Comscore Tracker

4 Fakta Menarik Usai Semifinal Piala Menpora 2021 Rampung

Andritany dan Hilma Syah unjuk skill di babak adu penalti

Jakarta, IDN Times - Semifinal Piala Menpora 2021 sudah selesai. Persija Jakarta dan Persib Bandung dipastikan jadi kontestan di final usai mengalahkan PSM Makassar serta PS Sleman.

Persija lebih dulu memastikan satu tiket ke final. PSM memberikan perlawanan ketat dengan menahan imbang Persija 0-0 dalam dua leg yang digelar. Beruntung Macan Kemayoran menang lewat drama penalti, 4-3.

Persib tampil lebih meyakinkan. Usai menang di laga perdana 2-1 atas PSS. Mereka mampu menuntaskan laga semifinal leg kedua dengan hasil imbang 1-1. Sehingga Maung Bandung menang agregat 3-2.

Dari duel empat tim yang lolos ini, beberapa catatan menarik muncul. Mulai dari rekor kemasukan dan produktivitas Persib, hingga catatan PSS di turnamen tersebut.

Berikut fakta-fakta menarik yang terjadi di babak semifinal Piala Menpora 2021.

1. Persib paling produktif, tapi rapuh di Piala Menpora

4 Fakta Menarik Usai Semifinal Piala Menpora 2021 RampungPemain Persib, Wander Luiz sedang berduel dengan salah satu ek Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj).

Persib menjadi tim yang paling banyak mencetak gol di babak semifinal turnamen ini. Total, tiga gol berhasil disarangkan mereka, yakni melalui Frets Butuan dan Victor Igbonefo di laga pertama dan Ezra Walian pada babak kedua.

Lewat catatan itu, Persib menjadi tim paling produktif sepanjang turnamen, yaitu dengan torehan 12 gol. Sebanyak sembilan gol Persib diciptakan para penyerangnya, mulai dari Ezra Walian (3), Frets Butuan (3), Wander Luiz (2), Ferdinand Sinaga (1).

Hanya saja, Persib juga meninggalkan celah di lini belakang. Hingga laga keenamnya di Piala Menpora, meraka selalu kemasukan setiap laga. Hal itu menandakan adanya kebocoran di lini pertahanan Maung Bandung.

Baca Juga: [BREAKING] Tahan Imbang PSS, Persib ke Final Piala Menpora 2021

2. Duel kiper Persija dan PSM

4 Fakta Menarik Usai Semifinal Piala Menpora 2021 RampungKiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa (IDN Times/Herka Yanis)

Laga antara Persija melawan PSM di semifinal berjalan alot. Leg 1 berakhir imbang 0-0, pertandingan kedua pun berakhir dengan skor yang sama. Sehingga, laga terpaksa ditentukan dengan adu penalti.

Drama adu penalti memberikan ketegangan bagi kedua kubu. Total, 16 penendang terlibat dalam babak tos-tosan tersebut. Hal itu tak lepas dari kehebatan kedua kiper, yakni Andritany Ardhiyasa (Persija) dan Hilman Syah (PSM).

Empat algojo Persija, yakni Marko Simic, Riko SImanjuntak, Sandi Darma Sute, hingga Novri Setiawan, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan mereka berhasil dimentahkan Hilman Syah.

Sementara, Andritany mampu menggagalkan tendangan tiga pemain PSM. Beruntung dua tendangan lagi tak mengenai sasaran. Sehingga Persija mampu lolos ke babak selanjutnya.

3. PSM tak pernah mencetak gol dalam waktu normal di fase gugur

4 Fakta Menarik Usai Semifinal Piala Menpora 2021 RampungPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sejak memasuki fase gugur, keran gol PSM seolah terhenti. Mereka acap kali kesulitan merobek jala lawan.  Tiga laga diakhiri Juku Eja dengan hasil imbang 0-0.

Bertemu PSIS di perempat final, PSM memang tampil disiplin dan sulit ditembus lini pertahanannya. Agresivitas pemain PSIS yang menonjol sejak babak penyisihan seolah tak terlihat.

Hal serupa pun terjadi saat bersua Persija dalam laga yang digelar dalam dua edisi tersebut. Mereka lagi-lagi tak sanggup mencetak gol.

PSM selalu mengakhiri babak gugur dengan babak adu penalti. Walau di perempat final berhasil menang, pada semifinal dewi fortuna tak memihak mereka. Penampilan gemilang Hilman Syah tetap tak didukung eksekusi penalti yang baik dari para pemain PSM lainnya.

4. Pencetak gol dan assist bagi PSS di semifinal orang yang sama

4 Fakta Menarik Usai Semifinal Piala Menpora 2021 RampungHumas Kemenpora / Striker muda PS Sleman, Saddam Gaffar

Hal unik terjadi setiap PSS mencetak gol di babak semifinal. Dari dua gol yang mampu merobek gawang Persib, semuanya lahir melalui striker muda Saddam Gafar, memanfaatkan umpan tarik Samsul Arifin.

Proses golnya pun relatif hampir sama. Saat leg pertama Samsul berhasil melepaskan umpan di sisi kanan pertahanan Persib dan diselesaikan dengan baik oleh Saddam. Hal serupa pun terjadi saat mereka bermain imbang di leg kedua melawan Persib.

Baca Juga: Partai Impian Persib Vs Persija Tercipta di Final Piala Menpora

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya