Drama Jepang dan Senegal di Piala Dunia Sebagai Wakil Asia dan Afrika

#WorldCup2018 Jepang maju ke 16 besar

Jakarta, IDN Times – Drama menarik terjadi laga terakhir Grup H Piala Dunia 2018. Jepang sebagai satu-satunya wakil Asia yang berhasil lolos ke babak penyisihan. Namun tidak bagi Senegal sebagai satu-satunya wakil Afrika yang gagal melangkah lebih jauh.

Sebelum pertandingan dimulai, Jepang dan Senegal memimpin klasemen Grup H untuk lolos ke babak 16 besar. Jepang berhadapan dengan Polandia dan Senegal menjamu Kolombia. Namun gol Jan Bednarek untuk Polandia dan gol Y Mina untuk Kolombia membuat semuanya berubah.

1. Saling menekan, kedua pertandingan berjalan monoton di babak pertama

Drama Jepang dan Senegal di Piala Dunia Sebagai Wakil Asia dan AfrikaFIFA

Pertandingan bisa dibilang berjalan monoton pada babak pertama. Polandia menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 56 persen. Jepang dan Polandia sama-sama melepaskan 5 tembakan sepanjang babak pertama tapi hingga akhir babak pertama skor kacamata tidak berubah.

Begitu juga dengan Senegal vs Kolombia. Meski hanya menguasai bola 45 persen, Senegal mampu memberikan tekanan dengan total 4 kali tembakan, berbeda dengan Kolombia yang hanya melepaskan satu tembakan dengan penguasaan bola 55 persen.

2. Drama menegangkan di babak kedua

Drama Jepang dan Senegal di Piala Dunia Sebagai Wakil Asia dan Afrikamirror.co.uk

Di babak kedua, Polandia membuka keunggulan mereka melalui gol Jan Bednarek di menit 60. Berawal dari tendangan bebas Rafal Kurzawa ke mulut gawang Jepang, bek muda Southampton itu meneruskannya dengan kaki kanannya. Skor 1-0 untuk Polandia.

Gol ini sempat mengancam Jepang tidak lolos ke babak penyisihan. Namun pada pertandingan lain, Y Mina mencetak gol untuk Kolombia atas Senegal di menit 74. Gol ini membuat Jepang kembali memiliki kesempatan lolos ke babak penyisihan termasuk membuat Kolombia naik ke peringkat pertama grup H.

Unggul satu gol tidak membuat Polandia puas. Mereka terus melancarkan serangan ke pertahanan Jepang. Beberapa kali peluang yang dibuat Lewandowski dkk nyaris menambah keunggulan Polandia. Total Polandia melepaskan 11 tembakan dengan 5 off target dan 2 on target dan 4 diblok. Jepang melepaskan 9 tembakan dimana 3 tembakan on target, 3 off target dan 3 diblok. Meski menang dengan skor 1-0 Polandia tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Di pertandingan lain, gol tunggal Y Mina membuat Kolombia lolos. Kolombia bermain efektif dengan melepaskan 4 tembakan dengan 2 in target dan 1 off target dan 1 diblok. Senegal dibuat tak berdaya meski menguasainya jalannya pertandingan dengan 8 tembakan, 3 on target, 4 off target dan 1 diblok.

3. Jepang yang lolos dan catatan buruk Senegal untuk Afrika

Drama Jepang dan Senegal di Piala Dunia Sebagai Wakil Asia dan AfrikaFIFA

Meski Jepang dan Senegal memiliki poin dan selisih gol yang sama, Jepang masuk ke babak 16 besar berkat jumlah kartu yang mereka terima di babak grup lebih sedikit dibanding Senegal. Jepang mendapat 4 kartu kuning dan Senegal mengoleksi 6 kartu kuning dalam 3 pertandingan.

Catatan buruk bagi Senegal sebagai satu-satunya wakil Afrika yang tersisa. Ini adalah kali pertama sejak 1986, tidak ada wakil Afrika yang maju ke babak 16 besar.

Sementara itu Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia yang masuk ke babak 16 besar.

Baca Juga: Ditekuk Polandia dengan Skor 0-1, Jepang Lolos ke Babak 16 Besar 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya