4 Fakta Lapangan yang Sebabkan MU Kalah dari PSG, Miris!

Meski kalah, peluang MU masih ada kok. Jangan sedih ya!

Manchester United gagal memanfaatkan status sebagai tuan rumah di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Menjamu tim Prancis, Paris Saint-German (PSG), MU dipaksa menelan kekalahan 0-2 di Old Trafford, Selasa (12/2/2019) malam waktu setempat atau Rabu (13/2/2019) waktu Indonesia.

Bagaimana bisa Manchester United yang tengah tampil bagus di Liga Inggris, dipermalukan di kandangnya sendiri? Berikut beberapa fakta kekalahan MU dari Paris Saint Germain dini hari tadi.

1. Dua pemain utama MU cedera di babak pertama, pertahanan MU kewalahan digempur PSG di babak kedua

4 Fakta Lapangan yang Sebabkan MU Kalah dari PSG, Miris!twitter.com/ManUtd

Tampil sebagai tuan rumah, MU yang memainkan skema 4-3-3 dengan mengandalkan trio Anthony Martial, Marcus Rashford dan Jesse Lingard, sejatinya tampil menekan di awal-awal pertandingan. Namun, The Reds Devils kesulitan mencetak gol.

Petaka menghampiri MU jelang berakhirnya babak pertama. Martial dan Lingard mengalami cedera. Lingard digantikan Alexis Sanche di masa injury time. Sementara Martial digantikan Juan Mata.

Di babak kedua, PSG yang gantian mengurung pertahanan MU. Di menit ke-53, berawal dari sepak pojok Angel Di Maria, Presnel Kimpembe yang tak terkawal, menjebol gawang MU. Di menit ke-60, berawal dari serangan MU yang putus di tengah, PSG melancarkan serangan balik cepat yang diselesaikan Kylian Mbappe. Di Maria yang merupakan mantan pemain MU, kembali melakukan assist.

Secara overall, MU kalah dari penguasaan bola, 45 persen berbanding 55 persen. PSG juga unggul mutlak dalam hal menciptakan peluang. PSG membuat lima kali tembakan yang mengarah tepat ke gawang dari 12 upaya. Sementara MU hanya satu kali memiliki satu shoot on target dari 10 upaya seperti dikutip uefa.com.

Di website resmi klub, pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer menegaskan tidak ingin menjadikan cederanya Martial dan Lingard sebagai alasan kekalahan timnya. "Itu bukan alasan karena kami masih punya pemain sekelas Mata dan Sanchez. Tetapi memang, Jesse dan Anthony membuat kami berbeda. Semoga cedera mereka tidak serius," ujar Solskjaer dikutip dari manutd.com.

2. Hujan kartu, Paul Pogba diusir keluar lapangan di penghujung laga dan bakal absen di laga kedua

4 Fakta Lapangan yang Sebabkan MU Kalah dari PSG, Miris!en.as.com/en

Laga MU melawan PSG dini hari tadi merupakan pertunjukan dua tim yang bermain menyerang. MU dengan skema 4-3-3 dan PSG dengan formasi 3-4-3. Namun, selain bergantian saling serang, pertandingan pertama babak 16 besar ini ternyata hujan kartu.

Faktanya, wasit asal Italia, Daniele Orsato harus mengeluarkan 10 kartu kuning dari sakunya. Rinciannya, empat kartu kuning untuk pemain PSG, yakni Kimpembe, Julian Draxler dan Juan Bernat di babak pertama plus Dani Alves di babak kedua. Sementara di MU ada pemain yang dihadiahi kartu kuning oleh wasit. Yakni Ashley Young, Viktor Lindelof, Ander Herrera, Luke Shaw serta Paul Pogba yang mendapat dua kartu kuning di menit ke-26 dan 89. Pogba pun harus keluar lapangan seperti dikutip dari soccerway.com.

Kartu merah yang diterima Pogba jelas menjadi kerugian besar bagi MU. Sebab, gelandang enerjik yang juga eksekutor utama MU ketika mendapat tendangan penalti ini harus absen saat Tim Setan Merah away ke Paris pada laga kedua babak 16 besar, 6 Maret mendatang.

Baca Juga: Tiga Rekor Iringi Kemenangan Fantastis PSG atas Manchester United

3. Ini kali pertama MU kalah dua gol dalam pertandingan kandang di kompetisi Eropa, tetapi peluang ke perempat final belum tertutup

4 Fakta Lapangan yang Sebabkan MU Kalah dari PSG, Miris!twitter.com/ManUtd

Kekalahan MU di kandang sendiri dari PSG ini sejatinya mengejutkan. Bukan hanya karena MU tengah tampil bagus di bawah kepelatihan Solskjaer. Lebih dari itu, MU punya rekor bagus ketika bermain di kandang sendiri di kompetisi Eropa. Apalagi, PSG juga punya rekor kurang bagus di Inggris.

Dikutip dari website resmi uefachampionsleague, ini merupakan kali pertama United kalah lebih dari dua gol di Old Trafford di kompetisi Eropa. Sementara bagi PSG, ini merupakan kemenangan pertama PSg di Inggris dalam 10 laga. Sebelumnya, PSG mencatat 4 kali imbang dan 5 kali kalah seperti dikutip dari uefa.com.

Yang jelas, kekalahan ini tentunya menipiskan peluang MU untuk lolos ke perempat final. Meski, peluang masih tetap ada di pertandingan leg kedua di Paris mendatang. MU setidaknya butuh menang 2-0 untuk memaksakan perpanjangan waktu. Atau menang dengan skor minimal 3-0 karena mereka kemasukan dua gol di kandang sendiri.

Dikutip dari BBC, Solskaer menyebut timnya akan seperti 'memanjat gunung' di Paris nanti. Namun, dia tetap optimistis dengan peluang timnya. "Gunung ada untuk didaki. Kami harus mengeluarkan segala kemampuan di Paris nanti. Jika kami bisa unggul satu gol di babak pertama, kami mungkin bisa meraih hasil bagus," ujar Solskjaer dikutip dari bbc.com.

4. Kekalahan pertama MU di era Solskjaer setelah 11 pertandingan, laga berikutnya menghadapi Chelsea dan Liverpool

4 Fakta Lapangan yang Sebabkan MU Kalah dari PSG, Miris!twitter.com/ManUtd

Kekalahan dari PSG ini memutus catatan tak terkalahan MU sejak dilatih Solskjaer pada 20 Desember 2018 lalu. Sebelumnya, dari 11 pertandingan, David De Gea dkk mencatat 10 kemenangan dan sekali hasil imbang. Namun, Solskjaer menyebut kekalahan ini tidak perlu diratapi.

Dia berharap pemain-pemainnya belajar dari pengalaman ini untuk segera bangkit. Apalagi, setelah PSG, MU akan menghadapi 'jadwal maut'. Akhir pekan ini, MU akan menghadapi Chelsea di putaran V Piala FA (18/2). Lantas menjamu Liverpool di Liga Inggris pada 24 Februari mendatang.

"Kekalahan ini hanyalah salah satu hal untuk diambil pelajaran. Ini tidak akan berpengaruh pada performa kami di sisa musim ini. Apalagi, kami akan menghadapi Chelsea dan Liverpool. Jadi, tidak ada waktu untuk bersedih. Kami harus siap untuk pertandingan berikutnya," ujar Solskjaer dikutip dari manutd.com.

Menarik ditunggu bagaimana reaksi MU setelah kekalahan dari Paris SG. Sebelum tampil di pertandingan kedua di Paris pada 6 Maret nanti, MU masih harus melakoni empat pertandingan. Nah, hasil di empat laga inilah yang akan menjadi gambaran bagaimana peluang MU di Paris nanti.

Baca Juga: Liga Champions: Kalah dari PSG, Mimpi Buruk MU di Old Trafford

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya