Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0

Tottenham berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain

Premier League pekan ke-25 Tottenham menerima tamu kuat Manchester City di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (2/2/2020).

Pertandingan berlangsung sengit, babak pertama terjadi ketegangan akibat keputusan hasil VAR. Di babak kedua, City harus kehilangan satu pemain mereka karena kartu merah dan Tottenham yang unggul jumlah pemain berhasil menang dengan skor 2-0.

1. Debut Steven Bergwijn

Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0theboyhotspur.com

Pemain anyar Tottenham, Steven Bergwijn menjalani debut di laga ini. Bergwijn datang ke Tottenham pada pekan ini, sebelumnya bermain untuk klub Belanda, PSV Eindhoven.

2. Kartu merah Zinchenko

Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0skysports.com

Zinchenko harus meninggalkan lapangan setelah memperoleh kartu kuning keduanya di menit ke-60. Kartu kuning pertama diperoleh di babak pertama, setelah terjadi ribut sehabis penalti. Kartu kuning kedua diperoleh setelah mendorong Harry Winks yang sedang berlari. City harus bermain dengan 10 orang.

Baca Juga: Tottenham Hotspur, Tim Liga Inggris Tersibuk di Bursa Transfer Januari

3. Steven Bergwijn dan Son Heung-Min membawa Tottenham menang

Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0skysports.com

3 menit setelah kartu merah, Tottenham yang unggul jumlah pemain memanfaatkan momentum tersebut dengan baik, dengan pemain debut Bergwijn membawa Tottenham memimpin. Tendangan voli rendah Bergwijn sukses menjebol gawang Ederson.

8 menit kemudian, Son Heung-Min memastikan kemenangan Tottenham. Son menerima bola lalu lepas dari penjagaan Fernandinho, Son melancarkan tendangan keras yang menggandakan keunggulan Tottenham.

4. Drama VAR di pertandingan ini

Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0skysports.com

VAR di pertandingan ini menghasilkan beberapa keputusan yang dianggap kontroversi. Menit ke-12 Sterling melakukan pelanggaran kepada Dele Alli, setelah cek melalui VAR Sterling diberi kartu kuning, tapi Mourinho menganggap itu seharusnya kartu merah.

Lalu ada penalti yang terjadi setelah Aurier melanggar Aguero di kotak penalti. Keputusan awal wasit di lapangan bukan penalti, tetapi pembantu wasit yang mengecek VAR memutuskan penalti dua menit kemudian.

Kemudian penalti City dilakukan oleh Gundongan, tapi berhasil ditepis Lioris dan lalu Sterling ingin memanfaatkan bola rebound, tapi dihadang Lioris. Wasit memutuskan bukan pelanggaran, hasil di VAR juga setuju itu bukan pelanggaran.

5. Fakta menarik dari Opta

Tottenham Membungkam, 10 Pemain Manchester City 2-0skysports.com
  • City telah kalah dalam enam laga Premier League menyamai kekalahan musim 2016/2017 di bawah pelatih Pep Guardiola.
  • Steven Bergwijn menjadi pemain ke-250 yang mencetak gol pada debutnya di Premier League, dan pemain Belanda ke-13 yang melakukannya.
  • City gagal mencetak empat dari enam penalti terakhir yang mereka ambil di semua kompetisi, dengan tiga pemain berbeda bertanggung jawab atas tendangan penalti yang gagal ini (Gabriel Jesus 2 kali, Sterling dan Gundogan sekali).

Kemenangan ini menjadi salah satu laga penting yang berhasil Tottenham menangkan selama ditangani pelatih Jose Mourinho.

Baca Juga: Preview Manchester City Vs Tottenham Hotspur: Siapa di Atas Angin?

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya