Suporter Nyanyikan Lagu Rasis, PSSI: Pertandingan Langsung Dihentikan!

Ini usulan dari sejumlah suporter

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kelompok suporter klub sepak bola meminta adanya hukuman tegas terhadap pelaku rasisme dan ujaran kebencian bernada provokatif. Hukuman yang diberikan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI selama ini dinilai belum memberikan efek jera.

1. PSSI setujui usulan sejumlah suporter

Suporter Nyanyikan Lagu Rasis, PSSI: Pertandingan Langsung Dihentikan!pssi.org

Dalam diskusi itu muncul saran dari sejumlah suporter yang menginginkan adanya hukuman penghentian langsung laga ketika nyanyiaan bernada kebencian dikumandangkan suporter.

Bak gayung bersambut, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum, Joko Driyono, setuju dengan usulan tersebut.

“Idenya kami setuju,” katanya singkat.

Baca Juga: YLKI: Haringga Sirla Berhak Dapat Ganti Rugi dari PSSI

2. Akan diimplementasikan sesegera mungkin

Suporter Nyanyikan Lagu Rasis, PSSI: Pertandingan Langsung Dihentikan!pssi.org

Joko mengakui kalau hukuman yang diberikan selama ini diterapkan PSSI selepas pasca-pertandingan kurang memberi efek jera. Untuk itu dirinya memastikan PSSI akan segera mengimplementasikan hal tersebut sesegera mungkin.

“Pemberian sanksi terhadap (nyanyian) rasis yang ditunggu saat pertandingan selesai sering kali gak efektif. Karenanya, implementasi ini perlu dirumuskan dengan cepat pada perangkat pertandingan, pemain, dan suporter,” katanya.

3. Joko Driyono sebut ini salah satu langkah konkret

Suporter Nyanyikan Lagu Rasis, PSSI: Pertandingan Langsung Dihentikan!FIFA

Dalam berbagai kesempatan, sejumlah kalangan mendesak PSSI untuk melakukan langkah konkret agar kejadian tewasnya suporter di Indonesia tak lagi terjadi. Sebab, ketika peristiwa serupa terjadi PSSI selalu menjanjikan berbagai upaya penyelesaian namun tetap saja terjadi.

Joko pun menyebut kalau usulan soal hukuman nyanyian bernada ujaran kebencian merupakan adalah satu langkah konkret PSSI. “Ini adalah tahap awal langkah konkret PSSI,” tegasnya di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," katanya.

Baca Juga: 6 Sikap PSSI Pasca-Pengeroyokan Suporter Persija Haringga Sirla

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya