Comscore Tracker

Perlu Adaptasi, Ronald Koeman: De Ligt Harus Bertahan ala Italia

Performa De Ligt di Juventus masih belum optimal

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, memberikan komentarnya mengenai Matthijs de Ligt yang kini bermain di Serie A bersama Juventus. Menurutnya, De Ligt masih perlu melakukan beberapa adaptasi dalam permainannya di Serie A.

Koeman meminta De Ligt untuk bermain dengan cara bertahan ala Italia. Ia pun cukup merasa yakin bahwa De Ligt tak lama lagi akan bersinar bersama Juventus.

1. De Ligt masih perlu adaptasi di Italia

Perlu Adaptasi, Ronald Koeman: De Ligt Harus Bertahan ala Italianos.nl

De Ligt sendiri baru saja didatangkan oleh Juventus pada bursa transfer musim panas yang lalu. Ia ditebus dengan harga fantastis senilai 75 juta euro usai tampil apik sepanjang musim bersama dengan Ajax Amsterdam. Akan tetapi, performa De Ligt sejauh ini bersama Juventus masih jauh dari kata apik. Koeman merasa bahwa De Ligt masih perlu melakukan adaptasi bersama Juventus.

"Selalu akan menjadi tugas berat untuk beradaptasi dengan tim, negara dan rekan setim yang baru," ujar Koeman. "Banyak kritik datang, namun dia tetap bermain baik dengan timnas. Seiring dengan waktu saya rasa dia akan beradaptasi dengan posisi barunya di Juventus. Saya pun merasa dia akan mencapai level yang tinggi bersama timnas dan Juventus."

Baca Juga: Resmi! Juventus Rekrut Matthijs de Ligt dari Ajax

2. De Ligt harus belajar bertahan ala Italia

Perlu Adaptasi, Ronald Koeman: De Ligt Harus Bertahan ala Italiaradiorisaala.com

Koeman juga merasa yakin bahwa masih banyak hal yang dapat ditingkatkan dari De Ligt. Salah satunya adalah teknik bertahan yang baru ala Italia. Menurut Koeman, pendekatan permainan bertahan De Ligt harus berbeda dengan saat ia masih bermain di Ajax. Selain itu, De Ligt juga harus menyesuaikan diri dengan permainan zone marking ala Maurizio Sarri.

"Saya pikir De Ligt memang butuh beradaptasi dengan cara bertahan yang baru, karena pendekatannya sangat berbeda dengan cara dia bermain kala di Ajax. Hal itu mungkin adalah 'sekolah sepak bola Italia," ujar Koeman. 

3. Performa De Ligt masih belum cukup memuaskan

Perlu Adaptasi, Ronald Koeman: De Ligt Harus Bertahan ala Italiacalciomercato.com

Datang dengan harga selangit, tak heran banyak ekspektasi besar disematkan kepada De Ligt. Namun, masih jauh panggang dari api. Penampilan De Ligt masih belum dapat memuaskan para suporter Juventus. Ia pun panen kritikan atas penampilannya.

Terakhir, De Ligt tampil mengecewakan pada pertandingan melawan Inter Milan di Giuseppe Meazza, Minggu (6/10/2019). De Ligt menyentuh bola di kotak terlarang yang berimbas kepada diberikannya hadiah penalti kepada Inter Milan. Sejak laga debutnya kontra Napoli, De Ligt total telah bermain sebanyak 5 laga di Serie A.

Baca Juga: Matthijs de Ligt Capai Kesepakatan Personal dengan Juventus

Hendi Handoko Photo Community Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You