4 Fakta Menarik Usai Piala AFF 2020 Rampung

Timnas Indonesia paling sering jadi runner up

Jakarta, IDN Times - Turnamen sepak bola terbesar se-Asia Tenggara, Piala AFF 2020, resmi berakhir. Thailand kali ini keluar sebagai juara usai menang agregat 6-2 atas Timnas Indonesia dalam laga final yang berlangsung dua leg.

Skuad Garuda sebetulnya mampu menahan imbang Thailand 2-2 dalam duel final leg 2 yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Namun, hasil itu tak cukup membantu mereka, karena pada pertandingan leg pertama yang dilangsungkan pada 29 Desember 2021, tim besutan Shin Tae Yong menyerah dengan skor telak 0-4.

Walau hasilnya belum sesuai, Timnas Indonesia mampu tampil baik sepanjang turnamen. Sempat dianggap sebagai underdog, mereka menunjukkan aksi memukau dengan ciri khas permainan lebih segar yang diterapkan Shin Tae Yong.

Uniknya, mayoritas pemain yang diandalkan di lapangan berusia di bawah 22 tahun. Hal itu jadi modal bagus bagi Shin untuk terus mengembangkan sepak bola Indonesia, plus meraib prestasi di kemudian hari.

Terlepas dari itu, ada beberapa catatan menarik yang lahir dalam ajang ini. Berikut fakta-fakta yang berhasil IDN Times himpun.

1. Timnas Indonesia paling sering runner up

4 Fakta Menarik Usai Piala AFF 2020 RampungSkuad Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Evan Dimas Darmono ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara Piala AFF perdananya usai kalah dalam laga final. Tercatat, ini jadi final keenam yang dilewati Timnas Indonesia dengan kekalahan. Sebelumnya, skuad Garuda kalah pada final ajang dua tahunan ini di edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan teranyar 2020.

Ini membuat Timnas Indonesia jadi negara yang paling sering tampil di final, sekaligus negara terbanyak meraih posisi runner up di Piala AFF.

Baca Juga: Timnas Indonesia Sempat Terganggu Orang-orang Mabuk di Hotel

2. Thailand jadi negara tersukses di Piala AFF

4 Fakta Menarik Usai Piala AFF 2020 RampungThailand jadi juara Piala AFF untuk keenam kalinya. (affsuzukicup.com).

Thailand sendiri kini memantapkan diri jadi negara paling sukses di Piala AFF. Total, sudah enam gelar berhasil diboyong, yakni saat edisi pertama 1996 (masih Piala Tiger), 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020.

Menariknya, Timnas Indonesia paling sering dikalahkan Thailand saat bertanding di final Piala AFF. Total, Thailand sudah bertemu empat kali dengan Timnas Indonesia. Hasilnya, semua duel mampu disapu bersih.

3. Skuad Garuda jadi kontestan termuda

4 Fakta Menarik Usai Piala AFF 2020 RampungTimnas Indonesia. (dok. PSSI)

Yang menarik, Shin berani membawa mayoritas pemain muda dan minim pengalaman di Piala AFF kali ini. Kebanyakan dari mereka muka baru dan pertama kali tampil di Piala AFF.

Timnas Indonesia tercatat sebagai peserta dengan skuad termuda di Piala AFF. Pelatih Shin Tae Yong membawa pemain dengan rataan usia 23,8 tahun. Tercatat, ada 13 pemain yang usianya di bawah 22 tahun. 

Hanya ada dua pemain yang berusia di atas 30 tahun. Mereka adalah Fachrudin Ariyanto (32 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun). Sisanya, skuad Timnas Indonesia diperkuat 15 pemain yang memiliki usia antara 23-29 tahun.

4. Thailand tak pernah kalah, tapi mampu dibobol Timnas Indonesia dua kali dalam satu laga

4 Fakta Menarik Usai Piala AFF 2020 RampungGelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, di laga lawan Thailand dalam final Piala AFF, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Penampilan Thailand di Piala AFF 2020 benar-benar digdaya. Selain berhasil menjadi juara, mereka juga tercatat tak terkalahkan sepanjang turnamen. Total, enam kemenangan dan dua hasil imbang jadi catatan impresif Chanathip Songkrasin dan kolega.

Mereka jadi salah satu negara tersubur dengan mencetak 18 gol di ajang ini, hanya kalah dari Timnas Indonesia yang bisa meraih 20 gol. Mereka juga jadi negara yang paling sulit dibobol lawan-lawannya sepanjang turnamen.

Hanya Timnas Indonesia yang berhasil membobol gawang Thailand dua gol dalam satu pertandingan. Gol itu dilesakan saat bermain dalam final leg kedua oleh Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas Belanja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya