Comscore Tracker

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggris

Tinggal Pogba yang masih berseragam MU

Manchester United klub dengan koleksi gelar 20 trofi liga Inggris dikenal sebagai klub yang tak segan mengeluarkan dana besar dalam mendatangkan pemain. MU sudah sering memecahkan rekor transfer di Inggris untuk bisa memboyong pemain impian tim.

Nah, disini telah dirangkum 10 pemain Manchester United yang pernah memecahkan rekor transfer di Inggris.

1. Denis Law (1962) - 115 ribu pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisskysports.com

Denis Law penyerang yang menjadi top skor ke-3 sepanjang masa klub ini diboyong dari Torino dengan mahar 115 ribu pounds, yang memecahkan rekor transfer Inggris di tahun 1962.

Total gol Law adalah 237 gol jumlah gol yang dicetak hanya kalah dari Charlton dan Rooney. Bersama MU trofi yang diraih dua gelar liga, satu kali juara Piala FA dan sekali juara European Cup.

2. Gordon McQueen (1978) - 495 ribu pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisalchetron.com

Tahun 1978 Manchester United kembali memecahkan rekor transfer dengan merekrut Gordon McQueen bek andalan Leeds United seharga 495 ribu pounds. McQueen membela MU selama tujuh tahun dan mengantarkan klub meraih satu gelar Piala FA.

3. Bryan Robson (1981) - 1,5 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggristalksport.com

Di tahun 1981 rekor transfer di Inggris kembali dibuat oleh MU kali ini yang direkrut gelandang hebat Bryan Robson dari West Brom, Robson membuat MU mengeluarkan 1,5 juta pounds.

Memboyong Robson terbukti tepat dia menjadi andalan tim dan menjadi kapten. Selama di MU trofi diraih dua gelar liga, tiga gelar Piala FA dan sekali juara Cup Winners Cup.

4. Roy Keane (1993) - 3,75 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisgoal.com

Di era Premier League rekor transfer Inggris yang pertama kali dipecahkan MU, ketika mendatangkan Roy Keane dengan biaya 3,75 juta pounds. Kedatangan Keane menandakan awal dominasi MU di Prmier League.

Selama Keane berkarier di MU telah meraih tujuh trofi liga, empat Piala FA dan sekali mengangkat trofi Liga Champions.

5. Andy Cole (1995) - 7 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisskysports.com

Performa impresif Andy Cole di Newcastle membuat MU merekrutnya dengan biaya 7 juta pounds. Transfer tersebut memecahkan rekor rekrutan termahal di Inggris.

Karier Cole di MU berjalan mulus Cole mencetak 121 gol dari 275 penampilan. Trofi yang Cole raih bersama MU yaitu lima trofi liga, dua kali juara Piala FA dan sekali menjuarai Liga Champions. Cole menjadi pemain kunci MU saat meraih treble winners di tahun 1999.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Manchester United di Derby Manchester 

6. Ruud van Nistelrooy (2001) - 19 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisskysports.com

Demi mendatangkan Ruud van Nistelrooy di 2001 MU harus memecahkan rekor transfer Inggris dengan biaya 19 juta pounds. Penyerang berpaspor Belanda ini berhasil menyarangkan 150 gol dari 219 laga.

Di musim debutnya Ruud van Nistelrooy dinobatkan sebagai pemain terbaik. Kecermalangan kariernya berlanjut di musim kedua yang mengantarkannya meraih top skor Premier League.

7. Juan Sebastian Veron (2001) - 28,1 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisplanetfootball.com

Beberapa pekan setelah Ruud van Nistelrooy tiba di MU kembali memecahkan rekor transfer yang mereka buat. Rekor baru tercipta ketika MU mendatangkan Juan Sebastian Veron dari 28,1 juta pounds.

Pemain yang sukses membawa Lazio meraih Scudetto tampil kurang memuaskan selama dua tahun di MU. Veron bersama MU sekali memenangkan Premier League di musim keduanya, sebelum hengkang ke Chelsea.

8. Rio Ferdinand (2002) - 30 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisskysports.com

Di 2002 Sir Alex Ferguson kembali membuat MU memecahkan rekor transfer di Inggris. Fergie memboyong bek tangguh Rio Ferdinanand yang menjadi andalan klub selama 12 tahun.

30 juta pounds yang MU keluarkan tidak terbuang percuma Ferdinand sosok tangguh di lini belakang. Ferdinand selama di MU telah enam kali menjuarai Premier League dan sekali mengangkat trofi Liga Champions di 2008.

9. Angel Di Maria (2014) - 59,7 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrisgoal.com

Bergabungnya Angel Di Maria dengan biaya 59,7 juta pound di 2014 diyakini akan memberikan dampak yang signifikan untuk MU. Namun, Di Maria yang membuat rekor rekrutan termahal di Inggris gagal  memenuhi ekspektasi. Di Maria hanya semusim di MU dia melanjutkan karier di PSG.

10. Paul Pogba (2016) - 89 juta pounds

10 Pemain Manchester United yang Memecahkan Rekor Transfer Inggrismanutd.com

Untuk membawa Pogba kembali ke Old Trafford di 2016 mahar 89 juta pounds harus MU bayar ke Juventus. Harga tersebut menjadikan Pogba rekrutan termahal di Inggris hingga saat ini.

Pogba belum memberikan dampak signifikan untuk MU gelandang yang menjuarai Piala Dunia ini baru membawa MU menjadi juara Piala Liga dan Europa League.

Itulah 10 pemain Manchester United yang memecahkan rekor transfer di Inggris. Beberapa dari mereka ada yang gagal memenuhi ekspektasi para pendukung MU.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Donny Van De Beek, Bintang Baru Manchester United

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya