Comscore Tracker

4 Fakta Menarik Usai Liverpool Kalahkan Southampton

Mohamed Salah punya peran besar di Liverpool

Jakarta, IDN Times - Liverpool kembali meraih hasil positif dalam lanjutan Liga Inggris 2021/22. Bertanding pada pekan ke-13, mereka mampu mencukur tamunya Southampton 4-0 dalam laga yang digelar di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021).

Empat gol kemenangan The Reds dicetak masing-masing Diogo Jota (2’, 32’), Thiago Alcantara (37’), dan Virgil van Dijk (52’). Sementara, Southampton tak bisa sekalipun membobol gawang Liverpool walau punya beberapa peluang emas dalam laga tersebut.

Kemenangan ini membuat Liverpool semakin menempel ketat Chelsea yang berada di puncak klasemen. Mereka mengoleksi 28 angka, hanya terpaut satu poin saja dari The Blues yang mengumpulkan 29 poin. Namun, Chelsea berpeluang menjauh, karena masih punya laga lebih banyak.

Duel Liverpool melawan Southampton memang berjalan seru. Sejumlah fakta menarik pun lahir dalam pertandingan tersebut. Berikut ulasannya.

1. Liverpool dominan jika bersua Southampton

Dominasi Liverpool atas Southampton semakin kentara usai menang 4-0 di Anfiled. Total, mereka sudah memenangkan tujuh pertandingan dalam delapan pertemuan terakhir melawan skuad The Saints. Catatan yang cukup mentereng, bukan?

Sadio Mane dan kolega merasakan satu kekalahan, yakni saat musim lalu. Liverpool harus menyerah 1-0 dari Southamtpon saat bertandang ke Saint Mary's Stadium di Liga Inggris 2020/21.

Menariknya, Liverpool selalu mencetak dua gol atau lebih dalam tujuh pertandingan terakhir melawan Southampton di Liga Inggris saat menang. Selain mencetak empat gol dalam laga terakhir kemarin, mereka juga mampu menang 3-0 musim lalu.

Baca Juga: Secara Dramatis, Liverpool Akhirnya Tumbangkan Southampton 4-0

2. Produktivitas tertinggi sepanjang sejarah Liverpool

Jika bicara produktivitas gol dalam 22 laga terakhirnya di Liga Inggris, Liverpool memang tak pernah gagal menggetarkan jala lawan. Musim ini saja, mereka merupakan klub dengan catatan tersubur dalam 13 pekan Liga Inggris, karena bisa mencetak 39 gol. Itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Mereka bahkan minimal bisa mencetak dua gol per laga dalam sembilan pertandingan terakhirnya. Hal itu menunjukkan betapa menakutkannya lini serang Liverpool musim ini yang diisi Sadio Mane, Diogo Jota, dan Mohamed Salah.

3. Mohamed Salah jadi pemain yang banyak terlibat dalam gol The Reds

Mohamed Salah terus menunjukkan magi bersama Liverpool. Ia tercatat sudah terlibat langsung dalam 150 gol Liverpool dalam 171 pertandingannya di Liga Inggris, dengan rincian 108 gol dan 42 assist.

Alan Shearer dan Thierry Henry pemain yang selalu terlibat dalam 150 gol timnya, punya catatan lebih sedikit dibandingkan pemain asal Mesir itu. Hanya saja, Salah masih kalah jika dibandingkan Sergio Aguero (181) dan Harry Kane (191).

Untuk musim ini saja, Salah sudah terlibat langsung dalam 25 gol Liverpool di semua ajang, yakni 17 gol dan delapan assist. Dua kali lipat lebih dari pemain lainnya di Liga Inggris. Walhasil, ia kini menjadi pemain tersubur sementara dengan 11 gol dan assist terbanyak, yaitu tujuh kali.

4. Catatan baru dari Diogo Jota dan Trent-Alexander Arnorld

Diogo Jota mencetak gol cepat saat Liverpool bersua Southampton. Ia mencatatkan namanya di papan skor saat laga baru berjalan 97 detik atau semenit lebih. Itu jadi catatan gol tercepat yang pernah dirasakan kembali Liverpool dalam dua musim terakhirnya.

Sebelum itu, Liverpool sempat mencetak gol tercepat ke gawang Huddersfield di Liga Inggris tiga tahun silam. 

Assist Trent-Alexander Arnorld kepada Virgil van Dijk di laga tadi merupakan yang ke-40 di Premier League. Hanya Wayne Rooney (22 tahun, 200 hari) dan Cesc Fàbregas (21 tahun, 188 hari) yang mencapai 40 assist di Premier League lebih muda dari Arnold (23 tahun, 51 hari).

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC Porto

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya