7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi Persija

Robert Alberts tak peduli dengan rekor nirkalah Persib

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persib, Robert Alberts memastikan tujuh pemainnya hampir dipastikan tak bisa tampil saat bentrok dengan Persija. Selain ada yang cedera, beberapa pemain harus absen lantaran dapat panggilan Timnas Indonesia.

Skuad Maung Bandung dijadwalkan bakal melakoni laga big match melawan Persija di pekan ke-12 Liga 1 2021/22, Sabtu (20/11/2021). Mereka mengincar kemenangan untuk bisa merebut posisi pertama klasemen sementara Liga 1 yang masih ditempati Bhayangkara FC.

“Pemain kami yang belum sepenuhnya pulih adalah Ahmad Jupriyanto (Jupe) dan Zalnando yang mengalami cedera. Kami juga tidak bisa menurunkan Victor Igbonefo dan Ezra Walian karena sedang membela tim nasional. Lalu Ferdiansyah dan Dimas masih bersama Timnas U-18. Lalu, Made masih dalam pemulihan pascaoperasi. Jadi mereka adalah pemain yang tidak bisa tampil besok,” ujar pelatih asal Belanda itu.

1. Hasil laga kontra Persija berpengaruh terhadap posisi di klasemen

7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi PersijaIDN Times/Galih Persiana

Walau kehilangan beberapa pemain kunci, Robert tak gentar. Ia menilai anak asuhnya saat ini dalam kondisi bagus. Selain itu, motivasi dan antusiasme para pemain juga tengah tinggi, karena bakal menghadapi laga besar melawan Persija, serta punya peluang menjadi pimpinan klasemen. 

“Kami juga paham laga ini sangat berpengaruh terhadap posisi di klasemen. Jadi, kami sangat termotivasi dari beragam aspek untuk tampil dengan sebaik mungkin dan meraih tiga poin besok,” kata Robert.

Robert mengatakan, ia tak peduli dengan Bhayangkara CF, yang notabene jadi pesaing Persib, kalah dalam laga ke-12. Ia lebih memilih tim fokus menghadapi pertandingan dan meraih hasil terbaik setiap pekan. 

Persija sendiri memang tak bisa diremehkan walau dalam kondisi kurang ideal. Walau tampil inkonsisten hingga pekan ke-10, mereka adalah lawan yang acap kali merepotkan klub asal Kota Kembang setiap kali bertarung. Apalagi, Persija juga dihuni beberapa pemain bintang, termasuk pelatih kelas dunia.

Baca Juga: Persib vs Persija: Supardi Siap Tampil

2. Tak akan beri penjagaan khusus kepada Marko Simic dan Riko Simanjuntak

7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi PersijaDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Persija kali ini ditangani pelatih berpengalaman asal Italia yang juga merupakan asisten Antonio Conte, yakni Angelo Alessio. Selain itu, masih ada pemain-pemain seperti Marko Simic hingga Riko Simanjuntak yang diprediksi bakal merepotkan lini belakang Persib pada laga nanti.

Namun demikian, Robert enggan melakukan antisipasi khusus kepada keduanya. Menurut dia, Persib bakal mengantisipasi koneksi setiap pemain Persija yang punya kekuatan merata musim ini.

“Seperti yang sudah pernah saya katakan sebelumnya, kami menaruh respek terhadap Persija karena di tim mereka, pemainnya satu sama lain saling mengenal dengan baik. Mereka sudah bermain bersama sejak di tim nasional, bahkan beberapa pemainnya pernah tampil bersama dengan pemain yang kini membela tim kami,” ujar pelatih berusia 67 tahun itu.

Ia pun merasa, sudah tak ada rahasia lagi di antara kedua tim. Baik Persib atau Persija sudah mengetahui kekuatan pemain satu sama lain. Sehingga, laga nanti diperdiksi berjalan alot.

3. Robert Alberts nilai, tim dengan penampilan terbaik akan keluar sebagai pemenang

7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi PersijaPelatih Persib, Robert Rene Alberts (Website/persib.co.id)

Robert meminta para pemain bisa tampil maksimal dalam pertandingan melawan skuad Macan Kemayoran. Tak hanya butuh mental bertanding, Beckham Putra dan kolega diminta memainkan sepak bola yang bagus untuk bisa memberikan hasil terbaik. 

“Tunjukkan bagaimana kami bisa memainkan sepak bola yang bagus, begitu pula pemain Persija yang pastinya akan melakukan hal yang sama. Jadi pemenang itu akan ditentukan dari siapa tim yang memainkan sepakbola terbaik di lapangan,” ucapnya.

Terkait rekor nirkalah yang kini dipegang Persib, Robert menyebut hal itu tak penting. Ia merasa catatan itu bukan target utamanya, melainkan fokus menjalankan laga demi laga untuk meraih kemenangan. Hal itu sangat berguna bagi Persib untuk bisa bersaing memperebutkan gelar juara musim ini.

Baca Juga: Persija Mau Bayar Utang Janji ke Jakmania saat Lawan Persib

4. Persib kejar posisi pertama di klasemen Liga 1

7 Pemain Absen, Persib Tetap Yakin Bisa Atasi PersijaPenyerang Persib di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Persib sendiri sudah siap tempur dalam duel panas melawan Persija. Pemain senior, Supardi Natsir menyebut, para pemain dalam kondisi terbaik untuk bisa meraih tripoin pertama di seri ketiga Liga 1. Motivasi pemain juga dinilai sudah cukup bagus, karena ingin mempertahankan rekor nirkalah di kompetisi.

Persib dipastikan bakal tampil habis-habisan dalam duel melawan Persija nanti. Maklum, mereka tengah mengejar poin maksimal untuk bisa merangsek ke posisi pertama Liga 1 2021/22. Kemenangan akan mengantarkan mereka bisa menggeser posisi Bhayangkara FC (28 poin) yang masih unggul tiga poin.

Sementara, Persija juga tentu tak mau kembali kehilangan muka dalam big match ini. Mereka membutuhkan kemenangan untuk mengatrol posisinya di papan tengah. Selain itu, kekalahan bakal membuat Persija kian mendapatkan tekanan dari The Jakmania.

Baca Juga: Alessio: Para Pemain Persija Harus Punya Sorot Mata Harimau

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya