5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United 

Pendekar United gaet pemain futsal top dunia

Futsal Indonesia tengah bergairah. Kedatangan pemain terbaik dunia enam kali, Ricardinho, ke Pendekar United, membuat atmosfer futsal di Indonesia terangkat.

Ricardinho akan bermain di Pendekar United dengan durasi tiga bulan ke depan. Memang, kehadirannya membuat gengsi futsal Indonesia terangkat. Apalagi, Ricardinho mengumumkan langsung di akun instagramnya, @ricardinho10official. 

"Ini akan jadi petualangan luar biasa saya di luar negeri. Proyek yang dipenuhi ambisi, di negara yang mencintai futsal, saya ingin membantu klub ini meraih prestasi dan sesuatu yang unik. Ayo, kita menuju Indonesia!" tutur Ricardinho.

Sebelum menyaksikan aksi Ricardinho, ada baiknya kita intip dulu fakta menarik dari pemain yang disebut CR7 versi futsal tersebut seperti dilansir berbagai sumber.

1. Profil Ricardinho 

5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United Ricardinho saat mengenakan seragam latihan Timnas futsal Portugal. (instagram.com/ricardinho10oficial)

Ricardinho merupakan pemain futsal asal Portugal. Pria  yang memiliki nama lengkap Ricardo Filipe Da Silva ini lahir pada 3 September 1985 di Valbom, sebuah daerah di Kota Porto, Portugal. Dia merupakan pemain futsal dengan posisi flank.

Kariernya diawali dengan memperkuat Miramar, salah satu klub futsal di Portugal. Setelah itu, bergabung dengan klub futsal profesional Benfica mulai 2003 hingga 2010. Lalu, dia hijrah dan memperkuat sejumlah klub di luar Portugal. Salah satunya di Indonesia dengan gabung Pendekar United selama tiga bulan hingga akhir musim 2022.

Baca Juga: [BREAKING] Luar Biasa! Klub Futsal Atta Halilintar Rekrut Ricardinho

2. Dijuluki sebagai O Magico

5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United Ricardinho berhasil membantu Timnas futsal Portugal menjadi kampiuan pada Piala Dunia Futsal 2021. (instagram.com/ricardinho10oficial)

Selama berkarier di Benfica futsal, Ricardinho berhasil mencatatkan 195 gol dalam 98 penampilan. Torehan gemilang tersebut berlanjut saat dia beseragam Inter Movistar, salah satu klub di Spanyol. Dia berhasil membawa timnya meraih gelar juara Liga Champions Futsal secara back to back pada musim 2016/17 dan 2017/18.

Kesuksesannya di klub juga menular di Timnas Portugal. Dia berhasil membawa Timnas Portugal juara Piala Futsal Eropa pada 2018. Kemudian, dia juga mengantarkan Portugal sebagai kampiun Piala Dunia Futsal pada 2021.

3. Dinobatkan sebagai pemain terbaik futsal sebanyak enam kali

5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United Ricardinho (instagram.com/ricardinho10oficial)

Saat memperkuat Benfica, Ricardinho tidak hanya sukses meraih gelar secara tim saja. Namun, dia juga berhasil menyabet sejumlah gelar individu. Adapun gelar individu pertama Ricardinho adalah pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak liga futsal Portugal pada musim 2006/07.

Talenta luar biasa yang dimiliki Ricardinho dalam bermain futsal membuatnya diakui sebagai pemain terbaik dunia. Bahkan, dia berhasil mendapatkan predikat tersebut sebanyak enam kali, yakni pada 2010, 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

4. Pernah bermain di divisi dua Prancis

5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United Ricardinho (instagram.com/ricardinho10oficial)

Banyaknya gelar yang dimiliki Ricardinho baik secara tim maupun individu ternyata tidak membuat Ricardinho selalu bermain di divisi pertama. Dia pernah bermain bersama ACCS yang merupakan klub divisi dua futsal Prancis. Dia bermain di ACCS selama dua musim, yakni pada musim 2020/21 dan 2021/22.

Bermain di divisi dua bukan menandakan masa keemasan Ricardinho telah usai. Bahkan, dia berhasil membawa ACCS menjadi juara divisi dua Prancis pada musim 2021/22. Gelar juara tersebut juga membuat ACCS berhasil naik kasta teratas.

5. Ricardinho sempat main di Jepang

5 Fakta Ricardhino, CR7 Versi Futsal Milik Pendekar United Ricardinho menjadi kapten Timnas futsal Portugal saat pertandingan Piala Dunia Futsal 2021. (instagram.com/ricardinho10oficial)

Ricardinho memulai karier futsal profesionalnya dengan memperkuat Benfica pada 2003 hingga 2010. Setelah tujuh tahun bermain di Portugal, dia berlabuh ke klub asal Jepang, Nagoya Oceans, pada 2010 hingga 2013. Selama di Jepang, dia pernah dipinjamkan ke CSKA Moskow pada 2011 dan Benfica di musim 2011/12.

Setelah berpetualang di liga futsal Portugal dan Jepang, dia memilih bermain bersama Inter Movistar di Spanyol mulai 2013 sampai 2020. Puas bermain di Spanyol, dia hijrah ke Prancis dengan memperkuat ACCS yang berlaga di divisi dua dan berhasil mengantarkanya promosi ke divisi utama. Setelah meraih kesuksesan dengan ACCS, Ricardinho memutuskan bergabung dengan Pendekar United, salah satu klub liga futsal Indonesia.

Baca Juga: Profil Ricardinho, Bintang Futsal Dunia yang Mendarat ke Indonesia

Hamdan Khoiru Abdillah Photo Writer Hamdan Khoiru Abdillah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya