4 Fakta Menarik Usai Chelsea Imbangi Liverpool

Mohamed Salah buat catatan rekor menawan

Jakarta, IDN Times - Duel panas tersaji saat tuan rumah, Chelsea, menjamu Liverpool di Stamford Bridge dalam laga lanjutan Premier League 2021/22. Keduanya bertarung ketat sepanjang laga hingga berakhir imbang, 2-2, Minggu (3/1/2021).

Liverpool unggul dua gol lebih dulu lewat aksi Sadio Mane (9') dan Mohamed Salah (26'). Namun, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan sebelum turun minum, yakni melalui tembakan Matteo Kovacic (42') dan Christian Pulisic (45+1'). 

Hasil ini membuat The Blues dan Liverpool sama-sama belum bisa memperpendek jarak poin dengan Manchester City yang kokoh di puncak klasemen sementara Premier League dengan koleksi 53 poin, unggul 10 dan 11 angka atas Chelsea serta Liverpool.

Usai laga, lahir sejumlah catatan yang terjadi dalam pertandingan tersebut. Berikut adalah fakta-fakta menarik tersebut.

1. Catatan manis Mohamed Salah

Mohamed Salah telah mencetak empat gol ke gawang mantan timnya, Chelsea, di Premier League. Hal itu membuat Salah menjadi salah satu pemain yang paling banyak mencetak gol ke gawang Chelsea sebagai eks penggawanya. Hal itu membuatnya sejajar dengan Kevin De Bruyne. Begitu laporan Opta. 

Tak hanya itu, dia juga membuat catatan mentereng di Premier League. Ini adalah torehan kelima berturut-turut, Mohamed Salah terlibat langsung dalam 25 gol lebih untuk timnya, dengan catatan 16 gol dan sembilan assist. Jumlah itu sebelumnya hanya bisa diraih Thierry Henry yang pernah memiliki periode lebih lama di kompetisi ini (tujuh dari 1999- 2000 hingga 2005-06).

Baca Juga: 3 Pemain yang Tampil Impresif di Laga Chelsea Vs Liverpool

2. Catatan baik dan buruk Sadio Mane

4 Fakta Menarik Usai Chelsea Imbangi Liverpoolpotret Sadio Mane (liverpool.com)

Sadio Mane telah mencetak lebih banyak gol tandang di Stamford Bridge daripada pemain lain di Premier League sejak awal musim lalu. Sementara, dia juga menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak gol beruntun dalam kompetisi saat tandang ke Chelsea. 

Namun, dia juga punya catatan kurang bagus, karena jadi pemain yang paling cepat mendapat kartu kuning sepanjang sejarah pertandingan Premier League sejak musim 2006/07. Pemain asal Senegal itu mendapatkan kartu kuning saat laga baru berjalan 15 detik.

3. Liverpool gagal samai rekor Blackburn

Tim tandang hanya bisa meraih kemenangan dengan persentase 12,5 persen dalam 32 pertemuan pertama antara Chelsea kontra Liverpool di Premier League, dengan rincian empat kemenangan, tujuh seri, dan 21 kalah. Setelahnya, tim tamu bisa meningkatkan persentase kemenangan, yakni 41 persen dari 27 laga antara keduanya, dengan rincian 11 kemenangan, delapan seri, dan delapan kali kalah.

Sementara, Liverpool gagal menyamai rekor Blackburn Rovers yang berhasil menang tiga laga beruntun di kandang Chelsea. Kemenangan mereka terhenti oleh hasil imbang yang diraih dalam duel tadi malam.

4. Partai intensif

Laga antara Chelsea melawan The Reds tercatat jadi big match antara anggota big four kedua sepanjang sejarah Premier League yang masing-masing tim menghasilkan dua gol atau lebih di babak pertama. Jumlah tersebut sangat sulit terjadi dalam pertandingan besar di Premier League. 

Catatan serupa sempat terjadi dalam pertandingan Premier League pada November 1997 silam. Kala itu, duel sengit tersaji sejak laga antara Manchester United melawan Arsenal dimulai. Hasilnya, pertandingan itu menghasilkan gol banyak, karena skor berakhir 3-2 dalam laga ini. 

Baca Juga: Duel Chelsea Vs Liverpool Berakhir Antiklimaks

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya