Hore! AFC Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar Sesuai Jadwal

Piala Dunia U-20 sebelumnya terancam batal akibat pandemik

Jakarta, IDN Times - Indonesia masih bisa benapas lega. Federasi sepak bola Asia (AFC) memastikan jadwal Piala Dunia U-20 2021 digelar sesuai rencana.

Hajat sepak bola paling akbar di kelompok umur ini sebelumnya sempat terancam tak bisa digelar. Maklum, pandemik COVID-19 di dunia, termasuk wilayah Asia masih menjadi teror. Alhasil, muncul wacana jika turnamen FIFA itu tak jadi dilangsungkan jika grafik virus corona masih belum landai.

1. AFC sebut FIFA belum berencana mengubah jadwal Piala Dunia U-20

Hore! AFC Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar Sesuai JadwalPiala Dunia U-20 2021. (pssi.org)

Sampai saat ini, AFC menyebut jika Piala Dunia U-20 di Indonesia masih bakal digelar sesuai dengan rencana. Ketua Dewan Kompetisi AFC, Tran Quoc Tuan menyebut, FIFA belum menunjukkan tanda-tanda bakal mengubah jadwal turnamen yang dihelat 20 Mei-12 Juni 2021.

"Sesuai jadwal FIFA dan AFC, rencana gelaran Piala Dunia U-20 tak ada perubahan. Hal itu jadi dasar AFC bakal menghelat putaran final Piala Asia U-19 2020 pada Maret 2021 sebagai penentuan tim-tim yang lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia," kata Quoc Tuan dikutip laman resmi federasi sepak bola Vietnam (VFF) pada Minggu (20/12/2020).

Baca Juga: Ratas Piala Dunia U-20, Jokowi Tanyakan Perkembangan Timnas U-19

2. AFC dan FIFA terus berusaha bisa menggelar kompetisi di tengah pandemik

Hore! AFC Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar Sesuai JadwalAFC. (thairath.co.th).

Quoc Tuan tak mengelak, pandemik COVID-19 membuat jadwal turnamen yang sudah disiapkan tak menentu. Namun dia optimistis, karena federasi mulai dari negara, regional, sampai Asia sudah melakukan beberapa perubahan rencana, sehingga kompetisi-kompetisi, khususnya di Asia bisa tetap diselesaikan.

“FIFA, AFC, dan AFF terus melakukan penyesuaian di tengah pandemik yang serba sulit ini. Beberapa event mengalami reschedule jadi tahun depan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi setiap negara. Oleh sebab itu, butuh kerja sama untuk bisa menyelesaikannya," ujar Quoc Tuan.

3. Timnas U-19 bakal berguru di Spanyol

Hore! AFC Pastikan Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar Sesuai JadwalLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas U-19 sendiri masih terus mengasah kemampuan sebelum terjun di Piala Dunia U-20 2021. Teranyar, tim besutan SHin Tae-yong ini direncanakan bakal menggelar pemusatan latihan (TC) di Spanyol. Namun demikian, sampai sejauh ini PSSI belum memberi kejelasan terkait kapan mereka bakal berangkat ke Negeri Matador.

Skuat Garuda Muda sejauh ini masih melakukan masa persiapan untuk menentukan skuat terbaik. Timnas U-19 bakal dihadapkan kompetisi internasional pada tahun depan, Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar Maret 2021 mendatang di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Pimpin Latihan Timnas U-19, Beberapa Pemain Keram

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya