Usai Kalahkan PSG, Rio Ferdinand: MU Tak Layak Dapat Penalti

Penalti Rashford menimbulkan banyak kontroversi

Manchester United berhasil lolos ke babak delapan besar Champions League usai menang dramatis atas Paris Saint-Germain dengan skor 1-3. Pada laga itu, Manchester United mendapat penalti menjelang peluit panjang berbunyi. Penalti itu sendiri diberikan setelah wasit meninjau ulang dari VAR (Video Assistant Referee) yang menunjukkan handsball Kimpembe di kotak terlarang.

Akan tetapi legenda Manchester United, Rio Ferdinand, tidak setuju dengan keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Manchester United.

1. Penalti Rashford dipenuhi kontroversi

Usai Kalahkan PSG, Rio Ferdinand: MU Tak Layak Dapat Penaltiskysports.com

Meski Manchester United berhasil lolos ke babak selanjutnya, proses terjadinya gol penentu kemenangan The Red Devil juga dipenuhi dengan kontroversi. Banyak pihak yang menilai jika Manchester United tak layak mendapatkan penalti di menit-menit akhir.

Pendapat itu pun diutarakan oleh mantan pemain mereka sendiri, Rio Ferdinand. Menurutnya, Manchester United tak selayaknya mendapatkan hadiah penalti. "Saya tidak peduli dengan ucapan wasit, ini bukanlah handball. Kimpembe tidak menghadap ke arah bola. Bukan posisi yang natural untuk berdiri dengan tangan rapat ketika menghadapi bola. Saya tidak berpikir itu handball," ujar Ferdinand.

Baca Juga: Solskjaer: Kemenangan Ajax Menginspirasi Kebangkitan Manchester United

2. Hal senada juga diungkapkan oleh Michael Owen dan Owen Hargreaves

Usai Kalahkan PSG, Rio Ferdinand: MU Tak Layak Dapat Penaltiskysports.com

Selain Rio Ferdinand, ternyata banyak juga mantan pemain Manchester United yang menyuarakan hal yang serupa. Michael Owen dan Owen Hargreaves juga mengungkapkan hal yang sama. Kedua mantan pemain Manchester United yang kini bekerja sebagai pundit sepak bola itu pun tidak setuju dengan keputusan penalti yang diberikan oleh wasit. 

"Dengan pandangan netral saya tidak berpikir itu merupakan penalti dalam sejuta tahun. Itu bukan penalti untuk saya atau siapa pun di ruangan ini," ujar Michael Owen. "Saya merasa, jika anda bertanya kepada para mantan pemain, mereka akan setuju kalau itu bukanlah penalti. Rio Ferdinand bahkan juga sepakat dengan kami," tambah Hargreaves.

3. Kontroversi VAR kembali mencuat

Usai Kalahkan PSG, Rio Ferdinand: MU Tak Layak Dapat Penaltiskysports.com

Penggunaan teknologi VAR di sepak bola ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi dapat membuat pertandingan berjalan dengan lebih adil, namun di sisi lain dapat membuat munculnya kontroversi. Dengan adanya VAR, aturan di dalam sepakbola pun banyak yang mengalami perubahan.

Penggunaan VAR di Liga Champions sendiri baru diterapkan pada musim ini, khususnya di babak 16 besar. Penggunaan pertama VAR  baru digunakan di pertandingan leg pertama antara Ajax Amsterdam kontra Real Madrid yang berakhir dengan skor 1-2. 

Baca Juga: Dramatis: Come Back Apik Manchester United Berhasil Singkirkan PSG

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya