan menorehkan 18 gol. Beberapa waktu lalu, ia berhasil memimpin The Eagles lolos ke Piala Dunia 2022. Ia mencetak 2 gol dan 6 assist selama ajang kualifikasi Piala Dunia Grup A.

2. Dusan Vlahovic (Fiorentina)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Dusan Vlahovic mengekspresikan dirinya di lapangan bersama Fiorentina. (instagram.com/vlahovicdusan)

Penyerang muda ini tampil mengesankan bersama klub asal Italia, Fiorentina. Hal ini dibuktikan dengan torehan 12 gol serta 2 assist dalam 14 pertandingan di semua ajang musim ini.

Penampilan gemilang Vlahovic menular ke performanya bersama tim nasional Serbia. Sejak debut internasionalnya pada Oktober 2020, pemain berusia 21 tahun ini telah tampil dalam 14 pertandingan dan berhasil mencetak 7 gol. Ia cukup berkontribusi di Kualifikasi Piala Dunia dengan mencetak 4 gol dalam 8 pertandingan.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Ingin Tebar Pesona Bersama Serbia di Piala Dunia 2022

3. Filip Kostic (Eintracht Frankfurt)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Filip Kostic, gelandang andalan Frankfurt dan timnas Serbia, melakukan selebrasi di lapangan. (instagram.com/filipkostic)

Sejak 2019, Kostic telah menjadi andalan klub berjulukan Die Adler. Ia telah tampil dalam 140 pertandingan bersama Frankfurt. Musim ini, Kostic tampil dalam 15 pertandingan, termasuk 4 pertandingan di Liga Europa. Total 3 gol dan 6 assist berhasil ia catatkan di semua ajang musim ini.

Kostic juga menjadi andalan timnas Serbia. Ia telah mengantongi 43 caps dan berhasil mencetak 3 gol. Berposisi sebagai gelandang kiri, ia turut membantu Serbia lolos ke Piala Dunia 2022 dengan catatan 1 gol dan 2 assist dalam 8 pertandingan.

4. Nikola Milenkovic (Fiorentina)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Nikola Milenkovic, tembok kokoh Fiorentina dan timnas Serbia, kala menggiring bola di lapangan. (instagram.com/milenkovicn_4)

Rekan satu klub Vlahovic ini menjadi andalan di lini pertahanan Fiorentina. Sejak bergabung pada Juli 2017 dari klub asal Serbia, Partizan Belgrade, pemain berusia 24 tahun ini telah tampil dalam 145 pertandingan bersama I Viola. Musim ini, Milenkovic telah tampil dalam 12 pertandingan dan mencetak 1 gol.

Di level internasional, ia telah mengantongi 32 caps dan mencetak 3 gol sejak debutnya pada Juni 2018. Penampilan kokohnya di lini pertahanan dalam lima pertandingan berhasil membuat Serbia tak terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia Grup A.

5. Sergej Milinkovic-Savic (Lazio)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Sergej Milinkovic-Savic dijuluki Sergente oleh pendukung Lazio. (instagram.com/sergej___21)

Berposisi sebagai gelandang, Milinkovic-Savic telah memainkan 265 pertandingan bersama Lazio. Total 50 gol serta 43 assist berhasil ia catatkan. Musim ini, pemain berjuluk Sergente ini telah tampil dalam 18 pertandingan dan mencetak 3 gol serta 4 assist.

Milinkovic-Savic juga merupakan andalan di lini tengah tim nasional Serbia. Pemain berusia 26 tahun ini telah mengantongi 28 caps dengan total 5 gol. Ia tampil 7 kali dengan 1 gol dan 2 assist selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

6. Aleksandar Mitrovic (Fulham)

6 Pemain Timnas Serbia yang Bermain di Klub Top Eropa pada 2021/2022Gol telat Mitrovic menjadi penentu kemenangan atas Portugal di ajang Kualifikasi Piala Dunia. (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Nama terakhir ini memang tidak bermain di kasta tertinggi sepak bola. Mitrovic bermain untuk Fulham yang berkompetisi di divisi Championship Inggris. Walaupun begitu, ia merupakan salah satu pemain andalan bagi tim nasional Serbia.

Mitrovic merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Serbia. Ia telah melesakkan 44 gol dalam 69 pertandingan bersama skuad berjuluk The Eagles tersebut. Salah satu golnya—pada menit ke 90 dan masuk sebagai pemain cadangan—berhasil mengantarkan Serbia meraih satu tiket ke Piala Dunia 2022.

Penampilan Serbia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 patut diapresiasi. Menarik untuk menanti sejauh mana Serbia berhasil melangkah di Piala Dunia 2022. Bersama pemain-pemain andalannya, kira-kira berhasilkah Serbia melangkah jauh di Qatar?

Baca Juga: 10 Fakta Aleksandar Mitrovic, Aktor yang Loloskan Serbia ke Qatar 2022

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya