Pesta Gol di Piala FA, Guardiola: Kami Berpeluang Meraih 4 Trofi

Ngeri, Man City mencetak 30 gol dalam 7 laga terakhir

Manchester City kembali mengamuk. Tim yang dilatih Pep Guardiola ini kembali menang dengan skor besar. Adalah tim Premier League, Burnley yang menjadi 'korban' terakhir Manchester City. Manchester City berpesta gol ke gawang Burnley di putaran IV Piala FA, Sabtu (26/1/2018) malam waktu setempat.

Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Manchester City memang serius memburu semua gelar yang bisa mereka dapatkan di musim 2018/19 ini. Bagaimana cerita kemenangan besar Manchester City atas Burnley dan seperti apa respons Guardiola menyikapi kemenangan ini?

1. Turunkan starting XI terbaik, City pesta gol 5-0 ke gawang Burnley

Pesta Gol di Piala FA, Guardiola: Kami Berpeluang Meraih 4 Trofitwitter.com/Notamendi30

Jangan meragukan keseriusan Manchester City untuk memenangi trofi selain Liga Inggris. Keseriusan itu terlihat dari pemain-pemain yang diturunkan saat menghadapi tim sesama Premier League, Burnely di Etihad Stadium pada putaran IV Piala FA (26/1/2019).

Pelatih City, Pep Guardiola menurunkan hampir semua pemain terbaiknya di laga ini. Mulai dari kiper Ederson, duet John Stones dan Nicholas Otamendi di lini belakang, trio Ilkay Gundogan, Fernandinho dan Kevin de Bruyne di lini tengah, hingga trisula Riyadh Mahrez, Gabriel Jesus dan Bernardo Silva di lini depan.

Hasilnya, City menang 5-0. Pesta gol City diawali gol Gabriel Jesus di menit ke-23. Di babak kedua, Bernardo Silva memperbesar keunggulan City di menit ke-52, disusul gol De Bruyne menit ke-61 dan gol bunuh diri Kevin Long di menit ke-73. Penalti Sergio Aguero yang masuk di babak kedua pada menit ke-85, menutup pesta gol City.

Dikutip dari BBC, Guardiola memuji pemainnya yang tampil fokus dan profesional, tidak peduli mereka bermain di level (kejuaraan) apa.

"Tentu saja saya senang dengan kemenangan ini. Semua pemain berkontribusi membantu tim. Ini kemenangan penting. Kami tahu betapa hebatnya tradisi di Piala FA, karena itu kami ingin lolos dan bermain di fase berikutnya," ujar Guardiola.

Baca Juga: Piala FA: Bantai Burnley 5-0, Manchester City Melaju Ke Babak Kelima

2. Man City lanjutkan penampilan 'mengerikan' selama Januari 2019

Pesta Gol di Piala FA, Guardiola: Kami Berpeluang Meraih 4 Trofitwitter.com/IlkayGuendogan

Kemenangan atas Burnley menjadi lanjutan penampilan 'mengerikan' Manchester City di awal tahun 2019 ini. Disebut mengerikan karena City kerapkali menang dengan skor sadis. Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani selama Januari, Manchester Biru selalu menang. Bahkan, mereka mencetak 30 gol dengan hanya kemasukan satu gol.

Tren hebat City di bulan Januari diawali dengan kemenangan 2-1 atas Liverpool (4/1) di Liga Inggris, 7-0 atas Rotherham United di Piala FA (6/1), 9-0 atas Burton Albion di semifinal pertama Carabao Cup (10/1), 3-0 atas Wolverhampton Wanderers (15/1), 3-0 atas tuan rumah Huddersfield (20/1), 1-0 di markas Burton Albion di semifinal kedua Carabao Cup (24/1) dan tadi malam menang 5-0 atas Burnley di Piala FA.

Setelah pertandingan tadi malam, pelatih Burnley, Sean Dyche bahkan menyebut City akan bisa memenangi semua trofi di musim ini. "Siapa yang bisa menghentikan mereka memenangi semuanya jika mereka dalam mood seperti ini. Sangat sulit menghentikan tim seperti ini bila mereka sedang dalam form bagus," ujar Dyche dikutip dari BBC.

3. Guardiola berharap Man City bisa memenangi semua trofi

Pesta Gol di Piala FA, Guardiola: Kami Berpeluang Meraih 4 Trofitwitter.com/ManCity

Dan memang, seperti kata Sean Dyche tersebut, Manchester City memang berambisi meraih semua gelar di musim 2018/19. Yakni trofi Liga Inggris, Liga Champions, Piala FA dan Carabao Cup. Mungkinkah? Tidak ada yang tidak mungkin.

Satu gelar sudah ada di depan mata, yakni Carabao Cup. Manchester City akan menghadapi Chelsea di final Carabao Cup pada 24 Februari mendatang. Di Piala FA, City juga sudah lolos ke babak 16 besar. Begitu juga di Liga Champions, mereka lolos ke babak 16 besar dan akan menghadapi tim Jerman, Schalke pada 21 Februari. Dan di Liga Inggris, City kini berada di peringkat dua dan masih tertinggal 4 poin dari Liverpol dengan masih ada 15 pertandingan.

Dikutip dari website resmi Man City, Guardiola menyampaikan harapannya untuk meraih semua gelar setelah di awal musim ini sudah memenangi Community Shield. Demi mencapai harapan tersebut, pelatih asal Spanyol ini menyebut selalu menganalisis penampilan timnya di setiap pertandingan.

"Setelah Carabao Cup, kami juga ingin tampil di babak terakhir (final) Piala FA dan Liga Champions dan juga berjuang hingga akhir di Liga Inggris. Itu satu-satunya yang ingin kami capai. Tentu saja kami harus terus tampil bagus, tetapi saya senang dengan komitmen pemain," sebut Guardiola seperti dikutip dari situs resmi klub Man City.

4. Man City Bisa bertemu Manchester United di putaran V Piala FA

Pesta Gol di Piala FA, Guardiola: Kami Berpeluang Meraih 4 Trofitwitter.com/ManUtd

Menariknya, di putaran V alias babak 16 besar Piala FA yang drawingnya akan dilakukan pada Senin (28/1/2019) besok, Manchester City bisa saja bertemu dengan tim sekota mereka, Manchester United. Sebelumnya, Manchester United lebih dulu memastikan lolos ke putaran V lewat kemenangan 3-1 di markas Arsenal, Jumat (25/1/2019) malam.

Andai itu menjadi kenyataan, tentunya akan sangat menarik. Sebab, tidak hanya Manchester City yang tengah on fire, Manchester United kini juga tengah tampil hebat di bawah kendali Ole Gunnar Solksjaer dengan meraih 8 kemenangan dari 8 pertandingan.

Ketika ditanya media menyoal kemungkinan melakoni "derby Manchester" di putaran V Piala FA, Pep Guardiola menjawab diplomatis. Meski, dia mengisyaratkan optimistis bisa lolos ke babak berikutnya di Piala FA.

"Saya tidak bisa mengatur drawing. Terpenting, kami akan ada di sana (drawing). United juga menang delapan kali beruntun. Tetapi saya tidak tahu drawingnya akan seperti apa. Semoga kami bisa lolos ke babak berikutnya," ujar mantan pelatih Bayern Munchen dan Barcelona ini.

Menarik ditunggu apakah Manchester City bisa tetap tampil stabil seperti di awal tahun. Bila Sergio Aguero dkk bisa terus tampil seperti ini, mereka akan punya peluang untuk meraih empat gelar (Liga Inggris, Liga Champions, Piala Fa dan Carabao Cup) seperti harapan Guardiola. Mungkinkah terjadi?

Baca Juga: Man City ke Final Carabao Cup, Guardiola: Kami Serius di Kompetisi Ini

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya