4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas Belanja

Kasus ini ternyata masuk ke ranah Komdis AFF

Jakarta, IDN Times - Empat pemain Timnas Indonesia yang dilarang main di final leg 2 Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022), dianggap terbukti melanggar aturan bubble. Elkan Baggott, Victor Ibonefo, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi Febrianto, disebutkan oleh Sport Singapore (SportSG) selaku agensi Piala AFF, keluar dari wilayah yang ditentukan.

Mereka, menurut SportSG, keluar dari hotel lebih dari dua jam dalam satu malam. Maka dari itu, mereka dilarang buat main.

"Sesuai dengan aturan, demi menjaga keselamatan, kami harus mengambil langkah tegas," ujar salah satu juru bicara SportSG dilansir Channel News Asia.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia Dilarang Tampil Lawan Thailand

1. Bawa tas belanja

4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas BelanjaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Igbonefo dan kawan-kawan diduga keluar hotel pada 22 Desember 2021 lalu. SportSF melanjutkan, mereka tertangkap basah memasuki hotel dengan membawa tas belanja.

"Mereka terlihat membawa tas belanja ketika kembali ke hotel," kata sang juru bicara.

2. Masuk ke ranah Komdis AFF

4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas BelanjaTimnas Indonesia. (dok. PSSI)

Kasus ini ternyata sudah masuk dalam ranah Komisi Disiplin AFF. Keputusan dilarangnya Igbonefo dan kawan-kawan main, merupakan hasil dari sidang yang digelar oleh Komisi Disiplin AFF.

"Protokol dan sistem bubble sudah dijelaskan secara jelas kepada seluruh tim, sebelum serta diingatkan pula selama turnamen," terang sang juru bicara.

3. Timnas Indonesia runner up Piala AFF

4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas BelanjaTimnas Indonesia ditahan imbang Singapura 1-1 pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Indonesia kembali harus menelan kenyataan, finis sebagai runner up Piala AFF 2020. Mereka kalah dari Thailand dengan agregat 2-6.

Dalam final leg 2 yang digelar di National Stadium, Sabtu (1/1/2022), Pasukan Garuda hanya bisa main imbang, 2-2. Hasil itu tak cukup menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. Dengan demikian, Indonesia sudah enam kali jadi runner up Piala AFF. 

Baca Juga: [BREAKING] Tahan Imbang Indonesia 2-2, Thailand Juara Piala AFF 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya