3 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Liverpool

ManCity hanya kalah sekali dari 12 duel lawan Liverpool

Jakarta, IDN Times - Duel sengit bakal tersaji dalam laga lanjutan Premier League 2021/22. Manchester City akan bertarung dengan Liverpool pada pekan ke-31 untuk memperebutkan posisi pertama klasemen jelang akhir kompetisi musim ini.

Persaingan ketat antara kedua kesebelasan untuk merebut trofi juara memang semakin panas. Maklum, ManCity (73 poin) yang saat ini masih nyaman di puncak klasemen, hanya terpaut satu angka saja dari The Reds (72 poin) yang membuntutinya di peringkat dua.

Kedua tim dipastikan tak mau kalah dalam pertandingan kali ini. Sebab, jika mereka tersandung, hampir dipastikan bakal sulit kembali mengejar di sisa pertandingan Premier League. Walhasil, banyak yang menyebut duel ini merupakan final yang menentukan siapa yang bakal meraih titel musim ini.

Dalam duel pertama ManCity melawan Liverpool, hasil pertandingan berakhir sama kuat 2-2. 

Tentu banyak catatan menarik yang tersaji jelang duel ManCity melawan Liverpool kali ini. Berikut 5 fakta yang IDN Times sajikan.

1. Manchester City unggul head to head

3 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs LiverpoolManchester City berhasil kalahkan Manchester United dengan skor akhir 4-1 pada lanjutan Premier League pada 6 Maret 2022 waktu setempat. (Instagram.com/mancity)

Manchester City masih sedikit unggul dari 50 pertemuannya dengan Liverpool di pelbagai ajang. Total, mereka bisa meraih 20 kemenangan, 12 imbang, dan 18 kali sisanya menderita kekalahan. 

Yang cukup menarik, The Citizen hanya kalah sekali dalam 12 pertemuan terakhirnya melawan Liverpool, termasuk di Premier League. Sisanya ManCity bisa mengemas tujuh kemenangan dan empat imbang melawan klub tersebut. Catatan itu bisa jadi modal penting untuk menghadapi lawannya dalam duel nanti.

Baca Juga: Jadwal Premier League Pekan Ini: Ada Liverpool Vs ManCity

2. Liverpool sudah empat kali beruntun tak bisa menang dari ManCity

3 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs LiverpoolPhil Foden ketika mencetak gol ke gawang Liverpool. (fotmob.com)

Liverpool harus lebih hati-hati berhadapan dengan Manchester City. Mereka punya catatan buruk dalam empat pertemuan terakhirnya lawan klub kaya raya Inggris itu. Tercatat, ManCity berhasil mencuri dua kemenangan dan dua hasil imbang dalam duel mereka.

Sebelumnya, catatan jeblok Liverpool juga pernah dirasakan pada medio 2011-2013. Mereka bahkan melewati lima duel melawan ManCity tanpa sekalipun merengkuh tiga poin.

Hal itu diperparah fakta jika Liverpool tak pernah nirbobol ketika bertandang ke Etihad dalam 10 aksi terakhirnya. Terakhir kali mereka bisa melakukan clean sheet adalah saat bersua ManCity di Premier League pada 2010 silam.

3. Klopp jadi pelatih yang paling sering mengalahkan Pep Guardiola

3 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Liverpoolpotret Jurgen Klopp dan Pep Guardiola (football-tribe.com)

Kekalahan satu-satunya ManCity adalah saat keok di Etihda Stadium 1-4 tujuh tahun silam. Kala itu, Liverpool baru saja ditangani pelatih bertangan dingin, Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu dikenal sebagai manajer di Premier League yang mampu membuat Pep Guardiola kesulitan.

Buktinya, Pep Guardiola tercatat paling sering dikalahan Klopp di berbagai kompetisi. Total, delapan pertarungan mampu diamankan Klopp dengan kemenangan, tapi hal serupa juga berlaku sebaliknya. Pep merupakan pelatih yang sering mengalahkan Klopp dengan catatan delapan kemenangan.

Berutung, Liverpool sedang dalam performa ciamik memasuki putaran kedua ini. Mereka bahkan bisa memenangi 10 pertandingan tandang di Premier League musim ini. Hal itu setidaknya bisa menunjukkan jika Liverpool punya kans menang di Etihad melawan Manchester City.

Baca Juga: Liverpool dan ManCity Bentrok 2 Kali dalam 7 Hari, Panas!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya