4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!

PSM lolos ke semifinal tanpa bantuan pemain asing

Jakarta, IDN Times - Babak perempat final Piala Menpora 2021 rampung. Empat tim dipastikan bakal bertarung di semifinal.

PSM jadi klub pertama yang merebut tiket ke semifinal setelah mengandaskan PSIS melalui drama adu penalti pada Jumat, 9 April 2021. Sehari berselang, giliran Persija yang lolos usai mengalahkan Barito Putera dengan skor tipis 1-0.

Sementara Persib dengan susah payah melaju ke fase selanjutnya usai menang 3-2 atas Persebaya, Minggu, 11 April 2021. Bali United menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal setelah menaklukkan PS Sleman.

Dari duel empat tim yang lolos ini, beberapa catatan menarik muncul. Mulai dari rekor kemenangan PSM atas PSIS, hingga catatan gol tercepat di turnamen tersebut.

Berikut fakta-fakata menarik yang terjadi di babak perempat final Piala Menpora 2021.

1. PSM pertama kalinya membuat lini serang PSIS frustrasi

4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

PSM lolos ke semifinal Piala Menpora 2021 secara dramatis. Mereka harus melewati drama adu penalti sebelum merebut tiket semifinal.

Selain jadi tim yang mengalahkan PSIS untuk pertama kalinya, PSM juga berhasil membuat skuat Mahesa Jenar tak mampu mencetak gol untuk pertama kalinya di turnamen ini. Biasanya, PSIS rata-rata mencetak tiga gol per laga. Sangat produktif.

PSM juga lolos ke semifinal dengan catatan menarik, yakni menjadi satu-satunya tim yang minim meraih kemenangan (di waktu normal). Usai menang di laga perdana Gruo B lawan Persija (2-0), skuat Juku Eja selalu bermain imbang, yakni lawan. Bhayangkara FC (1-1), Borneo FC (2-2).

Hasil serupa diraih saat bentrok dengan PSIS (0-0). Beruntung, mereka mampu menyelesaikan babak perempat final dengan kemenangan melalui adu penalti.

Baca Juga: Sempat Panik Saat Gempa Malang, Pemain Persija dan PSM Aman

2. PSM jadi satu-satunya tim yang lolos ke semifinal bermodalkan pemain lokal

4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!PSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

PSM datang ke Piala Menpora tanpa modal bagus. Ditinggal beberapa pemain utamanya, mereka juga hanya diperkuat pemain lokal di ajang turnamen pramusim ini. Walhasil, mereka tak diunggulkan di turnamen.

Namun, penampilannya mengejutkan publik. Mereka jadi satu-satunya tim yang tak menggunakan pemain asing, tapi mampu menang di perempat final.

Itu jadi poin istimewa bagi mereka. Maklum, lawan-lawannya seperti Persija, Persib, dan Bali United, datang dengan skuat terbaik, plus legiun asingnya di Piala Menpora.

Baca Juga: [BREAKING] Kejutan, PSS Tumbangkan Bali United

3. Gol tercepat dibuat Ezra Walian di Piala Menpora 2021

4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!persib.co.id

Ezra Walian menyumbangkan satu gol saat Persib mengandaskan Persebaya 3-2. Istimewanya, gol yang diciptakan pemain berdarah Belanda itu dinilai sebagai yang tercepat teercipta di Piala Menpora 2021.

Ezra mampu melepaskan tembakan mengarah di dalam kotak penalti usai terjadi kemelut di depan gawang Persebaya. Gol tersebut tercipta saat laga baru berjalan 37 detik.

Sebelumnya, gol tercepat di ajang pramusim ini dipegang bek Bhayangkara Solo FC, Alsan Sanda. Ia mampu membubuhkan namanya di papan skor saat laga baru berjalan dua menit 12 detik.

4. PSS minim gol

4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!PSS vs Bali United. (ligaindonesiabaru.com)

PSS jadi tim yang paling sedikit mencetak gol hingga perempat final berakhir. Mereka bahkan tak sanggup menciptakan gol di waktu normal saat mengandaskan Bali United saat perebutan tiket ke semifinal.

Hanya tiga gol yang mampu dilesakan PSS hingga saat ini, dua di antaranya lahir melalui bola mati, yakni lewat Irfan Jaya (tendangan bebas) dan Irfan Bachdim (penalti). Satu gol lainnya diciptakan Nicolas Leandro Velez melalui set play.

Walau demikian, PSS merupakan tim yang tak pernah gagal melakukan tembakan penalti selama turnamen berlangsung. Satu gol saat waktu normal berjalan, empat gol saat drama adu penalti.

Baca Juga: Dejan Siapkan Pemain PSS Sleman Hadapi Bali United  

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya