Comscore Tracker

4 Bintang Australia yang Harus Diwaspadai Timnas Wanita

Australia dihuni pemain kelas dunia di Piala Asia Wanita

Jakarta, IDN Times - Timnas Wanita Indonesia langsung dihadapkan dengan duel sulit dalam laga pertamanya di Grup B Piala Asia Wanita 2022. Mereka langsung bentrok dengan Australia, tim yang notabene dijagokan jadi kampiun di ajang tersebut tahun ini.

Kedua tim dijadwalkan bakal saling berhadapan di Mumbai Football Arena pada Jumat (21/1/2022). Australia yang punya target tinggi bakal memanfaatkan momentum dalam laga awal untuk membuat start bagus di Piala Asia Wanita edisi kali ini.

Jika membandingkan pemain-pemainnya, sudah jelas Australia punya skuad yang jauh lebih mentereng dibandingkan Timnas Wanita. Bagaimana tidak, mayoritas pemainnya merupakan andalan di klub-klub Eropa. Hanya enam pemain saja yang tampil di liga domestik.

Sebaliknya, Timnas Wanita hanya punya satu pemain yang mentas di luar negeri. Dia adalah Shalika Aurelia Viandrisa, yakni bek potensial yang baru saja direkrut  klub Serie B Italia, Roma Calcio Femminile.

Lalu, sebanyak dua pemain tercatat masih terikat kontrak dengan klub Liga Indonesia. Mereka adalah Sabrina Mutiara Firdaus W (Arema FC) dan Octavianti Dwi Nurmalita (Persiba). Sisanya, mayoritas pemain Timnas Indonesia Wanita merupakan pemain-pemain dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

Hal itu menunjukkan jika secara pengalaman, Australia jauh unggul di atas Timnas Wanita. Namun, hal itu tak menjamin skuad berjuluk Matilda ini bisa menang dengan mudah. Bisa saja tim besutan Rudy Eka Priyambada yang mampu membuat kejutan dengan pemainnya.

Memang diperlukan kerja keras untuk bisa meredam tim bertabur bintang seperti Australia. Hanya saja, mereka harus bisa mematikan pemain-pemain yang berpotensi bakal menyulitkan di lapangan nanti.

Berikut merupakan pemain-pemain Australia yang berpotensi menyulitkan dan harus dimatikan para pemain Timnas Wanita.

1. Kyah Simon

4 Bintang Australia yang Harus Diwaspadai Timnas WanitaAustralia mengandalkan empat pemain bintang untuk mentas di Piala Asia Wanita 2022. (sun-sentinel.com)

Pemain Australia yang harus bisa diatasi oleh Timnas Wanita adalah Kyah Simon. Pemain senior yang berposisi sebagai penyerang ini sudah punya banyak pengalaman tampil di kancah internasional, termasuk dengan Australia di berbagai ajang, mulai dari Piala Dunia Wanita hingga Olimpiade.

Simon juga menjadi salah satu pemain yang berhasil mempersembahkan gelar Piala Asia Wanita pada edisi 2010 silam.

Total, dia sudah mencatatkan 105 caps dan mampu mengoleksi 27 gol bersama negaranya. Catatan itu berpotensi terus bertambah, mengingat kualitasnya masih belum menurun dan masih jadi andalan di lini serang Australia.

Di level klub, Simon juga sudah sempat mentas di Liga Amerika, Belanda, hingga Inggris. Total trofi yang mampu ia kumpulakn adalah tiga kali juara di A-League Women, satu Eredivisie Women plus satu KNVB Beker Women (PSV Eindhoven).

Baca Juga: Pelatih Timnas Wanita Akui Kehebatan Australia

2. Clare Polkinghorne

4 Bintang Australia yang Harus Diwaspadai Timnas WanitaAustralia mengandalkan empat pemain bintang untuk mentas di Piala Asia Wanita 2022. (news.griffith.edu.au)

Usianya memang tak muda lagi, tapi kemampuan Clare Polkinghorne menjadi palang pintu Australia tak usah diragukan. Dia merupakan pemain andalan yang sudah mengcap banyak penampilan dengan Australia di berbagai ajang. Dia saat ini bahkan tercatat sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk negaranya.

Dia sudah memberikan berbagai trofi untuk Australia, mulai dari Piala Asia Wanita 2010, FFA Cup of Nations 2019, hingga Tournamen of Nations 2018.

Petualangannya bersama klub juga sudah sangat banyak. Namun, dia dikenal sebagai ikon sepak bola Brisbane Roar. Satu gelar A-League women bahkan berhasil dipersembahkan pemain yang kini membela klub asal Swedia, Vittsjo.

Tentunya, para penyerang Timnas Wanita yang dimotori Zahra Muzdalifah harus lebih cerdas untuk bisa menembus benteng bernama Polkinghorne. Jika dapat diatasi, bukan tak mungkin skuad Garuda Pertiwi bisa mencetak gol dalam duel nanti.

3. Emily van Egmond

4 Bintang Australia yang Harus Diwaspadai Timnas WanitaAustralia mengandalkan empat pemain bintang untuk mentas di Piala Asia Wanita 2022. (newsapi.com.au)

Jika bicara tentang sosok yang punya peran sangat vital dalam permainan Australia, nama Emily van Egmond tampaknya paling tepat. Pemain dengan nomor punggung 10 ini merupakan motor serangan tim yang punya visi bermain sangat cerdas di lini tengah.

Total, dia sudah mencatatkan 112 penampilan dan 23 gol untuk skuad Matilda di pelbagai ajang. Sayang, dia belum bisa membawa Australia jadi kampiun di Piala Asia Wanita, karena di ajang tersebut edisi sebelumnya dia harus mengakui Jepang di final.

Pengalamannya di level klub tak usah ditanyakan lagi. Dia sudah pernah bermain di berbagai negara mulai dari A-League (Australia), NWSL (Amerika), Frauen Bundesliga (Jerman), dan Women Super League (Inggris). Total, 38 gol sudah dia lesakan bersama klub-klubnya itu mulai dari 2009-2022.

Timnas Wanita tentunya harus bisa mematikan pergerakan Emily. Jika dia diberi keleluasaan untuk bisa mengatur serangan Australia. hampir dipastikan pasukan Srikandi akan sulit mengimbangi Australia dalam laga nanti.

4. Samantha Kerr

4 Bintang Australia yang Harus Diwaspadai Timnas WanitaSam Kerr (kiri) jadi pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia Wanita. (espn.com)

Pemain paling berbahaya yang dimiliki Australia adalah Samantha Kerr. Pemain yang jadi andalan lini depan Chelsea ini adalah mesin gol yang acap kali membuat penjaga gawang manapun bergidik. Tak ayal, dia sering mendapatkan penghargaan sebagai top scorer di berbagai ajang.

Kerr merupakan pemain tersubur yang dimiliki Australia sepanjang sejarah. Total, pemain yang sempat masuk dalam nominasi Ballon d’Or Women 2021 ini sudah mencetak 49 gol dalam 104 aksinya bersama Australia. Dia mampu memecahkan rekor milik Lisa De Vanna yang mengoleksi 47 gol dalam 150 penampilan.

Menariknya, pemain yang juga masuk dalam nominasi pemain terbaik wanita FIFA ini juga punya rekor mentereng di NWSL. Dia jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kompetisi itu dengan catatan 77 gol.

Catatan mengkilap juga berhasil ditorehkan oleh Kerr bersama Chelsea musim ini. Dia mampu membawa The Blues jadi juara di WSL, sekaligus top scorer dengan mencetak 21 gol musim lalu. Sayang, dia gagal menambah gelar Liga Champions, karena Chelsea kalah di laga final.

Melihat kualitasnya, tentu saja Kerr bakal jadi teror menakutkan bagi Timnas Wanita di laga awal Piala Asia 2022. Bukan tak mungkin, dia bakal jadi mimpi buruk skuad Garuda Pertiwi dalam duel nanti.

Baca Juga: Australia Ultimatum Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya