4 Tim yang Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Persib dan Arema lolos sebagai juara grup

Jakarta, IDN Times - Babak penyisihan turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2022 kini memasuki fase akhir. Walau belum rampung, sebanyak empat tim sudah dipastikan melaju ke babak perempat final.

Keempat tim yang lolos merupakan wakil dari Grup C dan Grup D yang sudah merampungkan seluruh pertandingan babak penyisihan. Maklum, jumlah tim yang berada di grup tersebut hanya empat klub saja, atau lebih sedikit dari Grup A dan Grup B yang diisi masing-masing lima klub.

Berikut merupakan daftar empat klub yang dipastikan lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2022.

1. Arema dan PSM jadi wakil Grup D

Arema jadi klub pertama yang sudah memastikan diri melangkah ke fase gugur Piala Presiden 2022. Tiket itu mereka raih usai menang di laga terakhir Grup D kontra Persikabo 1973 (dulu TIRA-Persikabo) dengan skor 1-0.

Alhasil, mereka mampu mengoleksi enam poin sepanjang babak penyisihan. Walau pada laga pertama skuad Singo Edan berhasil dipermalukan PSM Makassar 0-1, selanjutnya mereka mengalahkan Persik 1-0.

Arema sendiri bakal ditemani PSM jadi wakil Grup D yang lolos ke perempat final. Tim Juku Eja sebetulnya sama-sama mengoleksi empat poin dengan Persik di grup ini, tetapi mereka lolos karena dinilai lebih sportif ketimbang Persik yang mengoleksi 12 kartu kuning sepanjang penyisihan.

Baca Juga: Persib dan Bhayangkara FC Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

2. Persib lolos jadi juara Grup C dan Bhayangkara FC runner-up

4 Tim yang Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022Penyerang Persib, David da Silva, melepaskan sepakan di antara pemain Bhayangkara FC, Anderson Sales dan Muhammad Fatchurohman dalam laga babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2022. (Dok. Persib)

Sementara itu, Persib dipastikan melaju ke babak perempat final Piala Presiden 2022 usai menjadi juara Grup C. Mereka mampu mengoleksi tujuh poin dari tiga laga yang dijalani dengan mencetak lima gol dan kemasukan dua gol. Catatan itu tak bisa dikejar para pesaingnya.

Bhayangkara FC yang dikalahkan Persib di laga terakhir, justru bisa lolos ke fase selanjutnya. Walau kalah, mereka punya koleksi poin yang sama, yakni empat. Hanya saja, skuad The Guardian unggul head to head atas Bali United di grup ini.

3. PSIS paling berpeluang susul empat tim yang sudah lolos

4 Tim yang Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022Pertandingan PSIS Semarang melawan Dewa United pada laga babak penyisihan Group A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jumat (17/6/2022). (dok. PSIS)

Beralih ke grup lain, PSIS Semarang tinggal selangkah lagi bisa mengikuti Persib lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Mereka hanya butuh hasil imbang di laga terakhir saat bersua PS Sleman dalam duel yang digelar pada Jumat (24/6/2022).

Saat ini, PSIS masih kokoh di peringkat pertama dengan raihan tujuh poin dengan mencetak delapan gol dan hanya kemasukan dua gol. 

Sedangkan, persaingan ketat masih terjadi di Grup B. Seluruh tim, termasuk Barito Putera hingga Borneo FC masih punya kans lolos ke perempat final. Hanya saja, semuanya baru dapat diketahui usai laga babak penyisihan terakhir digelar pada Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Piala Presiden: Arema FC Paling Sering Juara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya