Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!

Nomor 4 paling bikin baper

Liverpool menutup tahun 2018 dengan manis. The Reds---julukan Liverpool mampu pesta gol ke gawang Arsenal di pertandingan pekan ke-20 Liga Inggris yang merupakan pertandingan tutup tahun. Tampil di Anfield, Liverpool menang telak 5-1 atas Arsenal, Minggu (30/12/2018) dini hari tadi.

Kemenangan ini memiliki banyak makna bagi Liverpool. Utamanya dalam upaya memburu gelar Liga Inggris 2018/19. Berikut beberapa fakta kemenangan telak Liverpool atas Arsenal di Anfield.

1. Sempat tertinggal, Liverpool langsung bereaksi cepat lewat trio penyerang Firmino-Mane-Salah

Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!twitter.com/LFC

Meski mampu menang besar, Liverpool sempat mengalami tekanan di awal pertandingan lewat serangan balik cepat Arsenal. Bahkan, The Gunners--julukan Arsenal mampu unggul lebih dulu lewat gol Ainsley Maitland-Niles di menit ke-11. Namun, Liverpool mampu bereaksi cepat.

Tiga menit berselang, danya dalam dua menit Liverpool sudah mampu berbalik unggul 2-1 lewat dua gol Roberto Firmino di menit ke-14 dan ke-16. Dilanjut gol Mane di menit ke-32 meneruskan assist Salah. Liverpool menutup babak pertama dengan skor 4-1 usai Salah berhasil mengeksekusi penalti di masa added time setelah pelanggaran terhadap Salah. Di babak kedua, Liverpool menambah satu gol melalui tendangan penalti Firmino di menit ke-65 setelah terjadi pelanggaran terhadap Dejan Lovren seperti dikutip dari Premierleague.com.

Gol tersebut membuat penyerang asal Brasil ini menciptakan hat-trick (mencetak tiga gol dalam satu pertandingan). "Dia (Firmino) sangat pantas mendapatkan hattrick. Dia bermain sangat bagus di pertandingan ini," ujar Xherdan Shaqiri, pemain tengah Liverpool.

2. Liverpool mendapat keuntungan ganda karena Tottenham kalah di kandang sendiri

Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!twitter.com/SpursOfficial

Tidak hanya berhasil meraih kemenangan atas Arsenal, Liverpool juga mendapat keuntungan ganda setelah tim peringkat kedua, Tottenham Hotspur kalah di kandang sendiri. Di luar dugaan, Tottenham takluk 1-3 dari tamunya, Wolverhampton Wanderers. Tottenham yang unggul 1-0 di babak pertama, dibalas tiga gol di babak kedua hanya dalam waktu 15 menit seperti dikutip dari Soccerway.com.

Dengan hasil ini Liverpool (54 poin) kini memimpin klasemen dengan keunggulan 9 poin dari Tottenham (45 poin). Sementara pesaing Liverpool lainnya, Manchester City baru akan bermain malam nanti menghadapi tuan rumah Southampton.

Meski unggul jauh, Pelatih Liverpool, Juergen Klopp enggan jumawa. Menurutnya, yang harus dilakukan Liverpool adalah terus tampil bagus dan meraih kemenangan. "Saat ini tidak terlalu penting berapa poin kami unggul karena ini masih Desember. Sekarang bukan waktunya menjadi headline di media tetapi bagaimana fokus di setiap pertandingan dan mendapatkan sebanyak mungkin poin," ujar Klopp dikutip dari Liverpoolfc.com.

3. Liverpool menutup tahun 2018 dengan catatan unbeatable alias tidak terkalahkan

Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!twitter.com/LFC

Kemenangan atas Arsenal dini hari tadi membuat Liverpool mampu menutup tahun 2018 dengan catatan mengesankan. Liverpool belum pernah merasakan pahitnya kekalahan dalam 20 pertandingan di Liga Inggris musim 2018/19 ini. Dari 20 pertandingan, Liverpool mencatat 17 kemenangan dan tiga kali hasil imbang.

Tidak hanya itu, Liverpool juga menjadi tim memiliki pertahanan paling kokoh di Liga Inggris musim ini. Liverpool menjadi tim yang gawangnya paling sedikit kemasukan gol. Dalam 20 pertandingan, gawang Alison hanya kemasukan 8 gol. Liverpool juga mencatat 12 clea sheets dalam 20 laga.

Sementara dalam hal produktivitas gol, Liverpool sudah mencetak 48 gol. The Reds hanya kalah dari Manchester City yang sudah mencetak 48 gol. Menariknya, akhir pekan depan di awal tahun, Liverpool akan menghadapi Manchester City di Manchester.pada pekan ke-21 Liga Inggris.

4. Pujian untuk Salah yang tidak egois

Liverpool Pesta Gol ke Gawang Arsenal, Ini 4 Fakta Menariknya!twitter.com/XS_11official

Ada kejadian menarik di babak kedua pertandingan Liverpool menghadapi Arsenal. Ketika Liverpool mendapat penalti kedua di menit ke-65. Salah yang merupakan penendang penalti pertama Liverpool dan di babak pertama telah mencetak satu gol dari titik penalti, memilih untuk menyerahkannya kepada Firmino. Salah rupanya memberikan kesempatan kepada Firmino untuk mencetak hat-trick di pertandingan tersebut. Dan dia berhasil melakukannya.

Padahal, bila Salah yang mengambilnya, dia berpeluang memimpin daftar top skor sementara Liga Inggris. Dengan satu golnya di laga itu, Salah kini mencetak 13 gol, sama dengan jumlah gol penyerang Arsenal Pierre Emerick-Aubameyang dan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Sikap tidak egois Salah tersebut mendapat pujian dari pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Di website resmi klub Liverpool, Klopp menyebut hal itu sebagai salah satu hal paling menyenangkan yang pernah dia lihat sepanjang hidupnya. "Saya tidak yakin pemain lainnya akan melakukan hal serupa seperti Mo Salah. Ketika saya lihat dia merayakan gol bersama Bobby (Firmino), itu sungguh luar biasa. Sejauh ini, itulah ekspresi terbaik musim ini. Sangat menyenangkan," ujar Klopp.

Yang jelas, dengan kemenangan atas Arsenal, Liverpool semakin mantap menyambut tahun 2019. Mereka masih memiliki 18 pertandingan untuk menjemput gelar Liga Inggris yang telah mereka tunggu sekian lama. Fans Liverpool, yakin Liverpool juara musim ini?

Baca Juga: Liverpool vs Arsenal dan Hal-Hal Menarik Dibaliknya

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya