[BREAKING] Menang 1-0, Persija Buat Persib Telan Kekalahan Perdana di Liga 1

Persib sempat mendominasi di awal pertandingan

Jakarta, IDN Times - Persija berhasil menang 1-0 atas Persib dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (20/11/2021). Kemenangan Persija membuat Persib harus menelan kekalahan perdananya di Liga 1 2021/2022.

Pada awal pertandingan Persib mendominasi jalannya pertandingan. Sementara Persija hanya mengandalkan serangan balik. Baru satu menit berjalan, gawang Persija yang dijaga Andritany Ardhiyasa dikejutkan oleh Mark Klock. Tendangan bebas yang dilakukan Klock dari sisi kanan gawang Andritany nyaris menghasilkan gol pertama buat Persib. 

Lewat serangan balik, Macan Kemayoran sempat berupaya mencetak gol pertama. Namun, kesigapan Teja Paku Alam yang mengawal gawang Persib mampu menggagalkan peluang yang diciptakan oleh Marco Simic dan Novri Setiawan. 

Ketika pertandingan sudah berjalan 25 menit, Geoffrey Castillon membuat Andritany terkejut. Tendangannya bisa saja menjebol gawang kapten Persija itu andai tak melambung di atas gawang. 

Tak mau terus-terusan diserang, Persija mulai menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali upaya tim ibu kota berupaya menembus pertahanan Persib melalui Simic, Riko, Osvaldo Haay, dan Braif Fatari, namun masih digagalkan pertahanan Persib. 

Upaya Riko dan Simic akhirnya membuahkan hasil. Riko yang melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Persib mampu mengirimkan umpan matang yang dikonversi menjadi gol oleh Simic melalui sundulan. Gol kedelapan Simic di gelaran Liga 1 2021/2022 ini sekaligus menutup babak pertama. 

Jual beli serangan tersaji di babak kedua. Persib yang mencoba menyamakan kedudukan memasukkan sejumlah nama seperti Beckham Putra dan Frets Butuan, sementara Persija juga berusaha memperlebar keunggulan. 

Masuknya Beckham menggantikan Esteban Viscarra cukup efektif karena sempat beberapa kali merepotkan Persija. Tak hanya dari Beckham, peluang Persib menyamakan kedudukan datang dari Febri pada menit ke-54. Namun, tendangannya masih bisa ditepis Andritany. 

Sementara itu, Persija nyaris memperbesar keunggulan. Sayangnya, umpan Marco Motta dari sayap kanan gagal dikonversi menjadi gol oleh Osvaldo. 

Menjelang akhir pertandingan, Persib beberapa kali nyaris menyamakan kedudukan. Salah satunya melalui tendangan bebas Klok pada menit ke-93 dari depan kota penalti Persija yang gagal berbuah gol. Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Hasil ini membuat Persija selalu menang ketika menghadapi Persib dalam tiga pertandingan terakhir. Selain itu, kemenangan ini membuat Persija merangsek naik ke peringkat tujuh. Sementara, Persib tertahan di peringkat kedua dengan selisih tiga poin dari Bhayangkara FC di puncak klasemen sementara.

Baca Juga: 7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi Persija

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya